9 Cara Mengatasi HP Cepat Panas (Dijamin Dingin)

HP Panas, bukanlah masalah yang jarang lagi dialami oleh pengguna HP jaman sekarang. Karena memang wajar, yang namanya barang elektronik ya pasti bakal panas.

Tapi..

Yang jadi masalah, bukanlah HP yang panas, melainkan HP cepat panas..

Banyak pengguna HP, terutama yang masih awam mengeluhkan masalah penyebab HP cepat panas. Dipakai main game panas, di pake sosmed panas, bahkan baru dinyalain panas. Tentunya mengganggu bukan?

Apalagi HP cepat panas ini juga bisa mendatangkan masalah lain, seperti baterai yang cepat habis, sampai komponen yang gampang rusak.


penyebab hp cepat panas


HP yang cepat panas, saya sendiri sedang mengalaminya sekarang. HP yang saya pakai termasuk kelas middle atau istilahnya mainstream lah. HP ini (Yang tidak mau saya sebutkan merknya) termasuk cepat sekali panas.

Kalau dipakai semacam nonton film ga masalah..

Tapi panas ini mudah sekali muncul, ketika saya main game-game yang lumayan berat.. Panasnya ini bahkan muncul hanya dalam waktu 3 menit ketika saya baru main..

Nah, saya yakin, sebagian dari sobat, pasti ada yang mengalami masalah yang sama dengan saya, dan bingung, kenapa HP bisa cepat panas begini..

Karena itulah disini saya ingin menjelaskannya 😃


Penyebab HP cepat panas

 

Sebelum lanjut ke pembahasan utama, nggak lengkap rasanya kalau ngga bahas penyebab kenapa hp cepat panas.

HP cepat panas, kalau saya baca di internet, ada banyak sekali penyebabnya. Dari aplikasi yang terlalu banyak berjalan, sistem yang tidak stabil, sampai masalah virus (Walau jarang sekali).

Memang bener sih, tapi, menurut saya pribadi, Penyebab HP cepat panas itu ada 3, yaitu :


1. Jenis chipset yang digunakan

Seperti yang sobat tahu, jenis chipset (SoC) di HP itu beda-beda. Ada banyak sekali tipe dan generasi chipset yang dirilis dalam jangka waktu tertentu.
Nah, dari banyaknya chipset ini, tidak semua chipset stabil..

Beberapa ada yang mudah panas, seperti HP yang sedang saya gunakan sekarang ini. Yah, anggap saja seperti 'penyakit bawaan' Processornya.


2. Body HP.. 

Jenis body HP itu kebanyakan ada 4, yaitu plastik, kaca, aluminum, dan polycarbonate, yang tentunya punya perbedaan masing-masing kalau bicara soal masalah penghantaran panas.

Jadi ada body HP yang cepat menghantarkan panas, ada juga yang tidak.


3. Panas menurut pendapat masing-masing..

Selain masalah 'penyakit bawaan' chipset, perbedaan pada 'feel' / sugesti (atau apa ya istilahnya) pada HP juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Tiap orang, punya pendapat masing-masing, berapa derajat suhu yang dihasilkan komponen untuk bisa disebut panas.

Termasuk para reviewer HP Professional.. Mereka juga mematok derajat suhu pada HP untuk bisa dibilang panas. Ada yang mematok 45C, 47C, 50C, dan sebagainya..

Yang artinya, suhu panas itu bisa relatif..

Sobat bisa mengecek sendiri suhu yang dihasilkan di HP sobat. Kalau saya biasanya pakai App CPU-Z.. Ini contohnya :


Cara cek suhu HP Android
Disini terlihat suhu pada tiap komponen HP



Cara paling jitu mengatasi HP Panas

 

Kesimpulan saya setelah membahas 3 penyebab HP panas diatas, adalah penyebab HP panas itu kebanyakan masalah bawaan HP itu sendiri.. 

Mengatasi HP panas sampai tuntas dan ga panas lagi, kalau menurut saya tidak bisa.. Tapi beda cerita kalau sekedar ingin mengoptimalkan HP supaya tidak cepat panas.

Ada beberapa cara jitu supaya HP gak cepat panas.. Cara-cara ini saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi, website lain, dan pendapat logis dari 'master' di forum gadget yang masih 1 forum dengan saya.

Oke, langsung saja, berikut cara mengatasi HP cepat panas :

HP panas penyebab
What...

 

1. Kurangi jumlah aplikasi yang terinstall pada HP

 

Saya tahu, sebagian dari sobat pasti ada yang hobi install app dan lupa menghapusnya dalam jangka waktu lama.. "Mentang-mentang HPnya bagus".

Padahal, ini bisa jadi salah satu penyebab kenapa HP sobat cepat panas lho. Alasannya begini..

Ketika sobat mendownload dan menginstall aplikasi di Playstore, aplikasi tersebut tidak selalu 'diam' saja. Kadang, aplikasi tersebut terbuka dan tetap berjalan terus menerus di latar belakang (Background services) tanpa sobat ketahui.

Contoh mudahnya, lihat saja, notif-notif yang muncul di HP sobat.. Seperti aplikasi chatting, itulah aplikasi yang berjalan di latar belakang.

HP yang berjalan di latar belakang ini, tentu bisa jadi penyebab HP cepat panas. Karena aplikasi yang berjalan ini tetap akan membebani kinerja processor, sehingga processor jadi bekerja lebih keras.

Apalagi kalau aplikasi yang diinstall jumlahnya banyak.

Cara mengatasinya tentu simpel. Cukup hapus apps yang nggak pernah dipakai tersebut. Sobat bisa mengeceknya di Settings > Apps

Terlalu banyak aplikasi terinstall


Jika sudah, restart..


2. Hapus aplikasi-aplikasi 'Cleaner'


Saya punya pendapat pribadi, bahwa aplikasi-aplikasi semacam cleaner ini tidak perlu diinstall di HP Android. Bukan tanpa alasan..

Rata-rata aplikasi cleaner itu berat, cukup berat untuk mengambil banyak resource RAM dari HP yang sobat gunakan. Kira-kira sama dengan poin sebelumnya.. Aplikasi cleaner hampir semuanya berjalan di latar belakang..

..Sehingga malah membebani kinerja processor.

Saya sarankan, hapus saja aplikasi cleaner semacam ini.. Walau katanya fungsinya bisa membersihkan RAM atau mempercepat kinerja HP.

Tapi bukan berarti App cleaner ini sama sekali tidak ada gunanya, contohnya seperti berikut..


3. Bersihkan junk files pada Android

 

Semakin lama HP dipakai, akan semakin banyak juga menumpuk junk files. Selain junk files, ada juga file-file pribadi yang lupa dihapus, atau terdapat duplikat file yang menyebabkan memori internal jadi cepat penuh..

"Lah, terus apa hubungannya sama cepet panas?"

Jelas ngaruh.. HP yang penuh junk files, biasanya kinerjanya bakal melambat dan jadi berat.. Ini bisa menyebabkan HP jadi cepat panas.

Junk files ini tidak bisa dibersihkan / sulit dibersihkan kalau pakai cara manual. Maka dari itu, sobat bisa memakai aplikasi-aplikasi Cleaner yang bermanfaat untuk membersihkannya.


Aplikasi Cleaner



Sobat bisa install dan pakai aplikasi cleaner manapun yang sobat suka.. Yang penting, lihat saja reviewnya, mesti positif.


4. Matikan fungsi tertentu yang jarang dipakai di Android



Kita tahu, bahwa di Android, terdapat banyak sekali fitur-fitur yang bermanfaat untuk dipakai. Seperti GPS, Bluetooth, dan sebagainya.

Tapi apakah fitur-fitur ini selalu dipakai? Tentu tidak..

Fitur hp


Sobat bisa mematikan fitur-fitur ini kalau memang jarang dipakai. Karena selain bisa membuat HP jadi lebih mudah panas, juga bisa membuat baterai jadi lebih boros.

Contohnya, biasakan untuk mematikan fungsi GPS ketika berada di rumah, dan nyalakan kembali ketika sedang ingin keluar rumah. 

Atau nyalakan fungsi airplane dan pakai koneksi WIFI jika tempat yang sedang sobat tempati ada WIFInya.


5. Kurangi jumlah multitasking

 

Tiap HP, punya spesifikasinya masing-masing. Dan masing-masing spek tersebut, punya batasan sendiri dalam multitasking. 

Tapi beda cerita kalau HP sobat punya masalah bawaan cepat panas..

Disarankan, untuk mengurangi jumlah multitasking yang berlangsung.. Contohnya, biasanya buka 5 aplikasi sekaligus, sekarang cukup buka 3 aplikasi saja.

Terlalu banyak multitasking


Sobat juga bisa menggunakan aplikasi tertentu untuk meng-hibernate aplikasi-aplikasi yang berjalan. Kalau saya biasanya pakai Greenify..


6. Kurangi gaming berat

 

Tidak diragukan lagi, kalau masalah cepat panas ini kerap muncul ketika kita sedang main game..

Yup, Ngegame memang bisa bikin HP cepat panas, bahkan bisa jadi overheat. Apalagi kalau game yang dimainkan termasuk berat..

Kalau masalah ini saya ada 2 saran sih..

  • Istirahatkan HP

Batasi jumlah waktu pemakaian HP untuk dipakai ngegame.  Misal, dari setengah jam jadi 15 menit saja.. Ini lumayan efektif untuk mengurangi panas berlebih pada HP.

HP dengan panas berlebih yang digunakan pada waktu lama, dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan baterai jadi rusak. Paling parah, HP bahkan bisa mati total..

  • Kurangi tingkat grafis pada game

Di game-game tertentu dengan kualitas grafis tinggi atau pada game populer (Seperti Mobile Legends), biasanya menyediakan setting kualitas grafis.


Setting grafis ML


Semakin tinggi kualitas grafis yang disetting, semakin berat pula kerja komponen pada HP, yang tentu bisa membuat HP jadi cepat panas.

Saran saya, kurangi tingkat kualitas grafis tersebut.. Kalau mau adem, ubah saja jadi low semua. Hilangkan juga fitur-fitur yang dirasa kurang perlu, seperti notif atau fitur vibrate..


7.  Matikan HP ketika di cas

 

Pengguna HP jaman sekarang, memang kadang suka gak puas sama ukuran baterai pada HPnya. Yang padahal, kapasitas baterainya sudah termasuk besar.

Akibatnya HP jadi suka dimainin sambil di cas..

Memainkan HP sambil di cas, pastinya bakal bikin HP cepat panas. Kalau dari pengalaman saya, HP yang punya penyakit bawaan cepat panas, lalu dipakai sambil di cas, temperaturnya bakal lumayan lebih panas jika dibandingkan waktu dipakai normal.

Solusinya mudah..

 ...Hemat-hemat baterai sobat.

Untuk caranya, bisa mengikuti 6 poin yang saya bahas sebelumnya..  Karena Secara tidak langsung, 6 poin tadi masih berhubungan dengan cara mengatasi baterai cepat habis. Jadi, saya sarankan untuk menerapkan semuanya..

Sobat juga bisa menghemat baterai lumayan efektif dengan cara menurunkan brightness pada HP. Penghematannya bahkan bisa puluhan persen lebih hemat lho.. 

Cara kurangi brightness HP





8. Reset HP sobat

 

 Kalau sudah menerapkan cara-cara sebelumnya, tapi masih suka cepet panas, sobat bisa mempertimbangkan untuk mereset HP sobat.

Dengan mereset HP, HP otomatis akan jadi seperti keadaan baru kembali, yang berarti semua setting + aplikasi yang terinstall bakal hilang..

..Otomatis HP jadi optimal kembali.

Untuk cara resetnya, bisa dilakukan lewat settings >> Backup & Reset >> Factory Reset. Tapi saya sarankan, untuk meresetnya lewat recovery saja. Caranya :


1. Matikan HP sobat.

2. Ketika HP dalam keadaan mati, nyalakan kembali dengan menggunakan kombinasi tombol : Power + Volume Up + Volume Down

3. Nanti sobat akan masuk ke mode recovery.. Tinggal cari setting wipe data / factory reset (Hati-hati, jangan sampai salah wipe system)


Cara reset HP



Jika sudah restart kembali.

  • Note : Beberapa HP punya kombinasi tombol masuk recovery yang berbeda-beda. Sobat bisa mengetes satu persatu kombinasinya atau cari di Google.


9. Pakai Custom ROM

 

Terakhir, kalau sobat benar-benar mau HP nggak cepet panas, saya sarankan untuk mencoba menginstall custom ROM. Dijamin bakal lebih adem. 

Custom ROM, merupakan ROM hasil modifikasi pihak tertentu, yang dibuat dengan tujuan untuk membuat performa sistem jadi lebih meningkat dan lebih optimal ketimbang memakai ROM bawaan HP.

Di dalam custom ROM sendiri biasanya memang terdapat banyak tweak. Seperti tweak RAM, Baterai, sampai kernel yang bisa berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja Processor.


Custom ROM HP


Banyaknya keuntungan memakai Custom ROM, bukan berarti tidak ada kelemahannya.. 

3 Diantaranya :


1. Tidak semua Custom ROM HP stabil. Sangat banyak Custom ROM yang malah jauh lebih jelek jika dibandingkan dengan Stock ROM (ROM Bawaan) vendor HP.

2. Memasang custom ROM, juga sama saja dengan memodifikasi sistem, yang artinya sobat bakal kehilangan garansi. 

3. Untuk yang masih awam Android, memasang Custom ROM ini tentu lebih susah kalau dibandingkan dengan cara root.. Salah-salah, HP bisa bootloop..


Jadi silahkan pertimbangkan sendiri. 😃


Penutup..

 

Oke, demikian tutorial cara mengatasi HP cepat panas. Kalau saya cek di internet, ada beberapa lagi cara-cara lain seperti membersihkan HP dari debu,  hati-hati kena air, sampai jangan mengoverclock Processor HP.

Tapi saya pikir, saya tidak perlu menaruh poin-poin tersebut pada artikel ini, karena pada dasarnya memang kurang relevan untuk mengatasi HP Cepat panas..

Dah gitu aja.. Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..