8 Cara Mengatasi Suka HP Restart Sendiri (Update)

Ada banyak sekali jenis-jenis kerusakan di HP Android. Dari masalah sistem sampai masalah hardware. Kerusakan ini kadang mudah diperbaiki kadang juga bandel untuk diperbaiki..

Contohnya seperti HP restart sendiri..

Masalah HP restart sendiri bisa disebabkan karena masalah sistem dan juga masalah hardware (Komponen), dan ini termasuk agak susah diperbaiki..

Tapi bukan berarti tidak bisa diperbaiki..

Sebelum di-servis, mending baca-baca dulu tips-tips berikut untuk mengatasinya.


HP Suka restart sendiri


HP yang restart sendiri menurut saya memang merupakan kerusakan yang lumayan serius. Banyak penyebab kenapa HP suka restart sendiri.. Karena itulah memperbaikinya agak susah.

HP yang restart sendiri pun banyak jenisnya.. Ada yang restart sendiri waktu dipakai, ada juga yang restart sendiri secara terus menerus ketika baru dinyalakan.

Walau memperbaikinya agak susah, tapi seperti yang  saya bilang tadi, HP sering restart sendiri bukan berarti tidak bisa diperbaiki..


Ada beberapa cara untuk mengatasi HP restart sendiri..

Cara-cara ini saya ambil berdasarkan pengalaman pribadi + saya ambil referensi dari situs dan forum gadget luar..

Langsung saja, berikut caranya...


1. Matikan HP sejenak


HP yang restart sendiri, bisa disebabkan karena overheat. Overheat, adalah kondisi dimana suhu hardware terlalu panas, sehingga HP mematikan / merestart dengan tujuan untuk menjaga keamanan hardware supaya  tidak rusak.

HP panas ini, bisa disebabkan karena banyak hal.. Bisa karena tegangan baterai yang tidak stabil, sampai disebabkan karena komponen Processor (SoC) yang memang bawaan dari sananya suka panas.


Saat sobat memakai HP setelah HP tersebut restart sendiri, bukan berarti panas didalam HP bisa langsung menghilang begitu saja..

..HP tentu masih tetap panas, atau setidaknya panas yang ada masih belum sepenuhnya hilang. Karena itulah HP jadi suka restart terus menerus.

  • Untuk itu, silakan matikan HP terlebih dahulu untuk beberapa saat.. Lebih bagus, jika baterai, kartu memori, kartu SIM dicopot semua sementara supaya pendinginannya lebih baik.


2. Enable App system yang terdisable


Pada Android, terdapat banyak sekali app system.. Dari beberapa sumber yang saya dapat, app system yang terdisable bisa membuat sistem mengalami malfungsi yang akhirnya bisa membuat HP jadi merestart sendiri..

  • Untuk mengatasi ini, sobat bisa mengecek seluruh App yang terinstall, caranya buka settings >> Cari Apps >> Lalu cari aplikasi yang terdisabled.. Kalau ketemu, ubah kembali jadi 'enable'..

..Lalu restart HP, supaya mengefek.
 

3. Update system HP


System HP yang tidak stabil, juga bisa menyebabkan HP suka restart sendiri.. Apalagi jika beban yang dikerjakan HP tersebut relatif berat..

..Seperti multitasking yang terlalu banyak.

Sistem yang tidak stabil, juga bisa disebabkan karena pabrikan HP tersebut. Karena saya sering sekali melihat sebagian pengguna yang mengeluh sistem HPnya tidak stabil dari bawaan.

Solusi untuk masalah ini, sobat bisa mengupdate sistem HP sobat..

Sistem HP, biasanya di update secara berkala oleh vendor. Apalagi kalau sobat memakai merk HP yang terkenal.

  • Cara mengupdatenya, silakan pergi ke settings >> backup dan reset >> update sistem.. Lalu cek apakah ada update-an atau tidak.
 
Update sistem

4. Reset HP


Selain sistem yang tidak stabil, sistem yang crash juga sering sekali jadi penyebab HP restart sendiri. Saya sendiri kadang mengalaminya. HP saya kadang suka restart akibat hang ketika saya sedang melakukan multitasking dalam jumlah banyak. 

Nah, Sistem yang crash ini banyak penyebabnya..

Mulai dari lamanya penggunaan HP yang semakin lama semakin banyak menumpuk junk files, hingga crash akibat update..

Cara mengatasinya :

  • Coba reset HP sobat.. Pergi ke Settings >> Backup dan reset >> Factory reset.. 
 
Factory reset

 
  • Atau sobat juga bisa melakukan wipe data (Bukan sistem) lewat recovery Android.. Matikan HP sobat, nyalakan HP dengan cara tekan tombol power + volume up + volume down, lalu cari dan wipe data (Factory reset)
  • Saya sarankan bersihkan juga dalvik cache dan cache partition.. Caranya sama.. Lewat recovery (Dicari saja). 
 
Reset HP Wiping cache





Yang perlu diingat, tentunya mereset HP bakal menghilangkan data-data yang ada di dalamnya. Karena itu, pastikan sobat sudah membackup data-data sobat sebelum melakukan reset.


5. Ganti baterai


Baterai, sangat erat kaitannya dengan masalah HP yang suka restart sendiri. Baterai, semakin tua umurnya, akan semakin turun kinerjanya, Contohnya, seperti daya tahannya berkurang sampai tegangannya yang jadi tidak stabil.

Masalah pada baterai ini selain bisa membuat HP suka restart sendiri, juga suka membuat HP jadi mati sendiri, bahkan matot (tidak bisa nyala)..


Cara mengatasinya :

  • Ganti baterai, adalah solusi yang terbaik supaya HP jadi normal kembali. Ganti baterai dengan baterai yang original. Pengalaman saya, baterai non-ori itu tegangannya sering tidak stabil.. Selain itu, kapasitas dari baterai non-ori itu tidak jelas, walau sudah tertera di body baterainya.
  • Kalau belum ada dana, kalibrasi baterai bisa jadi solusi sementara. Dengan menjalankan kalibrasi baterai, status baterai yang error akibat umur baterai yang sudah tua bisa 'dinormalkan' kembali.. Sehingga bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya random restarts..

6. Cek aplikasi yang baru-baru ini terinstall

 

Jika sobat awalnya HPnya normal tapi tiba-tiba suka ngerestart sendiri, mungkin ada aplikasi tertentu yang jadi penyebabnya 

Percaya tidak percaya, ada beberapa aplikasi yang bisa membuat HP jadi ngerestart sendiri.. Aplikasi-aplikasi ini, biasanya aplikasi yang berhubungan dengan sistem Android.  Seperti aplikasi cleaner dan sejenisnya.

  • Solusinya tentu dengan menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Silakan pergi ke settings >> Apps >> Cari aplikasi-aplikasi yang kira-kira baru diinstall, kemudian hapus.
  • Tambahan, jangan menginstall aplikasi terlalu banyak. Aplikasi yang terlalu banyak, akan membuat service di latar belakang jadi bertambah banyak juga.. Ini bisa membuat RAM HP jadi terbebani.. Ketika dalam kondisi yang sudah full load dan RAM kepenuhan, bukan tidak mungkin HP akan jadi restart sendiri.



7. Unroot

 

Banyak sekali manfaat yang didapat dengan melakukan rooting Android. Seperti kinerja yang meningkat, serta HP yang jauh lebih customable

Melakukan root sendiri tidak bisa sembarangan. Karena salah-salah, bukannya malah tambah bagus kinerjanya, HP justru bisa rusak sistemnya... 

...yang berakibat pada bootloop dan sejenisnya.

Melakukan root HP, juga tidak selalu membuat sistem jadi stabil. Rooting HP juga sering membuat HP jadi tidak stabil, yang berakibat HP jadi crash..

..Ini bisa membuat HP jadi suka restart sendiri.

Solusi :

  • Unroot HP sobat supaya sistem jadi normal kembali. 
  • Ada baiknya setelah unroot, reset juga HP sobat supaya sistem jadi fresh kembali.


8. Service HP


Kalau masih belum bisa juga, bisa jadi hardware di HP sobat ada yang rusak. Hardware rusak ini biasanya  disebabkan karena umur HP yang sudah tua, HP yang sering kepanasan, bahkan defect dari pabriknya langsung.

Untuk masalah ini, tentunya tidak bisa diperbaiki orang awam...

Silakan pergi ke service center dari merk HP yang sobat gunakan.. Dengan di service, diharapkan komponen yang rusak akan diganti sehingga HP jadi normal kembali.. 


Penutup...


Banyak penyebab kenapa HP suka restart sendiri. Selain 8 diatas, bahkan mungkin ada beberapa tips yang terlewat. Maka dari itu, sobat harus selalu melakukan trial and error sampai benar-benar menemukan penyebab pastinya.


Satu tambahan lagi, kalau HP sobat sudah benar-benar tua, saya tidak menyarankan untuk melakukan servis. HP yang sudah tua, kalau di servis, biasanya tidak tahan lama. Ini karena keseluruhan komponen HP tersebut yang sudah tidak bagus lagi.

Lebih baik, sobat ganti saja ke HP baru, atau beli saja HP second supaya harga yang didapat bisa jadi lebih murah..

Sekian, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..