7+ Cara Mengatasi HP Android Tidak Keluar Suara (Update)

Apa fitur paling penting yang harus ada di sebuah HP Android? Jawabannya pasti WIFI, Data 4G, Kamera, Sistem stabil, flash, multitouch.. dan sejenisnya.

Yup, semua fitur itu memang penting, tapi apa jadinya jika HP Android dengan fitur lengkap tersebut, suaranya tidak keluar?

HP bakal mengalami fungsi penurunan, bahkan sampai puluhan persen.

HP Android tidak keluar suara, topik ini yang ingin saya bahas kali ini..


HP tidak keluar suara


HP tidak keluar suara.. Masalah ini sebenarnya lumayan jarang terjadi. Tapi saat sudah kejadian, kadang bikin pengguna HPnya repot.

Seperti yang saya bilang barusan, HP yang tidak ada suara, bisa menurunkan fungsi HP sampai puluhan persen.. Karena HP yang tidak keluar suara, otomatis tidak bisa dipakai buat telepon, dengar musik, tidak bisa menyalakan alarm, dan sejenisnya.

Lalu apa sebenarnya penyebab HP tidak keluar suara? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Nah, ga pake lama.. Langsung kita bahas :


Penyebab HP tidak keluar suara dan cara mengatasi HP tidak keluar suara

 

 

 1. Sistem yang bug


Kadang, HP yang tidak keluar suara bisa disebabkan karena bug pada sistem. Bug yang dimaksud ini bisa seperti speaker yang tidak merespon, atau setting volume yang tidak merespon pada speaker.

Untuk mengatasi ini, ada 2 tips yang bisa saya beri :

  • Coba restart HP seperti biasa

Restart

  • Atau coba Matikan HP >> Cabut Baterai, kartu SIM, Kartu Memori >> Biarkan selama beberapa menit (minimal 5 menitlah) >> lalu nyalakan kembali.

Biasanya, dengan ini sistem yang bug tadi jadi normal kembali.


2. HP yang 'salah mengira' masih dicolok headset

 

Masih berhubungan dengan bug sistem. HP yang tidak ada suara juga bisa disebabkan karena HP mengira bahwa ada headset yang tercolok, padahal tidak ada.

Ini pernah saya alami sendiri, ketika saya lagi mendengarkan musik menggunakan headset. Waktu saya cabut headset tersebut, logo headset pada bagian notifikasi HP masih muncul..

..Otomatis suara jadi tidak bisa keluar....

Untuk mengatasi masalah ini simpel..

  • Coba colok cabut headset berkali-kali sampai icon headset di notifikasi bar hilang.
 
  • Restart HP atau matikan HP dengan cara yang persis seperti sebelumnya.


3. HP yang mengira masih tersambung ke device lain

 

Dan lagi-lagi masih di masalah bug sistem.. Mirip dengan masalah headset diatas, tapi kali ini lebih kepada masalah penyambungan HP ke bluetooth devices, terutama saat tersambung ke headset / speaker bluetooth.

Saat HP tersambung ke speaker / headset bluetooth, speaker internal HP otomatis akan di non-aktifkan.. Nah, normalnya saat perangkat bluetooth tersebut dimatikan, speaker internal ini akan berjalan kembali.

Tapi saat terjadi bug, sistem tetap masih mengira bahwa perangkat bluetooth tadi masih tersambung, inilah yang menyebabkan HP jadi tidak keluar suara.

Solusinya :

  • Sambungkan kembali HP ke perangkat bluetooth yang sebelumya digunakan. Jika sudah tersambung, matikan kembali perangkatnya.

  • Kalau masih tidak bisa, matikan HP dengan cara yang sama seperti sebelumnya.


 4. HP yang ter-mute secara otomatis

 

Anda juga pasti tahu, HP yang dalam keadaan mode mute atau silent suara speakernya tidak akan keluar..

HP yang termute otomatis, kadang juga bisa jadi penyebabnya. Masalah ini bisa terjadi karena masalah bug sistem. karena salah setting. atau karena aplikasi-aplikasi tertentu.

Solusinya :

  • Pergi ke settings >> suara >> lalu atur semua pengaturan volume jadi paling tinggi (Untuk mengetes).

setting suara Android



Bagaimana kalau suaranya masih tidak keluar?

 

Masalah utama dari HP yang tidak keluar suara, rata-rata hanya di sistem atau speakernya saja. Kalau Anda sudah mengikuti 4 tips sebelumnya tapi suara HP masih belum betul, Anda bisa mencoba solusi terakhir yang bisa saya beri..

Solusinya :


1. Coba clear cache

Melakukan clear cache pada HP, bisa membantu mereset sistem yang error tanpa kehilangan data-data pribadi. Untuk cara clear cache bisa dilakukan seperti berikut :
 
  • Caranya : Matikan HP >> Ketika HP dalam keadaan mati, nyalakan kembali dengan cara tekan Volume Up + Volume Down + Tombol Power >> Tunggu hingga HP masuk ke mode recovery
 
  • Saat HP sudah masuk recovery, lanjut cari dalvik cache dan partition cache.. Clear kedua cache ini, lalu restart HP kembali. 

Clear cache


2. RESET HP

Jalan terakhir kalau masih belum bisa, coba reset HP Anda. Dengan reset, diharapkan seluruh sistem yang bug bisa normal kembali. Cara resetnya :
 
  •  Backup data terlebih dahulu.. Masukkan seluruh data penting di internal ke kartu memori. Lalu cabut kartu memorinya.

  • Jika sudah, matikan HP lalu masuk recovery sama seperti sebelumnya..

  • Saat HP sudah berada di recovery, cari setting wipe data / factory reset untuk mereset HP.. Hati-hati, jangan sampai salah me-wipe system. Nanti bisa error HPnya.


Cara reset HP

  • Jika sudah, restart HP..


3. Service HP

Nah, kalau benar-benar sudah tidak bisa, bisa jadi speaker internal di dalam HP Anda sudah rusak. Penyebab speaker internal rusak ini bermacam-macam. Bisa karena HP yang panas  atau HP yang terkena tumpahan air..

Untuk mengatasi ini, ada 2 solusi :

  • Coba cek terlebih dahulu speaker Anda dengan kode-kode rahasia Android. Kodenya bisa di cek di artikel plimbi.com ini
 
  • Kalau masih tidak bisa, mau tidak mau Anda harus membawanya ke service center resmi terdekat sesuai dengan merk HP yang Anda pakai..

..Supaya diganti speaker internalnya.


Penutup...

 

Sekian, tutorial cara mengatasi HP Android yang tidak keluar suara. Dengan tutorial ini, diharapkan speaker HP Anda yang tidak keluar suaranya jadi normal kembali. 

Untuk Anda yang mengalami masalah HP suara hilang tiba-tiba, juga bisa mencoba tips-tips diatas. Karena pada dasarnya masih berhubungan.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan taruh di kotak komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..