7 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri (Terbukti Berhasil!)

Ghost Touch alias layar HP bergerak sendiri. Masalah ini adalah masalah yang terjadi pada layar LCD HP Android, dimana touchscreen mengalami error (Contohnya seperti : sering memencet sendiri).

Ini cukup bikin repot, apalagi kalau lagi chatting-an. Pasti sering terjadi misstyped (Typo) yang bisa bikin bahasa jadi acak-acakan..

Ada juga error lainnya seperti menggeser sendiri (entah kesamping, keatas atau kebawah), dan paling parah bahkan touchscreen HP jadi tidak bisa dipencet.

Touchscreen HP sendiri


Masalah layar HP sering bergerak sendiri ini bisa terjadi di  semua merk HP Android. Merk-merk HP terkenal dan HP-HP keluaran baru pun mungkin tidak akan luput dari masalah ini. Jadi untuk sobat yang lagi mengalami masalah ini, setidaknya jangan terlalu khawatir.

Untuk penyebabnya ada beberapa.. Dari masalah pemakaian, sampai defect pada hardware.
 
Nah, disini saya ingin membahas masalah layar HP gerak sendiri / Touchscreen HP gerak sendiri.. Yang semoga bisa membantu sobat untuk memperbaiki masalah ini.. Langsung saja, berikut pembahasannya..


1. Masalah baterai

 

Baterai HP

 

Masalah kelistrikan pada HP biasanya jadi penyebab utama.. Terutama baterai. Baterai HP Android yang sudah aus, atau rusak, bisa membuat touchscreen HP jadi error. Ini diakibatkan karena tegangan baterai yang sudah tidak stabil..

..Ditambah lagi kapasitas baterainya yang sudah tidak normal.

Selain menyebabkan layar HP jadi bergerak sendiri, masalah baterai ini juga bisa menyebabkan masalah lain lho, seperti HP suka restart sendiri hingga HP mati total.


Solusinya :

  • Mau gak mau diganti baterainya. Ganti baterai ke yang original supaya kapasitasnya REAL dan tegangannya stabil.


2. Masalah charger

 

chrager

Barusan saya bilang kalau tegangan baterai HP yang tidak stabil bisa jadi penyebab touchscreen jadi error. Masalah tegangan ini juga bisa terjadi pada charger HP..

Memakai charger yang buruk, selain bisa membuat baterai HP jadi bermasalah, juga bisa membuat IC HP jadi rusak. Karena itu, sobat direkomendasikan supaya jangan memakai sembarang charger HP..

Oh, dan bukan hanya chargernya saja lho.. Termasuk kabel data juga..


Solusinya :


  • Always pakai charger original. Supaya HP tetap awet. Tapi kalau misalnya charger bawaan rusak, bisa pinjam punya HP lain asalkan cocok dan ori.. Kalau mau beli, mending beli yang ori lagi..

  • Always pakai kabel data original. Atau setidaknya pakai kabel data yang sudah sering dipakai di HP lain dan tidak ada masalah.


3. HP Panas

HP overheat

HP panas memang bisa mendatangkan berbagai masalah pada HP. Paling umum, HP yang panas, bisa menyebabkan performa hardware jadi menurun dan juga bisa menyebabkan HP restart / mati sendiri. 

Termasuk layar yang bergerak sendiri.. Di beberapa sumber yang saya dapat, HP yang panas ini bisa berpengaruh pada layar.. Entah dibagian mananya, tapi panas berlebih pada HP bisa mengurangi responsitivitas pada layar dan bisa membuat layar jadi ngaco..


Solusinya :

  • Kalau bahas disini bisa panjang.. Biar gak repot, mending baca artikel saya sebelumnya : cara mengatasi HP panas.. Dijamin adem


4. Bug ROM / Software

 

bug software

Untuk pengguna HP yang hobi oprak-oprek HP.. Perlu memperhatikan hal ini. Bug pada ROM, bisa menyebabkan layar HP bergerak sendiri..

Ini pernah saya alami sendiri dulu, ketika saya iseng menginstall salah satu custom ROM di HP saya.. Touchscreen HP suka bergerak sendiri ketika sedang dipakai browsing.

Selain Bug ROM, Bug software juga bisa jadi penyebabnya.

Bug pada software di Android, biasanya disebabkan karena sobat menginstall suatu aplikasi yang bentrok dengan sistem HP yang sobat gunakan. Dan juga bisa disebabkan karena efek root yang membuat HP jadi tidak stabil.


Solusinya :

  • Reset HP : Kalau HP awalnya normal tapi makin kesana touchscreennya makin error, reset HP ini bisa lumayan efektif untuk mengatasinya.

  • Re-Flash HP : Kalau di reset ga ampuh, coba re-flash HP.. Ganti ROM ke versi lain yang lebih stabil.. Sukur-sukur kalau sekalian di-update
  •  Unroot : Kalau masalah layar errornya akibat root, coba unroot HP sobat. Tutorialnya bisa dicari di Google.


5. Bug multitouch

 

bug multitouch

Ada merk dan tipe HP yang tidak mau saya sebutkan namanya, punya masalah bug ini. Bug multitouch adalah, bug bawaan pada layar HP Android, dimana layar sering melompat, atau sering bergerak sendiri ketika dipencet..

..Terutama ketika HP dipencet menggunakan lebih dari 2 jari secara bersamaan.

Saya sempat mengalami bug ini dulu, dan jujur, cukup mengganggu. Karena rata-rata aplikasi Android sekarang butuh fitur multitouch.


Solusinya :

  • Cek di forum-forum HP yang sobat gunakan. Apakah banyak yang mengalami hal serupa dengan saya? 

  • Kalau iya, sobat bisa meminimalisirnya.. Setidaknya untuk mengetik. Gunakan keyboard QWERTY.. Karena keyboard ini punya font huruf yang besar, yang bisa mengurangi bug multitouch.


6. Masalah pelindung layar

 

tempered glass

Hampir tiap orang kalau beli HP langsung dipakai pelindung layar. Antigores, tempered grass dan sejenisnya..

Walau jarang, penggunaan pelindung layar begini juga bisa menyebabkan touchscreen HP jadi bergerak senidri. Biasanya disebabkan kotoran, atau penempelan pelindung layarnya kurang pas (Belum dibersihkan layarnya misalnya)..


Solusinya :

  • Lepas pelindung layar lama, ganti ke yang baru..


7. Hardware rusak

 

hardware rusak
Nah, the last kalau masih error, mungkin touchscreennya yang rusak.

Beda sama bug multitouch tadi, touchscreen yang rusak ini bisa disebabkan karena HP panas, atau penggunaan charger HP yang jelek dalam jangka waktu yang panjang.

Atau juga bisa disebabkan karena hardware HPnya yang udah defect dari sananya.


Solusinya :

  • Mau gak mau touchscreennya ya harus diganti. Garansikan HP sobat ke service center resmi terdekat di kota sobat. 


Penutup...

 

Sekian, beberapa tips tentang cara mengatasi layar HP yang bergerak sendiri / touchscreen bergerak sendiri. Kesimpulannnya, menurut saya pribadi memperbaikinya tidaklah terlalu sulit, asal bukan kena komponennya 😉

Untuk sobat yang mengalami hal serupa tapi beda masalahnya, mungkin bisa taruh komentar dibawah, barangkali saya bisa bantu..

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..