Cara Super Jitu Mengatasi Masalah Autentifikasi Wifi HP Android

Jaringan WIFI, adalah salah satu jaringan yang paling populer digunakan saat ini. Jaringan WIFI memiliki kecepatan transfer data yang cukup tinggi, sehingga membuat aktivitas internetan seperti browsing, sosial media, ngegame atau Youtube-an jadi lebih cepat

Di Android sendiri sekarang hampir semua jenis HPnya ada fitur WIFI. Sehingga wajar, kalau demand jaringan WIFI sekarang ini jadi semakin banyak.

Nah, ada satu masalah yang sering sekali muncul di Android saat ingin menhubungkan HP ke jaringan WIFI. Yaitu masalah Autentifikasi pada koneksi...

..Yang menyebabkan HP jadi tidak bisa tersambung ke internet.


Cara perbaiki masalah autentifikasi WIFI HP Android


Masalah Autentifikasi ini sebenarnya lumayan sering terjadi. Mungkin hampir semua orang  pengguna HP Android pernah mengalami hal ini, setidaknya 1 kali.

Terus, apa sih itu masalah autentifikasi? Lalu kenapa hal ini bisa terjadi?


Penyebab masalah autentifikasi WIFI di Android

 

Penyebab masalah autentifikasi WIFI ini sebenarnya simpel saja. Yaitu karena terjadi gangguan antara router / penyedia WIFI dengan HP yang kita gunakan. Contohnya :

  • Salah password


Salah password, adalah hal yang paling sering muncul. Masalah autentifikasi ini biasanya hanya muncul pada WIFI yang diberi pengamanan (WPA 2 Personal).. Entah itu router, Modem MIFI, atau hotspot yang dinyalakan di HP Android lain..

..Kalau salah memasukkan password, pasti bakal terjadi masalah autentifikasi.

  • Password berbeda dari sebelumnya


Di Android, saat kita memasukkan password pada WIFI, biasanya password WIFI itu akan tersimpan secara otomatis, dan akan terus tersimpan  sampai kita mem-forget WIFI tersebut. Nah, intinya..

Saat password WIFI yang tersimpan pada HP tadi ternyata sudah berbeda dengan password WIFI yang diatur admin, maka otomatis password tersebut akan di deteksi salah. Sehingga munculah masalah autentifikasi.

Mudahnya gini..

Hari ini, saya nyambung ke WIFI teman dengan password leskompi..

Besoknya, saya lihat WIFInya gak bisa nyambung-nyambung. Lalu muncul masalah autentifikasi..

Waktu saya tanya teman yang punya WIFI tadi, ternyata password tersebut sudah dirubah, dari leskompi jadi kompiles..

Paham kan?

  • HP Anda di blokir


Di halaman admin WIFI, ada fitur untuk memblokir devices atau mac address pada WIFI. Jika fitur blokir ini diaktifkan lalu diarahkan ke devices kita, HP otomatis tidak akan bisa tersambung pada WIFI.

Ada 2 masalah yang muncul kalau HP Anda di blokir.. 1. WIFI sulit disambung (Otomatis disconnect) 2. Masalah autentifikasi..

Wifi terblok


Sekarang sudah tahu penyebabnya.. Kesimpulannya, seperti yang saya bilang tadi. Ini hanya masalah koneksi antar HP dengan router / modem MIFI.

Artinya, kita harus memperbaiki masalah koneksi antar HP dan Router / MIFI supaya masalah autentifikasi ini hilang.

Caranya tentu mudah, ini dia :

Cara mengatasi Masalah Autentifikasi WIFI di HP


1. Pertama, buka WIFI Anda lalu klik setelan lainnya.


WIFI setelan lainnya


2. Klik WIFI yang tersedia, lalu klik lupakan / forget..


Lupakan WIFI

3. Klik lagi WIFI tersebut, masukkan password, lalu koneksikan kembali.

Password WIFI


4. Tunggu proses autentifikasi selesai, dan jika ada tulisan terhubung, itu artinya WIFI sudah sukses tersambung.


Bagaimana kalau masih tetap ada masalah autentifikasi?


Mungkin password WIFI yang Anda gunakan sudah diganti / terganti. Ada dua opsi yang bisa saya berikan..


1. Kalau tidak ada HP yang bisa tersambung ke router / MIFI, sedangkan Anda pemiliknya, Anda bisa mereset perangkat WIFI tersebut, kemudian masukkan password default perangkatnya.

Password default router atau MIFI sendiri berbeda-beda. Tapi biasanya ada di body perangkat tersebut. Kalau tidak ada, cek saja di internet.


2. Kalau setidaknya masih ada 1 perangkat yang masih tersambung, Anda bisa mencoba untuk mengganti password WIFI tersebut ke yang lain. Caranya :


A. Di HP / Perangkat yang sedang tersambung ke WIFI, buka browser..

B. Masuk ke halaman admin di browser, dengan cara buka alamat : 192.168.1.1


Halaman admin


C. Kemudian cari halaman untuk mengatur password perangkat WIFI tersebut. Silakan ubah ke yang lain..


Pass WIFI


D. Selesai. Jika sudah, cek dengan cara koneksikan ulang HP dengan password WIFI baru yang sudah tersetting. Kalau normal, pasti terkonek 👍


Wait, wait, wait.. Gimana kalau WIFInya punya orang?

Kalau ini sih mau gak mau Anda mesti samperin orang tersebut lalu tanya kembali password WIFInya. Diganti atau nggak.. Hati-hati yang punyanya bohong bilang nggak diganti (Kalau kata saya sih yakin diganti).. 😂


Penutup..


Demikian, solusi tentang Cara mengatasi masalah autentifikasi pada WIFI. Selain masalah password, ada juga kemungkinan masalah defect hardware pada perangkat WIFI. Ini bisa menyebabkan masalah autentifikasi terus menerus, padahal password WIFI sudah benar.

Masalah autentifikasi ini sebenarnya kadang masalah simpel kadang juga bikin repot. Saya sendiri pun kadang mengalaminya.

Kalau Anda punya masalah yang berbeda dengan artikel diatas, Anda mungkin bisa menanyakannya lewat kotak komentar dibawah. Terutama pengguna MIFI, mungkin saya bisa bantu (Kebetulan saya pengguna MIFI).

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..