Mudah Kok! Cara Atasi Masalah Autentifikasi WIFI HP Android

Masalah Autentifikasi WIFI Android - Memakai WIFI memang enak ya? Aktivitas internetan seperti browsing, sosial media, ngegame atau Youtube-an bisa jadi lebih cepat

Apalagi.. di HP Android saat ini hampir semua tipe sudah ada fitur WIFI. Jadi wajar saja, kalau demand WIFI semakin meningkat hari demi hari.

Well, kalau bicara soal WIFI, ada satu masalah yang mungkin banyak ditemui di Android. Yap, error pesan Autentifikasi bermasalah, ketika HP mau dihubungkan ke jaringan.


Cara Perbaiki Masalah Autentifikasi WIFI HP Android


Nah, buat yang sedang mengalaminya pasti bingung dong. Kita jadi nggak bisa terhubung ke internet, otomatis nggak bisa browsing sama sekali.

Tapi nggak usah khawatir ya.. Karena disini saya mau bahas cara mengatasinya.

Kita mulai dari penyebabnya..




Penyebab Masalah Autentifikasi WIFI Di Android

 

Untuk penyebabnya ini sebenarnya simpel saja. Yaitu karena terjadi gangguan antara Router (Penyedia WIFI) dengan HP yang kita gunakan. Beberapa contoh diantaranya :

Salah password : Salah password, adalah hal yang paling sering muncul. Error Autentifikasi ini biasanya hanya muncul pada WIFI yang diberi pengamanan (WPA 2 Personal). Bisa itu router, Modem MIFI, atau hotspot yang dinyalakan di HP Android lain..

Password WIFI Berbeda Dari Sebelumnya : Di Android, saat kita memasukkan password pada WIFI, biasanya password WIFI itu akan tersimpan secara otomatis, dan akan terus tersimpan  sampai kita mem-forget WIFI tersebut.

Yang perlu dicatat disini, saat password WIFI yang tersimpan pada HP tadi ternyata sudah berbeda dengan password WIFI yang diatur admin, maka otomatis password tersebut akan di deteksi salah oleh sistem. Sehingga munculah masalah autentifikasi.

HP Anda Di Blokir : Di halaman admin WIFI, ada fitur untuk memblokir Devices atau Mac Address pada WIFI. Jika fitur blokir ini diaktifkan lalu diarahkan ke devices kita, HP otomatis tidak akan bisa tersambung pada WIFI.

Ada 2 masalah yang muncul kalau HP Anda di blokir.. 1. WIFI sulit disambung (Otomatis disconnect) 2. Masalah Autentifikasi.


Setting User WIFI Dibatasi : Biasanya karena Adminnya ingin menjaga agar koneksi tetap kencang dan stabil. Jadi diatur, berapa jumlah maksimal user yang bisa konek.

Kalau sudah lewat dari limitasi, biasanya WIFI nggak akan bisa tersambung, dan hanya akan memunculkan pesan Autentifikasi bermasalah.



Cara Mengatasi Error Autentifikasi WIFI di HP


Sekarang sudah tahu penyebabnya.. Kesimpulannya, seperti yang saya bilang tadi. Ini hanya masalah koneksi antar HP dengan router / modem MIFI.

Artinya, kita harus memperbaiki masalah koneksi antar HP dan Router / MIFI supaya masalah autentifikasi ini hilang.


1. Masukkan Ulang Password WIFI


Pertama cek dulu Passwordnya ya. Pastikan nggak berubah.

Caranya gimana? Tentu sudah bisa dibayangkan dong. Coba tanyakan yang punya koneksi WIFInya. Atau kalau WIFInya punya kamu sendiri, coba cek lewat halaman Admin WIFI.

Caranya begini :

1. Pertama, buka WIFI Anda lalu klik setelan lainnya.


WIFI setelan lainnya


2. Klik WIFI yang tersedia, lalu klik Lupakan / Forget..


Lupakan WIFI

3. Klik lagi WIFI tersebut, masukkan password, lalu koneksikan kembali.

Password WIFI


4. Tunggu proses Autentifikasi selesai, dan jika ada tulisan terhubung, itu artinya WIFI sudah sukses tersambung.


2.  Cek Kembali Password WIFI Anda


Halaman Admin WIFI


Kalau memakai cara diatas, masih muncul pesan masalah Autentifikasi ketika dimasukkan Password, berarti Anda harus mengecek dulu Password WIFInya.

Untuk yang ini Anda bisa melihatnya lewat halaman Admin Router / Modem. Caranya pada halaman browser, ketik 192.168.1.1 nanti disana akan terlihat sebuah kolom Password WIFI. Coba pastikan Passwordnya sudah benar ya.

Oh ya, ada yang tanya.. Gimana kalau WIFInya bukan punya kita?

Wah, kalau ini sih mending tanya langsung ke yang punya ya hehe.


3. Reset Perangkat WIFI


Reset Router


Baik router atau modem WIFI tentu bisa kita reset. Ini bisa dilakukan, terutama waktu salah setting pengaturan, tapi lupa mengembalikannya (Saya pernah gini).

Caranya gimana? Well, sebenarnya beda-beda ya, tergantung perangkat yang dipakai. Misalnya di modem-modem Provider seperti Speedy, Indihome, Biznet dan lain-lain.

Tapi intinya sama seperti poin nomor 2 tadi, Anda harus membuka halaman Adminnya terlebih dahulu lewat browser.

Lengkapnya coba cari buku panduan Router / Modem Anda. Atau bisa juga dengan Browsing. Banyak kok tutorialnya.


4. Reset Android



Reset Pengaturan Pabrik


Nggak jarang, bukan masalah WIFI, melainkan HP kita yang error.

Untuk errornya biasanya dari sistem. Dan sejujurnya ini agak susah diperbaiki kalau Anda belum paham membuka Folder akses root.

Solusi paling efektif, ialah dengan melakukan reset. Dengan begitu, baik konfigurasi WIFI maupun sistem akan normal kembali.

Caranya gimana? Mudah kok. Buka Settings > Backup And Reset > Lalu reset disana. Contohnya seperti gambar diatas.



Penutup..


Demikian, solusi tentang Cara mengatasi masalah Autentifikasi pada WIFI. Masalah ini sebenarnya kadang masalah simpel kadang juga bikin repot. Saya sendiri pun kadang mengalaminya.

Selain masalah password, ada juga kemungkinan masalah defect hardware pada perangkat WIFI. Ini bisa menyebabkan pesan tersebut muncul terus menerus, padahal password WIFI sudah benar.

Kalau Anda punya masalah yang berbeda dengan artikel diatas, Anda mungkin bisa menanyakannya lewat kotak komentar dibawah. Terutama pengguna MIFI, mungkin saya bisa bantu (Kebetulan saya pengguna MIFI).

Semoga bermanfaat.

2 Komentar

Write Komentar
3/20/2019

password wifi sd benar tp tetep sj gk bisa knp gan..

Balas
avatar
Dzikri A
author
3/21/2019

Cek terblokir nggak gan perangkatnya ^^

Balas
avatar

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..