8 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca [TERBUKTI Berhasil]

Buat orang-orang yang internetan di HP tanpa WIFI, kartu SIM mungkin memang masih jadi andalan utama. Apalagi sekarang kuota sudah makin murah, + speed download dan uploadnya di beberapa tempat bahkan sudah bisa menyaingi WIFI.

Internetan memakai Sim Card bisa dibilang memang praktis. Tapi, ada satu masalah yang lumayan sering terjadi di beberapa tipe HP :

Yaitu masalah Sim Card Tidak Terbaca..


Mengatasi sim card tidak terbaca


Kartu SIM tidak terbaca, masalah ini lumayan banyak dikeluhkan para pengguna HP, terutama pengguna HP tipe-tipe keluaran lama (Tahun 2014 kebawah).

Saat kartu SIM tidak terbaca, HP otomatis tidak bisa dipakai nelpon, SMS, juga internetan Yang pastinya bakal bikin repot. Cukup repot.

Masalah ini pernah saya alami dulu di tahun 2015 lalu, saat itu saya pakai HP keluaran tahun 2013. HP ini sempat mengalami jaringan error (Sinyal hilang), sebelum kartu SIMnya tidak terbaca. Errornya sempat terjadi beberapa bulan, sebelum saya akhirnya bisa memperbaikinya.

Penasaran cara mengatasinya?

Berikut cara mengatasi Sim Card Tidak terbaca di HP Android :


1. Cek kartu SIM

 

SIM CARD

 

Pertama, cek dulu kartu SIM sobat, rusak atau tidak? Soalnya belum lama ini, saya baru tahu kalau kartu SIM ini mengefek juga ke jaringan dan deteksi HP.

Kartu SIM yang rusak, biasanya ditandai dengan jaringan yang hilang timbul, internet susah konek, sampai tidak terbaca.

Sedangkan penyebab kartu SIM rusak, biasanya diakibatkan banyaknya kotoran yang menempel pada kartu SIM, dan fisik pada SIM rusak akibat tergores.


Solusinya :
:
  • Kalau yakin masalahnya karena kartu SIM, coba ganti kartu SIM lama ke kartu SIM yang baru.

  • Kalau nggak mau nomor lama hilang, sobat bisa menukar kartu lama ke kartu baru dengan nomor yang sama ke gerai operator terdekat di daerah sobat.


2.  Cek IMEI

 

IMEI Invalid

IMEI, adalah nomor 'identitas' yang ada di setiap HP. IMEI ini memiliki beragam fungsi, tapi fungsi utamanya adalah supaya operator jaringan bisa mengindentifikasi perangkat yang tersambung ke jaringan mereka.

Dikarenakan fungsinya yang vital inilah.. apabila nomor IMEI pada HP tidak terdeteksi, otomatis kartu SIM jadi tidak akan terbaca.

IMEI yang tidak terdeteksi ini biasa disebut sebagai invalid IMEI.. Invalid IMEI terjadi akibat perubahan sistem, atau kesalahan sistem yang disebabkan (biasanya) karena ganti ROM atau sejenisnya.

Contoh IMEI Invalid


Saya sendiri pernah mengalami hal ini.. Tapi untung IMEInya udah di-backup.


Solusinya :

  • Jujur, memperbaiki IMEI yang tidak terdeteksi itu agak repot. Kalau dibahas disini juga agak panjang. Jadi mending sobat baca artikel : cara memperbaiki IMEI invalid ini..


3. Aktifkan mode pesawat

 

Mode pesawat Android

 

Airplane Mode, memang jarang digunakan. Tapi siapa sangka kalau fitur ini bisa memperbaiki beberapa error di HP Android, salah satunya kartu SIM yang tidak terbaca.

Cara ini saya dapat di salah satu blog luar bernama technobezz yang kebetulan membahas juga topik yang sedang saya bahas ini. Cara ini juga pernah saya lihat, dibagikan oleh salah seorang member di forum HP lama saya, dan work.


Caranya :

  • Restart HP >> Tunggu Proses restart >> Setelah selesai masuk sistem >> Aktifkan mode pesawat selama 2 menit atau lebih >> lalu nyalakan kembali.
mode pesawat



4. Update sistem

 
mengupdate sistem Android

Bug sistem sering sekali ngaruh ke banyak error di HP. Dari masalah aplikasi error seperti kamera tidak bisa terbuka sampai masalah lumayan bikin repot seperti HP yang tidak keluar suara..

Sistem yang error ini bisa disebabkan karena bug bawaan, juga bisa disebabkan karena umur pemakaian HP yang sudah terlalu lama.


Caranya :

  • Pergi ke Settings >> About >> System updates..

system updates


  • Lalu cek apakah ada update atau tidak.


5. Reset HP

 
Mereset HP ke factory


Kalo masih error, coba reset HP. Beda dengan update sistem yang tujuannya untuk memperbaiki bug, reset HP ditujukan supaya HP yang banyak errornya jadi normal kembali seperti baru beli.

Reset HP juga jadi cara yang must dilakukan kalau ada error sistem di Android, yang susah diperbaiki.. Termasuk masalah Sim Card tidak terbaca.

Caranya : 

  • Pergi ke settings >> backup & reset >> factory reset.. Lalu lakukan reset..

factory reset


Atau...

  • Matikan HP >> Nyalakan kembali HP dengan cara menekan tombol Power + Volume up + Volume down secara terus menerus >> Tunggu hingga masuk ke sistem recovery >> jika sudah masuk, cari wipe data / factory reset >> lalu reset.

Factory Reset

 

6. Ganti baterai

 

 
Baterai

Percaya gak kalau baterai juga bisa jadi penyebab kartu SIM HP jadi tidak terbaca?

Awalnya saya juga ga percaya. Tapi dulu HP lama saya pernah punya penyakit sinyal hilang timbul.. Beberapa bulan kemudian, penyakitnya nambah parah, kartu SIM jadi tidak terdeteksi, dan endingnya HP matot gara-gara baterainya udah rusak total.


Solusinya :

  • Jangan dulu beli baterai. Coba pinjam / tes baterai HP lain yang cocok slotnya dengan HP yang sobat gunakan. Coba tes, kalau jaringan normal, berarti memang baterainya.

  • Tapi kalau nggak punya baterai pengganti, mau nggak mau ya mesti beli baterainya dulu. Beli murahan juga sementara ga masalah sebenernya. Asal buat tes 👍


7. ReFlash HP


Flash HP


Lanjutan reset sistem dan update sistem. Kalau kedua cara tersebut masih belum efektif, coba flash ulang HP sobat. Flashing HP ini cukup efektif untuk mengatasi berbagai error HP. Entah itu error bawaan atau error yang muncul seiring pemakaian HP..

Untuk mengatasi Kartu SIM tidak terbaca dengan flash ulang, saya sarankan untuk flash ROM (sistem) yang lebih baru, jadi sekalian update.

Caranya :

  • Silakan cari tutorial cara flashnya bisa cari di Google. Sesuaikan dengan merk dan tipe HP yang digunakan.

  • Kalau tidak paham, bisa minta tolong teman / kenalan yang paham 👍


8. Servis HP

 

Memperbaiki HP service center

Kalau masih belum bisa juga besar kemungkinan ada masalah konektor SIM Card di HP yang sobat gunakan. Konektor yang rusak ini bisa disebabkan karena beberapa hal.. Bisa karena kotor, atau bisa juga karena ada komponen fisik yang rusak.

Selain masalah konektor SIM, IC PA pada HP juga bisa jadi penyebabnya. Walau tidak 100%, kerusakan pada IC PA memang identik dengan berbagai macam kerusakan HP, terutama yang berhubungan dengan sinyal.

Solusinya :

  • Coba bersihkan dulu konektor SIM sobat.. Siapa tahu normal lagi

  • Kalau nihil, mau tidak mau sobat mesti servis HP sobat, supaya diganti komponen yang rusaknya.


Penutup...

 

Demikian, tutorial tentang cara mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca. Dengan tutorial ini, diharapkan bisa menambah informasi atau sukur-sukur bisa membantu memperbaiki HP sobat yang kartu SIMnya tidak terbaca.

Tutorial seperti ini saya lihat ada beberapa di Google. Tapi saya lihat relevansinya tercampur, antara cara mengatasi sinyal HP yang hilang, dengan kartu SIM yang tidak terbaca..

Walau mirip, tapi keduanya cukup berbeda..

Itu saja, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..