Apa Itu AFK? Arti AFK dan Pengertian AFK di Game dan Chatting (Lengkap)

Saat kita sedang browsing, bermain media sosial, chatting atau gaming, kita pasti akan menemui berbagai macam istilah.. Dari istilah-istilah umum hingga istilah-istilah yang agak sulit dipahami..

Di artikel kamus gaul terakhir yang saya tulis, bahkan ada sekitar 70+ kata-kata / istilah yang biasa digunakan lho.. (Promote dikit, hehe)..

Nah, ada satu istilah yang seriing sekali dpakai. Yaitu AFK.. AFK ini merupakan satu dari beberapa istilah internet umum di internet, yang saya pikir wajib sekali diketahui..

And then.. Apa itu AFK? Apa sih, pengertian AFK? Dan bagaimana sih Contoh AFK?

Pengertian AFK di game


AFK.. Saya sendiri tidak tahu persis kapan istilah ini muncul dan mulai digunakan. Tapi dari sejauh yang saya tahu, istilah ini sudah sangat lama digunakan, bahkan sebelum internet dan media sosial sudah populer seperti sekarang ini..




Istilah AFK sendiri sekarang semakin sering digunakan, seiring populernya online gaming (Game online).. Mulai dari CS:GO, DOTA, dan game-game online sejenis..

Kata AFK juga sekarang semakin populer dipakai di mobile gaming. Contoh mudahnya Mobile Legend. Game ini memiliki satu sistem yang disebut hukuman AFK, untuk memberi penalty kepada player tertentu yang tiba-tiba tidak aktif di dalam suatu pertandingan..

Nah, lalu apa sih arti AFK? Dan bagaimana pengertiannya?


Pengertian AFK di Sosial media, Game, Internet dan lain-lain..


AFK, merupakan singkatan dari Away From Keyboard. Kalau diterjemahkan artinya 'Pergi dari keyboard'. Istilah ini dipakai ketika seseorang pergi / berhenti sementara dari aktivitas-aktivitas online tertentu di depan komputer atau HP.. Misalnya, seperti chatting maupun gaming.

AFK juga sebenarnya memiliki arti yang lebih luas lagi. Sebagai contoh, orang yang tidak bergerak (dalam game) atau tidak merespon (dalam chat) bisa diasumsikan sebagai AFK..

 

Contoh AFK

 

Pengertian AFK game


 Contoh dari AFK sendiri sebenarnya sangat mudah dimengerti.. Misalnya begini :

  • ABE: "Bro, masih mau lanjut main?"
  • ADE : "Ayok bro, tapi tunggu bentar, gw AFK dulu, mau bikin kopi biar ga ngantuk"
  • ABE : "Oke, buruan"


Dari percakapan diatas : kita bisa melihat ADE berhenti sementara dari gamenya, karena mau membuat kopi. Dia meninggalkan keyboardnya / aktivitas gamenya sementara.. Inilah yang disebut AFK.

Contoh AFK lainnya :

  • ABE : "Oi bro, ini gimana sih, kok tu anak diem aja?"
  • ADE : "Oh, mungkin lagi AFK kali bro"


Dari percakapan diatas bisa disimpulkan, orang-orang yang tidak merespon saat sedang menjalani aktivitas ngegame, atau chattingan.. Itu bisa disebut AFK.

 

Yang bukan AFK...


Coba cek lagi pengertian AFK diatas, pengertian AFK secara umum, menurut saya (Dan orang-orang dari internet), adalah jika seseorang berhenti sementara di aktivitas tertentu seperti gaming atau chatting..

Nah, kadang, masih ada beberapa orang yang salah kaprah mengartikan istilah AFK.. Contohnya begini :

  • ABE : "Bro, kok lu tadi pas lagi main malah ngilang ga balik-balik?"
  • ADE : "Ah, sori bro, PC gw mati tadi. Nggak tau rusak kenapa"
 
 
Bisa dilihat, dari percakapan diatas, komputer yang digunakan ADE mengalami kerusakan, sehingga dia jadi tidak bisa memainkan gamenya, sampai aktivitas game tersebut selesai.

Yang seperti ni menurut saya bukanlah AFK, melainkan memang benar-benar stop.. karena dia tidak kembali lagi..


AFK di Mobile Legend..



Terus bagaimana yang ada di Mobile Legend? Kan kadang suka ada yang stop main sampai match selesai?

Nah, Kalau menurut saya yang di Mobile Legend konteksnya beda lagi..

Tidak ada yang bilang orang yang AFK di Mobile Legend itu benar-benar stop total dari aktivitas ngegamenya. Karena bisa jadi dia sedang mengalami gangguan koneksi sementara, sebelum normal kembali..

Adapun yang benar-benar stop, kenapa masih bisa dibilang AFK?

Nah, untuk ini mungkin hanya untuk mempermudah istilah saja..


Beda AFK dan BRB..


Mungkin beberapa dari sobat pernah dengar isitlah BRB? Lalu, apa itu BRB?

BRB adalah singkatan dari Be right back yang kalau diterjemahkan, artinya 'akan segera kembali'.

Arti BRB ini ada beberapa.. Ada yang mengartikannya sebagai "Tunggu bentar, nanti balik lagi" (Mirip AFK) atau "Tunggu bentar, saya lagi sibuk"..

Lalu apa bedanya dengan AFK?

Untuk saat ini saya masih belum tahu pasti. Tapi BRB ini sebenarnya mirip-mirip artinya dengan AFK. Untuk penggunaanya sendiri juga mirip. Jadi ga perlu bingung, sah-sah aja mau pakai AFK atau BRB..


Penutup...


Demikian tentang pembahasan singkat, Apa itu AFK, Pengertian AFK dan Contoh AFK.. Artikel ini dibuat bersumber dari situs urbandictionary.. Situs populer yang membahas istilah-istilah umum atau khusus yang tersebar di internet..

Dari sumber tersebut, saya merangkumnya kembali dengan beberapa sumber lain yang bisa dipercaya..

Nah, artikel ini juga ada yang berdasarkan opini saya pribadi. Jadi jika sobat memiliki pendapat lain, sobat boleh mengutarakannya pada kotak komentar dibawah..

Itu saja, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..