9 Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali Dan Tidak Cepat Habis (100% Work)

Baterai HP cepat habis, merupakan maslaah umum yang sangat sering dihadapi oleh para pengguna Android, tidak terkecuali saya sendiri. Baterai cepat habis, kadang juga jadi masalah yang sangat menyebalkan..

Apalagi kalau kita tipe orang yang suka bepergian.

Kapasitas baterai HP sendiri berbeda-beda, tergantung tipe HP yang digunakan. Ada yang besar, ada pula yang kecil.

Nah, pada artikel ini, saya ingin membahas, tentang cara membuat baterai HP awet kembali, atau lebih tepatnya tentang cara mengatasi baterai hp cepat habis..

mengatasi baterai hp cepat habis

Walau kapasitas baterai HP ada yang besar dan ada yang kecil, tapi tidak serta merta membuat HP tersebut jadi 'hemat'. Semuanya kembali lagi ke cara pemakaian serta chipset yang digunakan HP tersebut.

Jadi jangan heran kalau baterai 2500mAh bisa menang hemat waktu disandingkan dengan baterai 4000mAh..

Selain masalah spek, tentu masih ada penyebab lain kenapa baterai HP cepat habis.


Penyebab baterai cepat habis


Penyebab baterai cepat habis itu ada beberapa. Dan diantaranya, ada 2 penyebab yang sangat berpengaruh terhadap masalah ini.

Yaitu :


1. HP panas

HP panas adalah masalah umum yang sering dialami oleh sebagian pengguna Android. HP panas, erat kaitannya dengan chipset serta desain HP yang digunakan, yang mana punya penghasil serta penghantaran panas yang berbeda-beda.
 
2. Baterai rusak

Baterai rusak, jelas sangat berpengaruh. Bahkan bisa menurunkan kapasitas waktu pemakaian hingga 80% lebih rendah. Penyebab baterai rusak juga ada banyak. Namun yang paling umum, adalah masalah umur baterai, sering dipakai ngecas sambil dipakai, dan HP sering overheat secara berkepanjangan.

Kalau sudah rusak, selain cepat habis baterai rusak juga sering jadi penyebab tidak bisa mengisi ketika di cas, hingga HP mati total.

Baca juga : 12 Cara Ampuh Mengatasi Baterai Rusak Di Cas Tidak Mengisi 


Nah, pada artikel ini saya ingin membahas cara membuat baterai HP yang sudah rusak jadi lebih awet lagi, dan tidak cepat habis. Yang pastinya juga bisa diterapkan untuk mengatasi baterai tanam bocor dan sejenisnya.

Berikut pembahasannya :


#1. Kurangi brightness HP


Brightness HP sangat berpengaruh terhadap kinerja baterai. Saya sempat tes, memakai HP dengan brightness yang rendah, bisa menghemat kapasitas baterai hingga 1 jam lebih lama jika dibandingkan dengan penggunaan HP yang brightnessnya tinggi.




Tapi tentu kenyamanan tetap diutamakan. Apalagi melihat layar HP dengan brightness rendah tidak seluruhnya bikin nyaman. Contohnya, ketika di ruangan gelap, brightness rendah akan membuat mata cepat capek..


Sedangkan di kondisi yang penuh cahaya matahari, layar HP dengan brightness rendah akan membuat layar jadi tidak terlihat. Kecuali kalau sobat memakai HP dengan tipe layar tertentu.

Solusinya, mainkan brightness. Kurangi brightness, tapi jika tidak memungkinkan, sobat bisa menaikkannya kembali.


#2. Jaga HP supaya tetap dingin


Seperti penjelasan saya sebelumnya, HP panas akan membuat baterai cepat habis. Bahkan, dalam jangka waktu panjang bisa membuat baterai jadi cepat rusak.

Karena itu sangat penting untuk menjaga HP agar tetap dingin.

Ada beberapa cara mengatasi HP yang panas. Seperti membersihkan junk files hingga memakai custom ROM.

Lengkapnya, silakan baca di : 9 Cara Mengatasi HP panas, dijamin dingin


#3. Kurangi penggunaan multitasking


Banyak pengguna Android yang sering membuka aplikasi dalam jumlah banyak. Sayangnya, sebagian dari mereka juga sering lupa menutup aplikasi yang masih terbuka tersebut.


baterai kembung kembali normal


Ini tentu akan membuat HP jadi boros baterai.

Penggunaan multitasking, akan membani kinerja HP dan baterai HP. Dimana bisa saja membuat baterai jadi lebih boros hingga 60%..

Solusinya, batasi jumlah multitasking kalau sedang butuh baterai awet. Hindari penggunaan aplikasi yang memeras baterai seperti Game dan sejenisnya. Sobat juga bisa menggunakan aplikasi semacam Greenify untuk mengatur hibernasi aplikasi yang tidak terpakai.


#4. Kalibrasi baterai


Kalibrasi baterai, sebenarnya bukanlah cara yang bisa membuat baterai HP menjadi awet secara langsung. Tapi, kalibrasi juga bisa berpengaruh terhadap daya tahan baterai secara software.

Sistem Android, kadang status baterainya suka aneh. Misalnya, baterai 25% ditunjukkan di status bar masih berada di 40%. Hasilnya tentu saja HP akan langsung mati sendiri di saat status berada di angka 15%.

Status baterai yang ngaco ini biasa terjadi akibat beberapa hal. Seperti bug, efek samping root, hingga akibat re-flash atau install custom ROM..

Tutorial kalibrasi baterai, bisa sobat cari di Google. Ada banyak sekali tutorialnya disana..


#5. Ubah mode HP ke hemat daya


Di sistem Android terdapat mode hemat daya yang akan otomatis aktif ketika baterai telah mencapai angka tertentu. Biasanya sekitar 15 persen.

Mode hemat daya ini, bekerja dengan cara menurunkan brightness, serta mengurangi jumlah data serta aplikasi yang berjalan di background services untuk menurunkan beban pada HP.

Nah, mode hemat daya ini bisa diaktifkan kapanpun jika sobat mau.. Efeknya lumayan kok.. 


#6. Matikan fungsi HP yang tidak diperlukan


Ada banyak fungsi HP yang berjalan, entah itu sepengetahuan, atau diluar sepengetahuan kita. Fungsi-fungsi ini contohnya seperti, Bluetooth, WIFI, GPS, Data seluler, dan fitur sinkronisasi.



Fungsi / Fitur HP ini tentu akan membuat kinerja HP jadi lebih berat, yang berakibat ke baterai yang lebih boros (walaupun tidak begitu signifikan).

Sobat bisa mengatur fungsi-fungsi yang tidak diperlukan tersebut, untuk membuat kinerja baterai jadi lebih ringan, serta lebih hemat.


#7. Matikan Pembaruan serta Unduhan Otomatis


Pembaruan otomatis, biasanya secara default sudah tersetting on pada HP. Pembaruan / Unduhan otomatis ini akan menyala secara otomatis ketika HP mendapatkan update tertentu dari sebuah aplikasi maupun sistem.

Pembaruan ini tentu akan membuat baterai HP akan jadi lebih cepat habis. Karena selain berjalan di background service, proses pembaruan juga memerlukan data, serta proses yang cukup lama jika koneksi yang digunakan sedang lambat.

Sobat bisa menonaktifkan pembaruan ini melalui setting Google Play Store, serta setting langsung melalui aplikasi yang ingin di nonaktifkan fitur pembaruannya.


#8. Pakai Aplikasi tertentu (Root)


Ada aplikasi-aplikasi Android tertentu yang memiliki fungsi untuk menghemat baterai, yang kebanyakan aplikasi tersebut hanya bisa berjalan di mode Root.

Aplikasi-aplikasi seperti ini bisa sangat menghemat kinerja baterai, hingga 50% lebih hemat (Asumsi kondisi HP dalam keadaan default).

Tentu ini hanya sekadar saran. Karena tidak semua orang HPnya mau di root.


#9. Ganti baterai


Terakhir, kalau masih tidak bisa, mau tidak mau sobat harus mengganti baterai HP sobat. Baterai HP jaman sekarang, bisa dibilang memang awet. Sekalipun penggunaannya berlebihan.

Tapi, walaupun awet, bukan berarti baterai tersebut tidak bisa rusak. Dalam jangka waktu tertentu, baterai HP tentu saja bisa rusak. Paling sering, seperti kembung.

Adapula cara seperti memasukkan baterai rusak ke dalam kulkas, tidaklah begitu berpengaruh..

..Jadi lebih baik ganti saja baterai HPnya sekalian..

Harga baterai HP sendiri bervariasi, tergantung kapasitas, merk dan tipe HP yang digunakan. Yang terpenting, kalau sobat mau beli, pastikan beli yang original, bukan yang KW, Dobel P0wer dan sejenisnya.

Baterai-baterai semacam ini selain cepat habis, kapasitasnya juga tidak real.. Belum lagi ada resiko masalah tegangan yang tidak stabil..

Sekali lagi, pastikan beli yang original.


Penutup....

 

Nah, demikian, 9 cara membuat baterai HP awet kembali, dan cara mengatasi baterai cepat habis, supaya jadi lebih awet dan lebih tahan lama. 

Jujur, masih ada beberapa tips yang tidak saya masukkan. Contohnya mengurangi jumlah widget, yang katanya bisa membuat baterai jadi lebih hemat..

Alasannya, karena pengaruh-pengaruh dari tips tersebut banyak yang kurang relevan terhadap pengaruh baterai.. Malah kadang ada yang tidak ada hubungannya sama sekali.

9 Cara diatas, saya harap sudah mewakili semuanya, yang semoga bisa membantu membuat baterai HP sobat hemat dan normal kembali.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..