Cara Memotong Video Di Movie Maker (Hanya 20 detik)

Cara Memotong Video Di Movie Maker - Memotong video / Cut / Crop durasi video, sebenarnya bisa dilakukan di hampir semua aplikasi / software edit video di PC maupun Android. Salah satunya, sobat bisa coba menggunakan Windows Movie Maker..

Seperti yang sobat tahu, rata-rata aplikasi editing itu tampilannya lumayan 'Wah', apalagi buat yang masih awam.. Nah, beda dengan Windows Movie Maker.. Aplikasi ini adalah aplikasi editing Windows dengan tampilan yang simpel, dan sangat cocok digunakan untuk pemula.

Aplikasi ini selain simpel, juga memiliki fitur-fitur basic editing, seperti menambah lagu, mengecilkan ukuran video, dan masih banyak lagi..

Nah, Movie Maker tentu juga bisa, memotong durasi video untuk memperpendek hasil video rekaman sobat, supaya file jadi lebih kecil, atau untuk menghilangkan momen yang tidak diinginkan..

Cara memotong video di movie maker

Saya sendiri juga sangaat sering memakai Movie Maker untuk memotong video hasil rekaman saya. Kebetulan saya suka rekam permainan Keyboard (Piano Digital) dengan memakai kamera HP.. Tapi, naruh HP, memencet tombol record dan duduk di kursi sampai tekan tombol selesai recordnya itu ikut masuk ke dalam durasi video..

Movie maker ini sangat membantu, untuk memotong durasi yang tidak saya inginkan tersebut, sehingga hanya tersisa video momen musiknya saja..

Nah, disini saya ingin berbagi tutorial cara memotong video dengan movie maker, untuk sobat yang barangkali punya masalah yang sama dengan saya. Cepet kok, prakteknya saya malah hanya butuh 20 detik saja :D

Langsung saja, berikut caranya :


Cara Memotong Video Dengan Movie Maker

 

1. Pertama, tentu buka dulu aplikasi Movie Makernya. Aplikasi ini setahu saya gratis dan bisa didapat langsung dari situs resmi microsoft.

2. Setelah Movie Maker sudah terbuka,  Klik add videos and photos
 

add video yang ingin dipotong

3. Tunggu videonya sampai terload sempurna. Jangan diapa-apakan sampai selesai.

memotong durasi video

4. Setelah selesai terload, pergi ke tab edit. Disana sobat akan melihat opsi Set start point dan Set end point

cara menyambung video dengan movie maker


5. Lalu jalankan video di Movie Maker.. Klik set start point untuk mensetting waktu mulai dari video, dan klik set end point untuk mensetting waktu selesai dari video..

cara setting awal video

cara video di movie maker

6. Sobat juga bisa memotong bagian tengah video dengan menggunakan fitur split.. Dimana dengan memakai cara ini, sobat bisa menggabungkan video lebih dari satu. Nah, Caranya :

  • jalankan video sampai pada titik awal waktu yang ingin dipotong.. lalu klik split.. 
  • Jalankan lagi video sampai ke titik akhir waktu yang ingin dipotong.. lalu klik split lagi..


Hasilnya bisa dilihat di bagian preview editing.. Seperti ini :

edit video

Klik kanan bagian yang terpisah tersebut, lalu klik remove.. Maka bagian yang ingin dipotong akan terhapus.

potong video

7. Kalau sudah selesai, klik file >> save movie >> kemudian pilih opsi save video yang diinginkan.


save

8. Selesai.


Penutup...


Demikian, tutorial singkat cara memotong video dengan movie maker.. Simpel bukan? Sekali lagi, saya sendiri hanya butuh waktu sekitar 20 detik saja untuk memotong durasi yang ingin saya hapus pada hasil rekaman video saya..

..Jadi judul diatas bukan sekedar klik BAlT 😀

Sebenarnya ada beberapa software lain yang bisa saya rekomendasikan kalau hanya sekedar untuk memotong video. Tapi dengan movie maker lah yang saya pikir paling mudah digunakan dan paling simpel..

Selain itu proses rendernya juga cepat..

Itu saja, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..