7 Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot / Lambat Dengan Mudah

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot  - Indosat, merupakan salah satu provider jaringan seluler di Indonesia yang sudah cukup lama berdiri. Penggunanya pun sekarang sudah banyak sekali jumlahnya. Sebagai salah satu provider terpopuler di Indonesia, Indosat juga tentu selalu bersaing dengan provider lainnya di berbagai bidang, salah satunya bidang koneksi Internet.

Tapi, ada sebagian pengguna Indosat yang mengeluh, Internet mereka lemot / lambat. Padahal mereka sudah memakai jaringan 4G..

Lalu apa penyebab Indosat / Indosat ooredoo lemot dan bagaimana cara mengatasinya?


Cara mempercepat indosat


Sebenarnya, lemot tidaknya provider tergantung letak tempat tinggal sobat. Seperti yang sobat tahu, tiap kota terdapat tower-tower penghantar jaringan, yang jika semakin jauh jaraknya maka kekuatan koneksi akan semakin berkurang.

Jadi bukan Indosat saja..

Provider-provider lainpun juga sama. Jika letak geografis tempat tinggal sobat jelek, maka tetap saja koneksi sobat bakal lemot. Makanya koneksi internet di desa kebanyakan jauh lebih lelet daripada di kota..

Nah, Indosat sendiri sebenarnya menurut saya pribadi cukup cepat. Saya sudah beberapa kali memakai kartu Indosat untuk download, dan kecepatan rata-rata yang saya dapat itu bisa mencapai 15Mbps..

Sebagai gambaran, rata-rata kecepatan provider internet lain di daerah saya itu hanya 10Mbps.. Jadi Indosat ini di daerah saya sudah melampaui rata-rata..

Nah, tapi buat sobat yang mengalami koneksi Indosat lemot, disini saya ingin berbagi sedikit tips cara mengatasi Indosat lemot yang barangkali bisa sedikit membantu mempercepat Internet Indosat sobat..

Langsung saja, berikut caranya :


#1. Disconnect dan reconnect 


Yang pertama, jika sobat mengalami Indosat lelet ketika sedang browsing, bahkan koneksi tidak merespon sama sekali, sobat bisa mencoba melakukan disconnect dan reconnect koneksi lagi.

Ketika kita menyambung HP, Laptop, atau PC ke internet, kita akan mendapat IP yang dibuat secara otomatis oleh provider. IP ini biasanya berbeda-beda..

Nah, ketika sobat mengalami internet lelet, padahal awalnya lancar, dengan melakukan disconnect dan reconnect, IP yang lelet tadi akan berubah ke IP baru yang lebih fresh..

..Sehingga internet jadi lancar kembali.

Selain disconnect dan reconnect, untuk smartphone sobat juga bisa menyalakan airplane mode selama beberapa detik / menit.. Ini juga katanya bisa membantu mereset koneksi yang lelet..

Airplane mode


Airplane mode ini di PC / Laptop juga bisa.. Tapi khusus Windows 10 (Dibawahnya saya kurang tahu)


#2. Setting APN Indosat


Sama halnya seperti provider lainnya, Indosat juga memiliki beberapa setting APN yang berbeda-beda. APN alias Access Point Name ini berfungsi sebagai gateway atau jembatan penghubung sekaligus untuk pengidentifikasi koneksi antara SIM dengan Operator jaringan..

APN ini masuknya ke trik setting internet indosat biar kenceng.. Nah, dan seperti yang saya bilang tadi, APN Indosat itu ada beberapa.. Tapi ada satu APN yang sering saya pakai.. stabil nggaknya tergantung tempat.. Jadi silakan coba dulu.

Berikut APN Indosat Stabil (Di tempat saya) untuk 3G / 4G :

  • Name: Indosat
  • APN: indosatgprs
  • Username: Indosat (Atau bisa dikosongkan)
  • Password: Indosat (Atau bisa dikosongkan)


#3. Restart HP / Modem


Percaya gak percaya, perangkat yang panas juga bisa menurunkan kecepatan koneksi Internet lho. Saya sudah tes sendiri dulu ketika sedang download file dengan kartu Indosat.. Kecepatannya setelah beberapa lama menurun..

Lalu ketika saya cek, ternyata perangkat yang saya pakai cukup panas ketika dipegang.

Setelah itu saya coba restart perangkat

dan coba mendinginkan perangkat tersebut selama beberapa saat, dan kecepatan internetnya normal kembali..

jaringan indosat lemot hp panas

Nah, buat sobat yang mengalami masalah panas, bisa coba cara seperti yang saya lakukan diatas. Lumayan work kok, terutama jika sedang browsing dalam jangka waktu yang lama..


Khusus Smartphone, sobat bisa juga melakukan disable SIM lalu di enable lagi melalui pengaturan. Fungsinya supaya jaringan di load ulang dan sinyal jadi lebih fresh/
  

#4. Setting 4G Only


Tidak bisa dipungkiri, kalau sinyal 4G punya kecepatan berkali-kali lipat ketimbang sinyal 3G..

Termasuk jaringan 4G Indosat..

Jaringan 4G Indosat, punya kecepatan berkali-kali lebih cepat ketimbang jaringan 3Gnya.

Untuk menggunakan 4G di Indosat, kartu Indosat sobat harus mendukung 4G dulu.. Serta pastikan juga perangkat yang digunakan sudah 4G, dan tempat yang sobat tinggali sudah tercover 4G Indosat.

Nah, untuk sobat yang barangkali bingung cara cek perangkat sudah 4G atau belum, bisa baca disini.. 

Jika sudah mendukung, pastikan HP tersetting 4G LTE Only supaya jaringan tidak berubah-rubah ke 3G..

Trik setting indosat


#5. Aktifkan cache browser

 

Bukan hanya faktor operator, HP / perangkat sobat sendiri pun juga bisa jadi penyebab Internet Indosat lemot.
Salah satunya adalah cache browser..

Cache, kalau di komputer / HP berfungsi untuk menyimpan data-data yang telah diproses oleh sistem supaya sistem bisa mengingat dan tidak perlu memuat ulang kembali data-data yang telah di proses tersebut..

Nah, di browser sendiri cache berfungsi untuk menyimpan file seperti text, script, gambar dan sejenisnya, supaya sobat tidak perlu mendownload kembali file-file tersebut ketika sedang browsing..

Cache sendiri biasanya sudah langsung aktif, tapi di beberapa browser, ada opsi dimana fitur cache bisa mati.. Sobat bisa melihat di setelan browser yang sobat pakai, untuk melihat opsi cachenya.


#6. Pakai perangkat lain


Tiap perangkat, punya kapasitas masing-masing dalam menangkap sinyal dan kecepatan maksimum internet yang bisa diambil.. Ini juga berpengaruh terhadap kecepatan koneksi nantinya..

Contoh mudahnya.. HP 3G dan HP 4G.. Mana yang lebih cepat? Jelas HP 4G..

Nah, sobat bisa mencoba memakai perangkat lain, contohnya dengan menggunakan modem lain.. Tinggal pindahkan saja kartu Indosat yang sekarang ke modem tersebut.

Tapi kalau pakai HP lain, sobat juga bisa memakai mode tethering Hotspot. Kalau HP yang jadi tetheringnya kencang, otomatis HP yang di koneknya juga kencang..


#7. Pakai saat malam hari


Terakhir, sobat bisa mencoba internetan saat malam hari.

Di malam hari, trafik internet itu menipis.. Orang-orang sedang tidur.. Otomatis, jaringan jadi lebih leluasa..

Efeknya?

Sobat akan mendapat peningkatan kecepatan internet yang cukup drastis, bahkan bisa sampai berkali-kali lipat lebih cepat..

Termasuk kecepatan internet Indosat / Indosat Ooredoo, yang pastinya bakal meningkat jauh lebih kencang juga..

Tips ini cocok digunakan jika sobat sedang ingin mendownload file-file besar.


Penutup..


Demikian beberapa cara untuk mengatasi Indosat lambat lelet dan sejenisnya. Tips ini hanyalah tips umum yang saya tujukan untuk orang-orang yang masih awam HP / Smartphone..

Jika sobat punya cara lainnya, atau punya cara setting Indosat supaya cepat, saya harap sobat bisa menaruhnya di kotak komentar dibawah.. Kalau bagus, akan saya masukkan ke dalam artikel ini..

Sekian, semoga bermanfaat.

1 Komentar:

Write Komentar
Lilis Lusiani
author
6/25/2018

Makasih min, Indosatnya jadi lebih ngebut

Balas
avatar

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..