5 Cara Mengatasi Layar HP Android Blank Putih / Hitam Dan Penyebabnya

Layar blank hitam atau blank putih, adalah kondisi dimana HP Android tidak mengeluarkan gambar sama sekali. Biasanya masalah ini terjadi ketika HP sedang dipakai, baru dinyalakan, dah kalau sudah parah, bisa blank terus menerus.

Penyebab HP blank putih sendiri ada banyak sekali. Tapi yang paling sering terjadi adalah masalah hardware, terutama pada bagian touchscreen. Sedang penyebab rusaknya bisa karena terjatuh / terbanting, umur pemakaian, sampai HP terkena air.

Lalu bagaimana cara mengatasi HP layar hitam atau layar putih ini?


HP tidak keluar gambar

Walaupun penyebabnya rata-rata dari hardware, tapi nggak serta merta membuat sobat harus mengganti komponen dari yang rusak tersebut.

Karena ada beberapa penyebab lainnya.. Seperti sistem Android yang terlalu berat dan  cenderung tidak stabil, sistem yang corrupt, dan sejenisnya.

Dan bisa juga karena kesalahan flash / oprak-oprek, yang berakibat HP menjadi brick bahkan mati total.

Ada beberapa tips yang bisa sobat coba untuk mengatasi masalah ini, dan beberapa diantaranya, sangatlah mudah dilakukan. Memang tidak 100% bisa diperbaiki sendiri.. Tapi setidaknya, ada usaha dulu lah sedikit hehe..

Oke, berikut beberapa cara mengatasi HP blank putih / blank hitam di Android :


#1. Lepas kartu memori, SIM, dll...



Kalau HP sobat blank waktu baru menyala, mungkin sistem tidak terload. Untuk mengatasi ini, sobat bisa mencoba melepas kartu SIM, memori card, baterai, dan semua yang menempel pada HP (dan bisa dilepas)..

..Tunggu beberapa menit, kemudian coba nyalakan kembali. Fungsinya supaya error pada HP tereset dan sistem bisa di load lagi.

Selain untuk mengatasi masalah sistem tidak terload, cara ini juga efektif untuk mengatasi error dan bug dalam sistem.. Seperti aplikasi force close, sinyal hilang, hingga HP  yang tidak mau menyala.


#2. Clear cache / Factory reset


Cache atau error pada sistem, juga bisa jadi penyebab HP layar putih / layar hitam.. Bedanya, masalahnya terjadi ketika HP berhasil boot, tapi tidak bisa masuk ke sistem utama (Sistem UI).

Masalah ini terjadi bisa disebabkan karena memori (RAM) yang terlalu penuh, storage yang terlalu penuh hingga bug.. 

Nah, melakukan clear cache / factory reset, bisa jadi solusinya..

Untuk melakukan clear cache / reset HP, bisa dilakukan lewat mode recovery HP. Mode recovery ini bisa diakses dengan menekan tombol-tombol tertentu. Sobat bisa membaca cara masuk mode recovery semua HP berikut..

Kemudian, untuk melakukan reset cache saya belum buat tutornya (Sebenarnya ada, tapi ada di artikel tertentu).. Untuk factory reset, bisa dibaca disini..


#3. Re-Flash HP


Beda cerita kalau sobat tidak bisa masuk lagi ke sistem seperti diatas.. Bisa jadi sistem HP sobat sudah benar-benar rusak..

Bagaimana cara mengatasinya?

Sobat bisa melakukan reflashing HP. Flash HP, ditujukan untuk mengganti sistem yang lama dengan yang baru.. Dimana seluruh sistem lama akan terhapus dan ditimpa ulang..

Bagaimana cara flashnya?

Mudah sebenernya.. Tutorial-tutorial cara flash sudah bertebaran di Google. Yang perlu sobat lakukan tinggal mencari cara flash sesuai dengan merk dan tipe HP yang sobat gunakan (Jangan lupa sedetail-detailnya).



#4. Bongkar HP


Kalau 3 cara diatas belum bisa, berarti masalahnya memang ada di hardware. Sebelum ke service, kalau sobat berani, sobat bisa coba bongkar HP sobat..

Masalah layar blank sendiri biasanya ada di bagian touchscreen (Walau ga 100%)..

Untuk spesifiknya, bisa bermacam-macam. Di bagian dalam layar, juga bisa di bagian connector LCD..

Nah, sobat bisa mencoba membongkar HP disini, kemudian membersihkan part-part yang dikira-kira error tersebut dengan memakai kuas dan cairan-cairan tertentu..

Kenapa mesti dibersihkan? Karena kotoran menempel / debu memang bisa jadi penyebab HP ngeblank, juga bisa membuat layar jadi kedip-kedip..


#5. Service HP...


Terakhir, barulah kalau ga bisa sobat mesti mencoba service HP sobat..

Untuk harga perbaikannya saya kurang tahu.. Might ada diantara 300 - 700 ribuan, tergantung jenis, tipe HP, dan kelangkaan partnya.

Kalau sobat bisa, sobat bisa mencoba mengganti sendiri touchscreen HPnya.. Partnya bisa beli online di marketplace-marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak..

..Dengan catatan, resiko gagal dan rusak ditanggung sendiri..

Oh iya, kalau mau reparasi HP, ada baiknya langsung saja ke service center. Alasannya supaya part yang didapat terjamin, serta harga yang didapat bisa lebih murah. Apalagi kalau HP masih garansi.. Bisa jadi gratis.


Penutup...


Demikian beberapa tips tentang cara mengatasi layar HP blank putih, atau blank hitam.  Memang cara paling ampuhnya cuma dengan melakukan service / reparasi hardware.. Tapi tentu tidak berarti sobat mesti langsung buru-buru ke tempat service bukan?

Tips-tips diatas saya rangkum dan saya tambah dari beberapa web tertentu (Web luar) dengan hanya mengambil poin paling pentingnya saja, yang saya rasa bisa membantu..

Nah, itu saja, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..