Login WhatsApp Nomor Yang Tidak Aktif & Hilang | Bisakah? (Update 2019)

Login WA Nomor Tidak Aktif (Hilang) - Beberapa waktu lalu, Saya sempat lihat, beberapa orang bertanya tentang "Adakah cara Login Whatsapp dengan nomor yang sudah tidak aktif, nomor yang sudah hilang, atau nomor mati?"

Alasannya macam-macam.. Kebanyakan sih disebabkan karena di nomor WA tersebut, terdapat kontak-kontak penting yang belum sempat di backup.

Well, saya bisa maklum, repot juga kan, kalau nambah kontak satu-satu, apalagi kalau ada ratusan.


Cara login WA nomor hilang


Saya sendiri pernah mengalami hal ini, atau lebih tepatnya hal yang berhubungan dengan ini.

Nah, dari situ saya kepikiran untuk membagikan pengalaman tersebut, siapa tahu bisa sedikit bermanfaat untuk Anda..




Cara Login Whatsapp Dengan Nomor HP Yang Sudah Tidak Aktif (Bisakah?)

Masuk Akun WhatsApp Tanpa Verifikasi

Langsung saja ke intinya.. Sayang sekali, jawabannya tidak bisa.

Untuk melakukan Login Whatasapp, kita membutuhkan nomor yang dipakai sebelumnya untuk melakukan verifikasi supaya akun tersebut bisa dipakai.

Nah, Anda bisa bayangkan sendiri, Bagaimana cara verifikasinya kalau nomor HPnya saja tidak ada? Tentu tidak bisa.

Intinya, nomor lama tetap wajib ada.. Setidaknya sampai Anda bisa melakukan verifikasi melalui SMS yang masuk dari WA. Setelahnya bebas.

Jadi, kalau ada tutorial tentang cara login WA nomor lama yang tapi tidak aktif, kemungkinan besar tutorial tersebut pasti tidak sesuai dengan yang sedang Anda cari.




Apakah Ada Solusi Lain? Untuk Login WhatsApp Nomor Hilang? Tanpa Verifikasi?

Login WhatsApp Tanpa Verifikasi


Seperti yang saya bilang sebelumnya, kalau Anda mencari tutorial "Login WA Tanpa Verifikasi Karena Nomor Lama Hilang", kemungkinan tutorial tersebut nggak relevan dengan yang Anda cari.

Tapi disini bukan berarti nggak ada solusi. Kalau mau, Anda bisa  mencoba membuat kartu baru di gerai operator terdekat. Dengan catatan, nomor Anda masih belum begitu lama hilangnya (Kalau bisa dibawah seminggu).

Kenapa harus begitu? Karena ada peraturan, kalau kartu tidak aktif dalam jangka waktu tertentu,  maka operator berhak melakukan daur ulang nomor tersebut untuk dijual kembali.

Dan ketika sudah terjual, maka nomor tersebut akan berubah kepemilikan. Kalau sudah begini mau tidak mau Anda harus ganti kartu baru.

Maka dari itu, disarankan cepat-cepat pergi ke gerai kalau mau kartunya masih bisa diaktifkan.


Bagaimana Cara Pergi Ke Gerai Operator?


Ganti Kartu Ke Operator


Sebenarnya tidak susah. Caranya silakan /Search/ di Google, lokasi gerai operator terdekat (Sesuai dengan Provider yang Anda pakai). Atau bisa coba tanya orang lain yang pernah kesana.

Bawa kartu identitas (KTP) dan catat nomor lama, kemudian pergi kesana.

Setelah sampai, bilang ke CSnya, tunjukkan nomor lama, katakan kalau Anda ingin melakukan registrasi ulang nomor tersebut (Bisa bilang kartunya hilang).

Setelah Anda memperlihatkan KTP, nanti kartu tersebut akan dibuat ulang. Prosesnya sendiri cepat (Kalau dari pengalaman orang-orang, mungkin cuma 10 menit, tapi tergantung keramaian).

Oh ya, pembuatan kartu ini kadang gratis kadang bayar. Kalau bayar mungkin hanya dibawah <10 ribu rupiah. Tapi bawa saja uang secukupnya.

Kalau sudah, Anda tinggal pasang kartu tersebut, kemudian login kembali akun lama. Dijamin 100% bisa.


Kartu Saya Tidak Bisa Diaktifkan, Bagaimana Dengan Akun Lama Saya?

Akun Lama Pada WhatsApp

Kalau di Gerai Operator ternyata nomor Anda sudah ada yang pakai, pasti bingung kan dengan akun lama Anda? Misalnya seperti History, Foto, Video dan lain-lain yang ada di nomor tersebut.. Bukankah bahaya untuk privasi?

Untuk yang ini Anda seenggaknya bisa tenang. Saya sendiri pernah penasaran akan hal tersebut, kemudian mencarinya.

Pada halaman pusat bantuan WhatsApp, dijelaskan kalau nomor yang tidak aktif dalam jangka waktu 45 hari, maka otomatis akan direset. Jadi semua Data Chat, History, Foto, Video dan lain-lain semuanya akan hilang.

Khusus jika Anda ingin menyatakan kalau HP hilang (Dicuri misalnya), Anda bisa coba mengirimkan Email ke WhatsApp, agar akun lama dinonaktifkan.

Untuk caranya telah dijelaskan pada halaman Telepon Hilang di Website WhatsApp. Silakan cek disana.


Bagaimana Dengan Kontak Dari Nomor WhatsApp Yang Mati? Apa Bisa Dikembalikan? (Update 2019)


Kontak WA
500+ Kontak Tentu Bukan Hal Mudah Kalau Ditambah Lagi Satu-Satu


Sebenarnya bisa saja dikembalikan, bisa juga tidak. Tergantung dimana Anda menyimpan data Kontaknya.

Jadi gini, di HP Android itu tersedia 3 opsi penyimpanan data kontak. Di memori internal, di kartu SIM, dan di Email.

Dan ketiganya punya metode recover yang berbeda-beda.


Kartu SIM : Jika menyimpan data kontak didalamnya, dan Anda telah mendapatkan kembali kartu SIM yang mati / hilang tersebut (Lewat CS Provider), maka kontak WA akan otomatis kembali.

Memori Internal : Biasanya berbentuk File .VCF. Anda bisa mengembalikan Kontaknya kapan saja Anda mau. Caranya tinggal buka Aplikasi Kontak > Lalu pilih Import.

Email : Sama seperti memori internal.. Kalau data Kontak tersimpan di Email, Anda juga bisa mengembalikannya kapan saja. Caranya cukup masuk ke Setelan > Akun > Google > Lalu aktifkan fungsi Sinkronisasi disana.


Semoga jelas ya..


Sedikit Cerita...


Beberapa waktu lalu dosen saya juga menanyakan kalau dia ingin login akun WhatsAppnya (WAnya terlogout efek habis diperbaiki).

Singkat cerita, kemudian saya coba login WA tersebut dengan nomor yang beliau tulis di sebuah kertas. Tapi anehnya, ketika saya masukkan nomornya WA sama sekali tidak membalas kode verifikasi.

Padahal seperti yang Anda tahu, kita harus terlebih dahulu memasukkan kode tersebut sebelum bisa login. Saya pun bingung, lalu saya coba tanya :

  • "Pak, ini nomornya benar?" - Saya
  • "Iya bener"
  • "Tapi kok kode verifnya ga masuk-masuk?" - Saya
  • "Nggak tahu tuh saya juga" 


Masih bingung, lalu saya cek lagi, Eh ternyata.. Nomor yang ada di HP dengan nomor yang saya pakai untuk login WA berbeda.


Akibatnya ya jelas nomor verifikasinya gak masuk-masuk.. Ternyata beliau mau login WA dengan akun lama, tapi dengan kartu baru yang providernya sama karena kartu lamanya sudah hilang 😅

Nah, pembahasan diatas saya buat dari pengalaman ini. Beliau juga sudah mengikuti saran saya untuk pergi ke Gerai. Walau hasilnya gagal sih, karena sudah lama nggak diaktifkan kembali.

Tapi ada juga saudara saya yang pernah mengalami hal sama. Namun beda cerita, dia berhasil mengaktifkan nomornya dan login akun WAnya kembali (Kalau nggak salah waktu gara-gara HPnya hilang).

Kesimpulannya...

 

1. Anda tidak bisa melakukan login WA dengan nomor yang sudah tidak aktif atau hilang. Tapi beda cerita kalau Anda berhasil menemukan dan mengaktifkan nomor tersebut kembali.

2. Anda bisa pergi ke gerai operator terdekat untuk mengeceknya.. Jika bisa, jangan buang-buang waktu, dikhawatirkan ada orang lain yang ingin mendaftarkan nomor lama Anda.

3. Anda juga mesti ingat bahwa Anda diberi batas waktu selama 30 hari, agar data-data lama di akun Whatsapp tersebut tetap aman sekalipun sudah lama tidak aktif..

4. Kedepannya, agar lebih aman, saya sarankan juga supaya rajin melakukan backup akun Anda ke drive Whatsapp yang tersedia. Ini setidaknya bisa membuat beberapa data Anda jadi lebih aman.


Penutup...

 

Sekian sedikit informasi tentang cara login WA di nomor yang sudah hilang / nomor hangus / atau yang sudah tidak  aktif. Saya harap informasi ini setidaknya bisa sedikit membantu Anda yang barangkali bingung sedang mengalami masalah ini..

Ngomong-ngomong, jika Anda punya pengalaman dan berhasil mengaktifkan kembali akun lama Anda dengan nomor yang sudah hilang, saya akan sangat berterima kasih kalau Anda membagikan pengalaman tersebut di kotak komentar dibawah..

Karena saya yakin, banyak orang lain yang juga punya masalah yang sama dengan Anda, bisa terbantu dengan pengalaman Anda.

Jika ada pertanyaan, Anda boleh mengirimnya lewat kotak komentar dibawah.

Semoga artikelnya bermanfaat.