2 Cara Mengatasi Start Menu / Taskbar Hilang Di Windows (Semua versi)

Cara mengatasi start menu hilang / taskbar hilang di semua versi Windows - Start Menu atau Taskbar, merupakan fitur penting dari Windows yang sudah ada sejak jaman Windows lama. Para pengguna Windows juga kebanyakan sudah terlanjur 'menyukai' taskbar ini.. Terbukti, saat perilisan Windows 8 yang taskbarnya sempat hilang, banyak pengguna yang protes agar taskbarnnya dikembalikan.

Taskbar / Start Menu sendiri memiliki fungsi utama sebagai 'Navigasi' untuk mempermudah penggunaan Windows. Seperti mencari shortcut aplikasi, hingga mencari fitur tertentu pada Windows.

Taskbar ini erat sekali kaitannya dengan Windows Explorer, dan mungkin bisa dibilang sudah 'satu paket'. Nah, tapi di artikel saya sebelumnya yang berjudul cara mengatasi Windows Explorer has stopped working,  saya membahas penyebab serta kerusakan yang ditimbulkan akibat Windows explorer yang force close..

Dan salah satu akibat dari kerusakan tersebut, adalah taskbar menghilang..


taskbar tidak muncul

Taskbar atau start menu menghilang, sudah pasti bakal bikin repot kan? Kita yang biasanya menggunakan fitur tersebut jadi harus membuka aplikasi tertentu secara manual yang tentunya bakal lebih memakan waktu.

Start menu atau taskbar yang hilang ini juga kadang bisa terjadi saat Windows baru startup.. Biasanya ditandai dengan Icon Windows yang tidak tampil, dan Windows hanya menampilkan background polos saja..

Nah, disini saya ingin membahas cara mengatasi taskbar atau start menu yang hilang tersebut, supaya balik lagi dan normal kembali. Cara berikut dijamin work karena saya sendiri sering memakainya..

Langsung saja, berikut caranya :


#1. Cara mengatasi Start Menu atau taskbar yang menghilang


1. Buka task manager. Caranya tekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan.

2. Saat task manager sudah terbuka, klik file lalu klik run new task..

Task manager


3. Ketikkan "Explorer.exe", kemudian klik OK.

Explorer.exe


4. Taskbar / start menu yang hilang jadi muncul kembali..


Cara diatas adalah cara untuk memunculkan explorer.exe yang menghilang secara manual. Kalau di poin nomor 3 explorer.exe tidak terbuka, sobat bisa mencarinya secara manual melalui C:\Windows\ lalu buka explorer.exe


#2. Cara mengatasi start menu atau taskbar yang rusak (Windows 10)


1. Buka Control Panel.. 

2. Pergi ke Appearance and personalization

3. Lalu buka taskbar navigation


start menu rusak

4. Hilangkan centang Autohide taskbar dan ubah taskbar location menjadi bottom

Start menu rusak


5. Selesai


Kadang, ada juga masalah taskbar / start menu hilang akibat ter-hide dan tidak bisa muncul lagi. Nah, dengan cara diatas, fungsi taskbar autohide tadi akan dinonaktifkan, sehingga taskbar yang hilang akan muncul kembali.


Penutup...


Demikian, tutorial singkat cara mengatasi taskbar atau start menu tidak ada. Tutorial ini saya buat sebagai pelengkap artikel sebelumnya (Yang saya bagikan diatas).. Karena kebetulan, saya hanya membahas tips-tips pencegahan, bukan cara mengatasinya.

Nah, semoga dengan tutor ini, masalah start menu yang sobat alami jadi normal lagi.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..