3 Cara Melacak No HP Hilang (Mudah, Cepat, Tepat!)

Melacak nomor HP, adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan sekarang. Apalagi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti HP hilang, bisa menimpa banyak orang.. Termasuk saya juga tentu saja tidak luput.

Di Google sendiri ada cukup banyak situs yang membahas cara melacak no HP lewat internet, yang didalamnya ada beberapa cara dan metode..

..Dimana tiap metodenya berbeda-beda, dan memiliki efektivitas yang berbeda-beda juga.

Entah apakah cara tersebut Work, atau tidak.. Tapi cara mencari nomor HP yang hilang masih tetap dibutuhkan. Setidaknya supaya ada sedikit usaha.

Cara melacak nomor HP lewat internet


Sebelumnya, perlu Anda ketahui, sekarang ini rata-rata hampir seluruh HP Android punya fitur GPS. Fitur GPS ini adalah fitur HP untuk mengaktifkan lokasi, yang berfungsi untuk mendeteksi dimana posisi HP tersebut, dan juga bisa melihat lokasi-lokasi tertentu.

Walau tanpa GPS HP masih bisa dilihat / dideteksi posisinya, namun tidak seakurat dengan HP yang ada fitur GPS.

Beda hal jika melacaknya lewat no HP.. Beberapa sumber mengatakan melacak nomor HP beda dengan melacak HP lewat GPS. Mereka bilang bahwa melacak HP yang hilang lewat nomor telepon tidak mempengaruhi, apakah HP tersebut ada GPSnya atau tidak.


Adapula yang bilang bahwa HP bisa dilacak lewat no IMEI. Ini juga katanya betul, namun hanya work jika kita telah mendapatkan persetujuan dari pihak tertentu. Saya sendiri tidak tahu detailnya.

Di artikel sebelumnya, saya sendiri pernah membahas cara melacak HP dengan cara yang sudah saya tes dan work. Tapi cara tersebut, saya tidak membahas cara lacak dengan nomor HP.

Nah, disini saya ingin membahas hal tersebut.. Yakni cara melacak no hp lewat internet, sekaligus membahas apakah cara tersebut work atau tidak.. Real time tes gitulah istilahnya.

Oke.. Berikut pembahasannya :


#1. Lewat HLR Lookup


Cara pertama adalah lewat HLR Lookup. HLR Lookup ini adalah cara lacak HP yang paling sering dibahas oleh blog maupun website yang membahas topik sejenis.

Klaim mereka bilang bahwa Kode HLR ini bisa untuk mencari nomor HP, posisi dan lokasi HP tersebut berada. Tapi benarkah? Ayo coba :

1. Pertama, silakan buka terlebih dahulu situs pencarian kode HLR. Untuk situs HLR Indonesia, yang paling direkomendasikan adalah www.ceebydith.com/cek-hlr-lokasi-hp.html

2. Kemudian Anda akan menemukan sebuah kolom pencarian. Silakan masukkan nomor HP Anda.

Cara menemukan HP hilang


3. Klik cari..

4. Kemudian akan muncul, informasi HLR dari nomor tersebut.

cara melacak no hp lewat map



Kesimpulan yang saya dapat : Apakah pencarian kode HLR ini bisa digunakan untuk melacak no HP? Jawabannya tidak. Kode HLR adalah sebuah fungsi, untuk menandakan sebuah kode wilayah / kode area. Kode ini masuk ke dalam salah satu nomor pada provider.

Tapi, untuk beberapa situasi mungkin kode HLR bisa digunakan sebagai gambaran jika ada nomor HP tidak dikenal masuk kedalam HP kita. Karena dengan ini, setidaknya kita bisa dapat gambaran darimana asal nomor tersebut sehingga kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, untuk mencari situs melacak no HP, Anda harus berhati-hati, karena tidak semua situs benar-benar punya fungsi untuk melacak.

Saya pernah tes beberapa situs yang tersebar di internet, situs tersebut sama sekali bukan situs melacak no HP, melainkan hanya situs iseng. Padahal situsnya direkomendasikan oleh website luar negeri lho, bahkan sebuah forum besar.





#2. Melalui aplikasi Android


Di Android, ada banyak sekali aplikasi-aplikasi pelacak nomor HP yang mengklaim bahwa bisa mencari lokasi dari HP yang hilang. Aplikasi-aplikasi ini juga banyak direkomendasikan oleh website-website.

Pertanyaannya, apakah bisa? Tentu bisa.. Salah satunya dengan


Memakai Aplikasi Zenly :


Zenly, adalah aplikasi yang saya sendiri baru tahu baru-baru ini, ketika sedang menonton video-video di Youtube. Aplikasi ini adalah semacam aplikasi media sosial yang punya gaya berbeda.. Dimana kita bisa melihat aktivitas-aktivitas teman-teman kita melalui sebuah map, atau bisa dibilang sejenis aplikasi sharing lokasi.

Nah, karena fiturnya inilah, Zenly bisa juga dibilang sebagai aplikasi pelacak nomor HP yang bisa diandalkan, karena zenly juga mendukung berbagai platform. Jadi tidak terbatas untuk 1 tipe perangkat saja.

Untuk cara menggunakannya mudah. Cukup download dan install Zenly >> Lakukan pendaftaran dengan verifikasi nomor HP >> Anda sudah bisa menggunakan Zenly.

Cara lacak no HP tanpa aplikasi

Cara cari HP hilang



Kesimpulan yang saya dapat :

Hingga saat ini saya belum menemukan aplikasi-aplikasi pelacak no HP yang akurat, terutama untuk lacak no HP hilang di Android. Anda bisa mencarinya di Playstore, ada banyak sekali aplikasi-aplikasi semacam ini..

Namun, ketika saya coba, bukanlah fungsinya yang saya dapat, melainkan hanya kumpulan iklan. Adapula yang berfungsi, tapi lokasinya sangat berbeda jauh dengan posisi asli. Misal, saya dirumah, dan aplikasi yang saya tes tersebut menampilkan bahwa saya berada di gunung..

Juga, Beberapa bahkan tidak berfungsi sama sekali, atau hanya menampilkan sebuah gambar diam, atau macet-macet.

Gak percaya? Silakan Anda cek dan lihat ulasan-ulasan dari para pengguna Android yang sudah mengetes sebelumnya.

Ulasan


Nah, walau begitu, tentu tidak semua aplikasi pelacak nomor HP semuanya jelek. Karena masih banyak aplikasi yang belum saya tes.. Beberapa diantaranya pasti ada yang bagus dan berfungsi secara nyata. Contohnya seperti Zenly tadi, atau aplikasi bernama Life360.

Anda bisa coba mengetesnya langsung satu persatu.


#3. Lewat Google Find My Device


Android device manager, adalah sebuah aplikasi.. Atau bisa dbilang sebuah layanan Google yang didesain khusus untuk melacak HP Android yang hilang. Android Device Manager atau biasa juga disebut sebagai Find My Device ini adalah aplikasi yang paling sering dipakai oleh orang-orang yang mengalami kehilangan HP.

Aplikasi ini juga sudah banyak direkomendasikan oleh ratusan ribu website, bahkan mungkin lebih.. Tidak heran, mengingat ini adalah aplikasi yang Google sendiri keluarkan.


Cara melacak HP lewat Google find my device ini sangat mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah email HP yang terhubung ke HP yang hilang tersebut.

Cara ini juga sudah saya bahas di artikel cara melacak no HP yang hilang, tapi tidak ada salahnya saya bahas kembali disini.

Caranya :


1. Pertama, buka situs https://www.google.com/android/find.. Atau Anda juga bisa membukanya melalui aplikasi Android, dengan kata kunci Google Find My Device.

2. Lakukan login dengan email yang hilang tadi..

3. Maka HP Anda akan terdeteksi lokasinya. Contohnya seperti berikut ini :



Syarat untuk menggunakan fitur find my device ini ada 2. Yang pertama adalah HP yang hilang sudah terlogin gmail. Tapi saya kira tidak masalah, mengingat HP Android didalamnya pasti sudah terlogin gmail.

Yang kedua, Android yang ingin dilacak, fitur GPSnya harus masih menyala. Karena seperti yang saya jelaskan tadi, GPS ini memiliki fungsi untuk melakukan pelacakan HP dengan mengetahui dimana posisi HP tersebut.

Jika Anda tidak menyalakannya, maka HP yang ingin dilacak tadi kemungkinan tidak bisa dilacak.


Kesimpulan yang saya dapat : Melacak HP lewat Google Find My Device bisa dibilang work karena terintegrasi langsung dengan Google. Lewat map, kita bisa mengetahui posisi HP yang ingin dilacak secara akurat. Saya sendiri sudah mengetesnya beberapa kali, dan semuanya memuaskan.

Nah, saya memasukkan cara ini, mengingat karena ketepatannya yang akurat dan benar-benar work. Sekalipun tidak memakai no HP, saya pikir menggunakan Find My Device cukup patut dipertimbangkan.

Selain itu, lewat fitur ini, Anda juga bisa mendapat beberapa opsi pada Find My Device, seperti berikut :

Cara mencari no HP


Pada opsinya, terdapat fitur putar suara. Fitur ini berfungsi untuk menyalakan nada dering pada HP dalam volume tinggi. Fitur ini cocok untuk mengidentifikasi HP ketika Anda berhasil menemukannya.

Yang kedua, terdapat fitur kunci perangkat yang sesuai namanya, berfungsi untuk mengunci HP agar tidak bisa diakses, dan Anda masih tetap bisa mencari HP tersebut.

Yang ketiga, terdapat fitur hapus data, untuk menjaga privasi Anda supaya tetap aman, dan tidak disalahgunakan oleh orang yang barangkali menemukan HP Anda.


Kesimpulan....


Mungkin hanya 3 cara diataslah yang saya beri tahukan. Sebenarnya masih ada beberapa cara yang banyak dibahas oleh website lain. Namun tidak saya tulis, karena saya sendiri belum mengetesnya..

Contohnya seperti menggunakan kode SMS yang dikirimkan ke operator. Cara ini katanya work, tapi dari hasil penelusuran saya, cara yang dibuat sudah bertahun-tahun lalu, sehingga khawatirnya sudah tidak relevan di tahun 2018 ini.

Untuk cara lainnya masuk kedalam kesimpulan yang saya tulis diatas. Rata-rata membahas website-website pelacak lain, dan aplikasi pelacak lain, yang beberapa saya tes juga tidak work.

Nah, 3 cara diatas sudah saya tes sendiri dan work. Anda bisa mengetesnya sendiri kalau tidak percaya. Untuk masalah kepraktisan memang kurang, namun saya harap Anda bisa memakluminya.


Penutup...


Demikian, sedikit pembahasan tentang cara melacak nomor HP pada Android. Membaca dari awal sampai habis, melacak no HP itu sulit dilakukan, karena hanya ada beberapa cara saja yang benar-benar work dan terbukti.

Selain 3 cara diatas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk melaporkan HP Anda yang hilang ke pihak berwajib, untuk segera diproses. Mungkin HP Anda bisa ditemukan kembali.


Untuk kedepannya, jika Anda punya HP, saya sarankan untuk selalu menyalakan mode GPS, selalu menyalakan data seluler, dan selalu mengunci HP Anda. 

Ini penting sekali.. Karena 3 syarat ini adalah mutlak, setidaknya untuk saat ini untuk mengetahui posisi dari sebuah HP. Setidaknya untuk 'saat ini'.

Nah, sekian.. Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..