Arti COD Dalam Jual Beli Online, Pengertian dan Contohnya LENGKAP

Arti COD - Transaksi jual beli online, sekarang ini sangat digemari oleh banyak orang. Perkembangan teknologi yang terus meningkat, ditambah dukungan-dukungan dari pihak tertentu, membuat aktivitas jual beli online menjadi kian populer.

Hal ini bisa kita lihat, dengan semakin banyaknya situs-situs marketplace dan toko online, seperti bukalapak, tokopedia, olx dan lain-lain.

Seiring populernya suatu aktivitas tertentu, biasanya akan tercipta pula suatu istilah-istilah khusus pada aktivitas tersebut. Mungkin Anda pernah mendengar, istilah PM? Reseller? Dropshipper atau yang lainnya? Ya, ini termasuk ke dalam istilah jual beli online.

Dan kalau bicara soal istilah-istilah tadi, Anda pasti pernah mendengat istilah COD setidaknya 1 atau beberapa kali ketika Anda memasuki sebuah forum jual beli, situs toko online atau marketplace.

Lantas, apa itu COD? Arti COD? Pengertian COD? dan manfaat COD dalam transaksi jual beli online?

Apa itu COD


Istilah COD.. Saya sendiri sudah cukup lama mendengarnya. Saya sudah kenal lumayan lama internet, namun dulu belum begitu familiar dengan transaksi-transaksi jual beli online (Karena dulu belum begitu populer)..

Biasanya, kata COD ini bisa ditemukan di situs manapun, yang masih didalamnya masih ada konteks jual beli. Penggunaan kata COD ini juga termasuk universal.. Jadi tidak terikat seperti istilah-istilah tertentu yang hanya bisa digunakan di forum tertentu saja.


Nah, pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang istilah COD, untuk Anda yang mungkin penasaran apa sih itu COD, artinya, serta apa sih kepanjangannya..

Langsung saja, berikut pembahasannya :


Arti COD

 

COD merupakan singkatan dari Cash On Delivery. COD sendiri bisa diartikan sebagai 'bayar ditempat' atau 'ketemuan'. COD merupakan metode pembelian dimana kita bisa melihat barang secara langsung, mengecek barang secara langsung, dan bayar secara langsung kepada penjual (Sesuai namanya).

Perlu diketahui, penggunaan metode COD dalam metode pembelian ini hanya berlaku jika kedua belah pihak sepakat dan bisa pergi ke tempat yang telah ditentukan.

Termasuk melakukan transaksi di kediaman seller maupun buyer, juga termasuk kedalam hitungan.

tips aman cod


Metode COD ini paling sering digunakan untuk seller dan buyer yang masih 1 regional, atau setidaknya salah satu pihak berada atau bisa pergi ke tempat yang ditentukan sebelumnya. 

Misal, area COD seller berada di Jakarta.. Sedangkan buyer berada di Bandung, maka transaksi menggunakan metode COD tidak bisa terjadi kecuali pihak tertentu masih menyanggupi.


Contoh COD 


Saya sedang mencari-cari sepatu, dan waktu saya lihat forum jual beli, ada sepasang sepatu yang cocok dan saya sangat tertarik untuk membelinya.

Kemudian saya lanjut melakukan PM kepada seller, untuk memastikan stok, serta harga yang dipatok untuk sepatu tersebut.

Setelah berdiskusi soal harga barang (nego), saya meminta metode COD untuk mengecek apakah sepatu tersebut pas di kaki saya atau tidak. Sellerpun menyanggupi karena kebetulan masih satu daerah.

Kemudian, setelah memutuskan lokasi dan waktu COD, saya pun pergi menemui selller untuk melakukan transaksi.

Di tempat tersebut, saya bertemu seller yang telah membawa barang yang saya inginkan. Disana saya melakukan pengecekan, serta memastikan bahwa sepatu tersebut cocok dengan ukuran kaki saya.

Nah, setelah saya puas dengan barangnya, saya pun deal dan membayarkan sejumlah uang seperti yang telah didiskusikan sebelumnya.

Transaksi pun selesai.

Manfaat COD


Nah, perlu diketahui juga, beberapa seller kadang mematok Ongkir (Ongkos Kirim) atau istilahnya uang bensin. Dan biasanya kalau jarak yang seller tempuh cukup jauh, ongkir yang harus dibayar jadi lebih mahal.

Tapi balik lagi ke kesepakatan sebelum COD ya. Anda mungkin bisa nego untuk mengurangi jumlah ongkir, atau bahkan mendapat gratis ongkir.



Manfaat COD

 

COD memiliki berbagai macam manfaat yang tentu saja perlu dipertimbangkan ketika kita sedang bertransaksi online. Diantaranya :

Kenapa COD


Lebih aman

Seperti yang saya bilang tadi.. Dengan metode COD, kita bisa menemui penjual / seller melalui tempat yang telah disepakati sebelumnya. Pada proses transaksi kita bisa melihat serta mengecek barang terlebih dahulu, untuk mengurangi resiko-resiko seperti kerusakan barang yang mungkin saja terjadi.

Anda bisa membatalkan transaksi tersebut apabila Anda merasa tidak puas dengan barang yang dijual. Dengan catatan, etika dengan seller tetap dijaga. 


Siapa saja bisa memakai metode ini

Menggunakan metode COD, itu artinya uang yang akan kita bayar secara cash. Beda dengan metode-metode pembelian tertentu, yang mana kita harus memiliki kartu tertentu.


Menambah reputasi

Karena bertemu langsung dengan buyer, kita bisa membangun reputasi yang tentunya sangat penting dalam perkembangan bisnis online yang sedang dijalani. Bahkan malah bukan tidak mungkin, buyer tersebut akan loyal terhadap Anda, dan mungkin bisa menjadi teman Anda.


Tidak sulit

Seperti yang dijelaskan pada contoh sebelumnya, inti dari COD itu hanya ada 4. Diskusi >> Memutuskan waktu COD >> COD dan cek barang >> Deal dan transaksi pun selesai.

Jadi bisa saya bilang bahwa COD ini cukup simpel.


Tips saat melakukan COD

 

Melakukan COD bukan berarti selalu aman. Apalagi jika orang yang ingin kita temui belum kita kenal sebelumnya. Ada beberapa tips sebelum melakukan COD, supaya Anda tetap nyaman dan aman saat sedang melakukan pembelian. Nah berikut tipsnya :


Berpakaian rapi :

Saat COD, akan lebih baik jika Anda berpakaian rapi supaya Anda punya kesan baik dihadapan seller / buyer. Saya pribadi selalu bersiap-siap terlebih dahulu setidaknya 15 menit sebelum berangkat COD supaya tidak repot dan on-time.


Pilih tempat yang ramai :

Jangan COD di tempat-tempat yang sepi. Pilihlah tempat-tempat ramai untuk meminimalisir resiko negatif yang mungkin saja terjadi. Tempat yang aman contohnya : di parkiran minimarket, tempat restoran, mall dan sebagainya.


Bawa teman :

Kalau mau tambah aman, ada baiknya Anda COD dengan membawa teman, kerabat atau keluarga. Saya rekomendasikan ini, terutama jika Anda seorang wanita.   


Bawa uang pas :

Kebanyakan seller memang membawa uang kembalian saat COD, namun akan lebih baik jika Anda sebagai buyer membawa uang pas untuk mempercepat transaksi serta berjaga-jaga apabila seller tidak ada kembalian.


Perhatikan kendaraan dan barang lainnya :

Jangan sampai lupa mengunci kendaraan apabila ditinggalkan. Pastikan Anda selalu waspada dengan kemungkinan negatif apapun yang terjadi. Ini salah satu alasan kenapa COD  perlu dilakukan di tempat yang aman.


Berbasa-basi :

Kalau yang ini tergantung orangnya. Tapi saya sendiri tipe yang suka ngobrol-ngobrol dengan seller, setidaknya menanyakan asal daerah atau menanyakan kondisi lalu lintas. Tapi kembali ke masing-masing.


Penutup...

 

Mungkin itu saja, beberapa hal yang perlu diketahui untuk menjawab pertanyaan tentang arti COD dan pertanyaan 'Apa itu COD'. Mungkin masih ada lagi pembahasan yang lebih luas mengenai COD, namun disini saya hanya membahas secara garis besarnya saja.

Sekali lagi, saya ingatkan Anda perlu memperhatikan keamanan pada saat COD. Ingat-ingat poin tips COD yang saya tulis diatas, supaya Anda terhindar dari kemungkinan-kemungkinan negatif yang tidak Anda inginkan.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..