4 Cara Backup Kontak HP Xiaomi (100% Berhasil)

Cara backup kontak / export - Import kontak HP Xiaomi - Untuk mendapatkan kontak seseorang, biasanya kita harus memintanya secara manual kepada orang tersebut, atau kenalan dari orang tersebut. Dan seiring berjalannya waktu, kontak-kontak di HP pun akan semakin bertambah banyak.

Tapi pernahkah Anda terbayang, kontak-kontak yang sudah Anda simpan itu hilang? Parahnya, bahkan jika kontak yang tersimpan sudah ada ratusan, bahkan ribuan. Pasti akan sangat merepotkan, untuk meminta kembali seluruhnya ke orang-orang terkait.

Tentu tidak mau bukan mendapatkan kejadian seperti itu? Untuk itulah, disarankan agar selalu menjaga kontak HP Anda supaya tidak hilang.

Contohnya Seperti cara backup kontak Xiaomi yang ingin saya bahas berikut...

Cara export import kontak xiaomi


Sebenarnya, fitur backup kontak adalah sebuah fitur yang pada dasarnya ada di semua jenis, merk, dan tipe HP Android. Misal, Samsung, Lenovo, Oppo dan lain-lain.

Nah, termasuk HP Xiaomi.. Di HP Xiaomi juga tentu ada fasilitas backup kontak untuk keamanan HP jika suatu ketika kontak tidak sengaja terhapus, atau Anda mengalami kejadian lain yang tidak Anda inginkan.

Untuk fasilitas backupnya sendiri pada dasarnya ada 2. Yakni backup ke SIM, dan penyimpanan. Bedanya, untuk backup penyimpanan, kontak akan disimpan dalam sebuah format file, bernama .VCF.

Sedangkan backup lewat SIM, kontak otomatis akan tersimpan di kartu SIM, namun ada batasan maksimal dari jumlah kontak yang bisa disimpan (Saya kurang tahu jumlah maksimlanya). Nah, supaya gak bingung, mending langsung kita bahas, cara simpan kontak Xiaomi supaya gak hilang.

Cara yang akan saya bahas ini ada beberapa metode, supaya Anda bisa memilih metode mana yang Anda suka.

Berikut ulasannya :


#1. Cara Backup Kontak Xiaomi 

 

Cara pertama, Anda bisa melakukan pembackupan melalui Settings. Metode backup lewat settings ini merupakan metode dasar, yang bisa dilakukan untuk membackup beragam file yang tersimpan di Android.

Di HP Xiaomi fitur ini juga ada. Anda bisa membackup kontak di HP Xiaomi Anda menggunakan metode ini.. Caranya :

1. Pertama, buka Settings terlebih dahulu.

2. Kemudian, pergi ke Setelan Tambahan (Additional settings) lalu pergi lagi ke Cadangkan dan setel ulang (backup & reset).

Setelan


backup and reset

3. Selanjutnya pilih Cadangan lokal (local backup).

Cadangkan kontak


4.Pegi ke bagian system >> Silakan pilih file apa yang ingin Anda backup >> lalu klik OK. Lalu Klik tombol Backup dan tunggu proses backupnya hingga selesai.

Backup kontak xiaomi

Proses backup xiaomi


Langkah selanjutnya, silakan cari file hasil backup di memori internal Anda. Hasil backupnya berbentuk folder.

Posisinya ada di MIUI >> Backup >> All Backup >> Anda akan melihat folder hasil backupnya disini.

Nah, silakan pindahkan / copy folder tersebut ke kartu memori atau PC / Laptop Anda. Atau supaya lebih aman, Anda bisa menggunakan penyimpanan cloud (Cloud Storage). Caranya, jadikan terlebih dahulu folder tersebut menjadi rar atau zip, kemudian upload.



#2. Cara Restore Hasil Backupan Kontak HP Xiaomi

 

Sekarang, kontak yang Anda backup / cadangkan tadi sudah tersimpan ke HP Anda. Selanjutnya, adalah untuk mengetahui, bagaimana cara untuk me-restore / mengembalikan hasil backup kontak tersebut, saat barangkali tidak sengaja terhapus.

Caranya :


1. Pertama, silakan pindahkan terlebih dahulu folder hasil backup yang sudah terpindah tadi ke penyimpanan >> MIUI >> Backup >> All Backup.. (Kalau tidak ada, bisa buat sendiri).

2. Selanjutnya, buka settings.

3. Kemudian, pergi ke Setelan Tambahan (Additional settings) lalu pergi lagi ke Cadangkan dan setel ulang (backup & reset).

4. Silakan klik hasil backupan data yang terdeteksi.

5. Lalu klik Pulihkan.

Cara restore kontak


Nah, otomatis kontak yang hilang akan pulih kembali. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir apabila kontak Anda tiiba-tiba hilang.
Restore kontak hilang hp xiaomi



#3. Cara Export Kontak Xiaomi 

 

Untuk cara nomor 2 ini sebenarnya tidak beda jauh dengan cara yang pertama. Bedanya, cara pertama adalah cara backup kontak Xiaomi melalui sistem. Sedangkan backup yang ini, adalah cara backup melalui Export VCF dan Kartu SIM seperti yang saya bilang diatas.

Caranya :

1. Pertama, pergi ke Settings..

2. Geser kebawah, lalu pergi ke aplikasi sistem.

Aplikasi setelan

3. Kemudian klik aplikasi kontak.

Backup kontak


4. Klik pada opsi Impor/Expor Kontak.


restore kontak impor kontak


5. Anda akan melihat beberapa opsi backup disini.. Pertama, Anda bisa menyimpan kontak ke kartu SIM.. Klik Expor ke kartu SIM.


export kontak xiaomi


6.Yang kedua, Anda bisa mengekspornya dalam bentuk VCF. Klik opsi Expor ke penyimpanan kemudian klik OK.

Export kontak


Saya pribadi lebih merekomendasikan untuk mengekspornya melalui file VCF. Alasannya, file VCF ini memiliki daya tampung kontak yang tinggi (Pengalaman bisa lebih dari 1000 kontak), dan universal. Anda bisa mengimpornya melalui HP lain.

Nah, untuk hasil backup melalui system, saya rekomendasikan untuk menyimpannya ke penyimpanan cloud. Tapi, untuk hasil backup file format .VCF, saya sarankan untuk menyimpannya ke akun gmail Anda.

Alasannya, karena melalui akun gmail Anda tidak perlu mengimpor apapun lagi. Ketika data kontak tersimpan di Gmail, secara otomatis aplikasi kontak akan tersinkronisasi dengan akun Gmail tersebut, dan daftar kontak otomatis akan muncul.

Untuk cara menyimpan data VCF ke akun Gmail, akan agak lama kalau dibahas disini. Anda bisa membacanya di salah satu artikel lama saya di Cara Menyelamatkan Kontak di HP Bootloop (Tulisannya agak kacau, karena saya masih belajar nulis waktu itu hehe)..

#4. Cara Import Kontak Hasil Export HP  Xiaomi

 

Pembahasan terakhir, adalah cara untuk mengimpor kontak hasil backup tadi, ke HP Xiaomi Anda. Caranya sangat mudah, karena masih satu bagian dengan poin sebelumnya.

Langsung saja :

1. Pergi ke Settings..

2. Geser kebawah, lalu pergi ke aplikasi sistem.

3. Kemudian klik aplikasi kontak.

4. Silakan pilih opsi Impor dari kartu SIM (1/2) atau pilih opsi Impor dari penyimpanan.

5. Khusus jika Anda memilih opsi impor dari penyimpanan, silakan pilih telepon jika terdapat notifikasi konfirmasi. 

6. Tunggu proses pencarian data .VCF. Jika sudah ketemu, klik Oke saja.


Penutup...

 

Nah, demikian.. Mudah bukan cara backup kontak Xiaomi? Begitu pula dengan cara import kontak dan export kontak di HP Xiaomi.

Tutorial ini sengaja saya buat selengkap mungkin, serta sedetail mungkin dengan menggabungkan 4 metode diatas.. Agar semuanya jelas.

Tutorial ini saya buat di HP Xiaomi Redmi 5A dengan System MIUI Global versi 9.1. Untuk versi lainnya, tidak masalah kok.. Hampir sama, bahkan sama stepnya dengan tutorial diatas.

Sekian, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..