5 Cara Cek IMEI Xiaomi Paling Cepat (Hanya 15 detik) Lengkap

Cara Cek IMEI Xiaomi - Brand Xiaomi, merupakan satu dari beberapa brand HP kelas dunia yang sangat banyak dipakai orang-orang. HP ini terkenal dengan harganya yang terjangkau namun memiliki spesifikasi diatas rata-rata, dan cocok untuk berbagai kalangan.

Seluruh HP Xiaomi juga tentu saja memiliki nomor IMEI. Nomor IMEI ini berfungsi sebagai identitas sebuah HP, yang digunakan untuk beragam hal. Salah satunya untuk deteksi identitas HP sampai melacak HP.

Lalu bagaimana sih, cara mengecek IMEI Xiaomi?

Cara cek IMEI HP Xiaomi


Cara melihat IMEI HP Xiaomi, sebenarnya sangatlah mudah. Karena rata-rata HP Xiaomi sendiri punya cara yang sama untuk melihatnya.

Mengetahui nomor IMEI, juga bermanfaat untuk berbagai hal. Selain bisa melacak no HP seperti yang saya bilang sebelumnya, melalui nomor IMEI kita juga bisa mengetahui HP Xiaomi yang digunakan asli atau palsu.

Namun, buat sobat yang masih awam, terutama buat yang baru beli HP Xiaomi, pasti belum tahu cara mengecek nomor IMEI Xiaomi bukan?

Karena itulah disini saya ingin membuat tutorial tersebut, tapi dikhususkan untuk HP Xiaomi saja. Mengingat kalau dibuat universal malah bakal jadi bingung.


Tutorial ini saya buat memakai HP Xiaomi Redmi 5A. HP Mainstream dengan jumlah pemakainya yang sangat banyak.

Nah, berikut tutorialnya :


#1. Cek melalui body HP


Saat baru beli HP Xiaomi, sobat akan mendapati beberapa stiker-stiker yang menempel pada bagian belakang body HP tersebut. Stiker-stiker ini menampilkan sedikit informasi tentang HP, salah satunya adalah stiker informasi IMEI.

Silakan cek IMEI melalui stiker tersebut, lalu catat, atau difoto juga bisa.

Cara lihat imei xiaomi


Nah, kalau tidak ada, sobat juga bisa cek melalui bagian dalam body HP. Buka casing belakang HP, cabut baterai dan lihat, biasanya ada stiker IMEI menempel disitu juga.

Kalau tidak ada, lanjut cek dengan cara berikut :


#2. Cek IMEI Xiaomi melalui dus HP


Waktu beli HP, pastilah sobat akan mendapatkan dusbook. Banyak yang berpikir bahwa dus HP tidaklah berguna, yang dibuang juga tidak apa-apa, padahal ini salah.

Di dus HP, terdapat beragam macam informasi singkat tentang HP yang mungkin kita butuhkan suatu saat. Bahkan, adanya dus HP akan membuat nilai harga HP tidak jatuh saat ingin dijual kembali.

Dan seperti judul poin ini, mengecek IMEI Xiaomi juga bisa dilakukan melalui dus HP. Silakan cari dan cek IMEI melalui dus tersebut. Biasanya berbentuk seperti barcode.

Melihat imei xiaomi


#3. Melihat IMEI Xiaomi melalui settings


Dus HP hilang? Stiker di body gak ada? Sobat juga bisa mengecek langsung IMEI melalui setelan di HP Xiaomi.

Di setelan, selain bisa mengatur berbagai macam hal, juga terdapat informasi-informasi HP, dan bisa didapat secara detil.

Informasi-informasi ini diantaranya seperti total RAM, memori internal, kekuatan sinyal, bahkan versi kernel dan nomor seri HP pun tercatat di setelan.

Nah, Termasuk juga nomor IMEI. Cara ceknya seperti berikut :

  • Buka Settings >> Tentang ponsel (About Phone) >> Geser kebawah, klik status >> Klik Informasi IMEI (IMEI Information) >> Disini sobat akan melihat nomor IMEI dari HP Xiaomi yang sobat pakai.
 
lacak imei xiaomi
 


Untuk mencatatnya, sobat bisa melakukan screenshots.


#4. Melalui *#06#

 

Banyak sekali kode rahasia di HP Android, yang bisa sobat gunakan untuk berbagai keperluan. Kode-kode rahasia ini biasanya berbeda-beda di tiap merk-merk HP, termasuk HP Xiaomi.

Namun, ada beberapa kode rahasia HP yang universal, salah satunya adalah kode *#06#, yang berfungsi sebagai kode cek IMEI HP Android.

Sobat bisa menggunakan kode ini, melalui dial pad (telepon).. Cukup ketik kodenya, maka otomatis akan muncul jendela yang berisikan nomor IMEI dari HP sobat.

cek keaslian xiaomi


Nah, tapi perlu diketahui, walau saya bilang universal, tapi kode *#06# ini tidak seluruhnya berfungsi di semua HP. Ada beberapa tipe HP tertentu yang tidak berfungsi, dan ada juga yang berfungsi di suatu tipe HP, namun jadi tidak berfungsi lagi ketika HP sudah di root atau mungkin diinstall custom ROM.
 

#5. Melalui aplikasi pihak ketiga


Terakhir, sobat bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang bernama aplikasi pengecek IMEI, atau bahasa inggrisnya IMEI Checker. Aplikasi IMEI Checker ini ada cukup banyak, tersebar di Playstore..

Tapi karena secara fungsi masih sama, sobat bisa menggunakan aplikasi cek IMEI manapun yang sobat suka.

Nah, contoh disini saya pakai aplikasi Checker IMEI dari developer Adham khwaldeh. 

1. Download dulu aplikasinya di Playstore. Bisa melalui link berikut : IMEI Checker

2. Buka aplikasinya, maka sobat akan melihat nomor IMEI HP sobat.

cara cek imei xiaomi


Penutup...


Demikian, tutorial cara mengecek IMEI Xiaomi. Sekali lagi, cara ini saya buat langsung melalui HP Xiaomi. Jadi sudah tested dan Work 120 persen. Bukan tutorial yang asal comot dari sumber sana sini :D


Ada beberapa cara cek IMEI HP Xiaomi yang belum saya tulis. Namun, 5 cara diatas saya pikir sudah cukup. Mengingat juga, 5 cara diatas adalah cara yang paling sering dipakai untuk mengecek IMEI..

..Bukan HP Xiaomi saja, HP lain seperti Samsung, Oppo, Vivo dan sebagainya pun stepnya kurang lebih hampir sama.

Tutorial diatas, selain work untuk Xiaomi Redmi 5A, juga mungkin bisa juga digunakan untuk tipe Xiaomi lainnya. Seperti Redmi Note 5, Redmi Note 4, Redmi 4, Redmi 3, dan sebagainya.

Nah, sekian, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..