7 Cara Cek Tipe HP Samsung Dengan Cepat dan 100% Akurat

Cara Cek Tipe HP Samsung - Banyak sekali pengguna-pengguna HP Samsung, yang bahkan sekarang sudah tidak bisa dihitung lagi jumlahnya. Para pemakainya tersebut memiliki beragam alasan tersendiri kenapa mereka menyukai HP Samsung.

Tapi buat saya pribadi, kelebihan HP Samsung yang sangat saya sukai, adalah sistem UInya yang sangat stabil, dan cocok untuk kalangan mana saja.. Harganya bersaing.. Garansinya jelas, serta kameranya yang luar biasa bagus, bahkan untuk tipe mainstream.

Nah, tiap tahun Samsung selalu merilis HP-HP baru yang tentunya memiliki beragam perbedaan, terutama pada spek dan desain.

Dan sekarang, tipe HP Samsung ada banyak sekali.. Dan mungkin beberapa pengguna bingung, tipe samsung apa yang sedang mereka gunakan..

Untuk itulah cara mengecek tipe HP Samsung ini wajib diketahui..

Cara melihat tipe HP samsung yang dipakai


Mengecek tipe HP Samsung, sebenarnya tidaklah sulit. Malah bisa saya bilang lebih mudah ketimbang mengecek tipe spek HP.

Ada beberapa cara untuk cek HP Samsung, yang bisa Anda gunakan untuk Anda yang bingung tipe Samsung apa yang Anda pakai. Dimana cara-cara ini bisa saya bilang universal.. Bisa dipakai untuk seluruh HP Samsung..

..Dari keluaran lama hingga terbaru. Contohnya, Samsung Young Series, Samsung Ace, Samsung S series (S2, S3, S4, S5, S6, S7, S8) Samsung J Series (J2, J4, J5, J7,) termasuk seri prime, Samsung Tab, Samsung Note dan lain-lain.

Dan untuk cek disini, saya menggunakan tipe HP Samsung J5. Jadi dijamin work..

Nah, berikut cara mengeceknya :


#1. Lewat Restart HP

 

Cek pertama, coba Anda restart HP Anda. Saat baru nyala, HP akan menampilkan logo HP Samsung sekaligus tipe HP Anda.

Cara ini saya tes work untuk tipe HP Samsung lama, hingga yang terbaru. Tapi untuk detailnya, saya tidak tahu apakah cara ini work untuk seluruh HP Samsung atau tidak.

Jadi silakan Anda cek sendiri.


#2. Lewat Body HP Samsung

 

Cara melihat tipe HP Samsung kedua, Anda bisa mengeceknya melalui body HP. Seperti yang Anda ketahui, nyaris semua merk dan tipe HP terdapat logo di HPnya. Termasuk Samsung, yang Logonya biasanya terdapat di bagian atas HP, atau di bagian belakang body HP.

Nah, untuk tipe HP, posisi informasinya bukan dibagian luar, melainkan di bagian dalam body HP.

Pertama, silakan buka body HP tersebut, lalu buka baterainya. Nah, biasanya didalamnya terdapat informasi model / tipe HP yang Anda gunakan.

Oh iya, tidak semua HP Samsung bisa dibuka baterainya. Terutama untuk tipe keluaran baru dan mid end keatas. Jadi cara ini hanya bisa digunakan untuk tipe-tipe tertentu saja.


#3. Lewat dusbook

 

Tiap Anda beli HP, pasti Anda dapat dusbook, dengan catatan HP yang Anda beli memang baru, atau dusnya masih ada waktu beli bekas.

Pada dusbook, biasanya terdapat beberapa macam informasi dasar HP, seperti jenis sinyal (Untuk Cek Apakah HP sudah 4G atau belum), informasi spesifikasi dasar HP (Seperti RAM, ROM, Chipset, Kamera) dan yang pasti, model dan Tipe HP.

Nah, silakan cari dan cek dus HP tersebut.. Pasti ada tipe HPnya. Misal : Samsung J7, Samsung S8, Samsung S7, dan sejenisnya.

Tulisannya juga biasanya besar dan jelas.


#4. Cara cek tipe HP Samsung lewat Kode rahasia

 

Di HP Samsung, terdapat beragam kode rahasia yang bisa dipakai untuk berbagai macam kebutuhan. Dari mengecek spek, mengecek IMEI, bahkan untuk mereset HP seperti yang saya tulis di cara reset HP samsung dengan kode rahasia.

Kode-kode ini sangat bermanfaat, untuk mempercepat proses kerja dari kebutuhan yang kita inginkan, dan juga kita tidak perlu memakai aplikasi apapun lagi.

Nah, ada satu kode untuk melihat tipe HP Samsung, yakni *#1234#.

Silakan buka dialpad, kemudian masukkan kode tersebut, lalu klik tombol panggil. Nah, nanti akan muncul halaman baru, yang menampilkan kode tipe HP Anda.


Kode rahasia cek tipe hp samsung

Selanjutnya, buka browser dan buka Google.. Kemudian tulis kode tipe HP >> Lalu search..

Dan silakan check, hasil yang muncul itu adalah tipe HP Anda.


#5. Lewat Settings HP

 

Sebagian besar orang yang masih awam tidak tahu, bahwa setting (setelan) HP, sebenarnya selain untuk mengatur konfigurasi HP, juga bisa digunakan untuk mengecek tipe HP.

Tipe ini terletak di bagian About Phone. Atau tepatnya di Settings >> Scrool kebawah (Bagian System) >> Masuk ke About Phone. Silakan lihat, disana terdapat model HP. Itulah tipe HP Anda.

cara mengecek model samsung

Trik lainnya, selain lewat settings, Anda bisa mencoba mengirim file melalui bluetooth. Karena pada kondisi defaultnya, HP Samsung akan selalu menampilkan nama perangkat yang terlihat pada HP yang disandingkan dengan model HP yang digunakan.

Misal, Samsung Galaxy J2 dan sejenisnya.


#6. Lewat CPU-Z

 

Siapa yang tidak tahu CPU-Z? 

CPU-Z merupakan aplikasi pengecek aplikasi HP, yang isinya komplit sekali. Informasi-informasi dasar dari RAM, ROM, Chipset, Ukuran layar hingga yang agak advanced seperti jenis-jenis dukungan sensor yang terdapat di dalam HP tersedia pada aplikasi ini.

Nah, untuk tipe HP sendiri masuknya ke informasi dasar.. Jadi HP Samsung Anda pasti terdeteksi modelnya di aplikasi ini.

Cara pakainya, silakan download terlebih dahulu CPU-Z di Google Playstore. Setelah diinstall, langsung buka aplikasinya.

Selanjutnya, pergi ke tab devices.. Disana Anda akan menemui tipe HP Samsung yang Anda pakai, contohnya seperti berikut :

Aplikasi CPU-Z



#7. Lewat IMEI

 

IMEI, merupakan sebuah nomor identitas yang memiliki beragam manfaat. Bahkan dengan nomor IMEI kita bisa melakukan pelacakan terhadap HP yang hilang, atau meminta pemblokiran kepada provider agar HP tersebut tidak bisa terhubung ke jaringan.

Nah, tiap HP itu nomor IMEInya berbeda-beda, dan tidak pernah sama. Dan dengan nomor IMEI ini, Anda juga bisa lho, mengecek tipe handphone samsung yang Anda pakai.

Caranya, pertama silakan cek terlebih dahulu nomor IMEI Samsung Anda.. Bisa melalui dus HP, belakang body HP, atau melalui kode *#06#.

mengecek imei samsung


Jika sudah, buka website imei.info lalu isi kode IMEI tadi ke kolom yang tersedia, lalu klik check.

imei


Nah, nanti akan muncul tipe HP yang sesuai dengan IMEI tersebut.

Cara mengecek tipe HP samsung serta modelnya


 

Penutup...

 

7 Cara diatas, sebenarnya sudah sangat akurat untuk mengecek tipe HP Samsung. Anda bisa memastikannya sendiri dengan cara searching tipe HP yang Anda dapat dari 7 cara tersebut, di Google. Jika yang muncul memang sesuai, berarti pasti sama.

Saya sendiri selain di HP Samsung juga sering menggunakan beberapa dari 7 cara diatas untuk mengecek tipe-tipe HP. Entah itu Xiaomi, Lenovo, ASUS, OPPO dan lain-lain..

Nah, Anda bisa memilih cara manapun yang Anda suka, dan menurut Anda yang paling cepat.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..