6 Cara Jualan Online Di Facebook Pemula Untuk Meraup Jutaan Rupiah

Cara Jualan Online Di Facebook - Sebagai media sosial terbesar di dunia, facebook memiliki ratusan juta atau bahkan mungkin milyaran pengguna di dunia dengan rentang umur yang beragam. Mulai dari anak-anak hingga lansia.

Facebook sendiri ditujukan sebagai media pencari teman, dimana kita bisa berkenalan dan berteman dengan orang tertentu tidak memandang darimana orang tersebut berasal. Dan Negara Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna facebook terbanyak lho..

Nah, tapi pernahkah Anda berpikir bahwa facebook yang biasa kita pakai untuk bersenang-senang, juga bisa jadi ladang pencari uang?

Ya, yakni dengan cara jualan di facebook.


cara jualan di facebook

Berjualan online di facebook sebenarnya bukan sesuatu yang berbeda dengan tempat-tempat jualan online lainnya. Hanya saja, berjualan di facebook relatif jauh lebih mudah ketimbang jualan online di tempat lain, mengingat kita sudah sangat familiar dengan facebook.

Facebook sendiri juga sebenarnya sangat mendukung perkembangan olshop-olshop. Dari yang besar maupun yang kecil.

Hal ini dibuktikan dengan keluarnya beberapa fitur baru, seperti fitur jual beli pada grup seperti ini :


grup facebook


Atau fitur marketplace seperti ini :

Facebook marketplace


Yang dulu masih belum ada.

Nah, pada artikel ini, saya ingin membahas cara jualan di facebook yang paling efektif, dengan cara-cara yang saya pahami sendiri. Tapi perlu diketahui, saya bukanlah seorang ahli marketting, jadi saya yang saya tulis adalah cara jualan..

..Bukan cara untuk meningkatkan penjualan (dengan pembahasan-pembahasan teknis) yang susah dimengerti. Jadi saya pikir artikel ini akan cocok untuk pemula karena saya sendiri masih pemula.

Bagaimana sih caranya? Yuk kita bahas :


#1. Kenali produk Anda

 

Tiap produk pasti punya target pasar. Contoh, kain, baju, biasanya ditarget untuk ibu-ibu. Alat, perkakas, biasanya untuk bapak-bapak. Pertama, Anda harus mengenali produk Anda, kepada siapa harus ditargetkan? Dan ke rentang umur berapa harus ditargetkan?

Ini penting.. Karena kalau salah, penjualan pun bakal gak akan pernah naik. Bahkan cenderung turun seiring banyaknya pesaing.

Beda cerita kalau Anda masih belum punya produk apapun untuk dijual, mau tidak mau Anda harus menyiapkannya terlebih dahulu. Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan modal yang kecil, dan apabila sukses, lanjut ke yang lebih besar.

Tapi kalau Anda belum punya modal apapun, Anda bisa mencoba menjadi reseller, dengan cara menjual kembali suatu produk dagangan orang lain.

Bagaimana dengan dropshipper?

Jadi dropshipper juga tidak menutup kemungkinan. Namun, ketimbang jadi reseller, menjadi dropshipper itu menurut saya pribadi lebih sulit. Jadi lebih baik Anda mencari detail informasinya terlebih dahulu melalui Google.



#2. Siapkan gambar produk terlebih dahulu

 

Gambar visual itu lebih menarik pembeli ketimbang hanya tulisan. Saya sering melihat kesalahan ini di tempat-tempat jual beli facebook, dimana mereka jualan barang tanpa gambar pembantu.

Gambar produk, selain membuat pembeli jadi lebih tertarik, juga seperti sebuah jaminan, bahwa barang yang kita jual tersebut benar-benar sesuai dengan yang kita deskripsikan.

Silakan ambil foto produk Anda. Jangan hanya 1 atau 2, ambil yang banyak sekaligus. Pastikan fotonya menarik, jelas, dan beresolusi tinggi.

Nah, kalau ada produk, ada gambar dan mental sudah siap, Anda bisa langsung berjualan di facebook. Berikut beberapa tempat yang bisa Anda pakai untuk berjualan di facebook :


#3. Melalui profil sendiri (Beranda facebook)

 

Yang paling mudah, Anda bisa mencoba jualan melalui profil facebook. Karena profil facebook, adalah tempat paling dasar yang sudah ada ketika kita baru membuat facebook.

Berjualan di wall facebook, saya pikir cukup efektif. Saudara saya ada yang jualan melalui profilnya sendiri, dan saya lihat cukup sukses. Produk yang dijual cukup laris, dan malah ketika mencoba jual produk lain, produknya selalu laku.

Caranya gimana sih?

Nah, pertama, silakan add seluruh teman, keluarga, dan kenalan yang Anda kenal. Ini penting, karena orang yang Anda kenal, tentunya akan lebih familiar dan punya potensi lebih ketimbang berjualan ke orang-orang yang belum Anda kenal di facebook.

Belum lagi, berjualan ke orang yang Anda kenal, juga berpotensi menjadi menyebar dan lebih populer dari mulut ke mulut.

Cara kedua, silakan add teman sebanyak-banyaknya di facebook. Dengan catatan, perhatikan lagi target pasar produk. Sesuaikan dengan peminat, jangan asal add. 

Terus add hingga setidaknya jumlah teman mencapai 1000 orang (minimal).

 

#4. Melalui grup jual beli facebook

 

Kenal situs-situs jual beli seperti OL*, B*k*l*p*k dan sejenisnya? Tahukah Anda bahwa facebook punya tempat tersendiri untuk berjualan online? Pertanyaannya, memangnya ada?

Ada, hanya saja, mungkin sebagian dari Anda belum pernah mendengarnya.

Di facebook, ada banyak sekali jenis-jenis grup. Mulai dari grup hobi, sampai grup bisnis pun juga ada. Nah, salah satunya adalah grup jual beli..

Cukup banyak grup jual beli di facebook. Dan bahkan setiap regional, biasanya minimal punya 1 grup jual beli tersendiri.

Nah, Anda bisa memanfaatkan grup jual beli ini, untuk menjual setiap produk yang Anda jual. Satu grup, biasanya berisikan (Biasanya minimal) 1000 anggota. Tapi untuk regional tertentu, membernya bisa mencapai puluhan ribu, bahkan ratusan ribu anggota.

Tentu ini jadi peluang tersendiri bukan?

Tapi bagaimana carinya?

It's simple.. Cukup ketikkan di kotak search, contohnya, Jual beli.. Maka biasanya akan muncul grup-grup jual beli facebook.

cara menjual barang di facebook

Tapi belum selesai. Grup-grup jual beli FB itu sendiri belum tentu cocok dengan produk yang Anda jual, juga kita tidak tahu regional mananya.

Solusinya, silakan ketikkan Jual beli *Regional Anda (Contoh : Jual beli cirebon).. Maka hasilnya seperti berikut :

Menjual barang di facebook


Nah, silakan gabung grup-grup tersebut, satu persatu. Dan lebih bagus, jika Anda menemukan grup yang masih berhubungan dengan produk yang Anda jual.. Contohnya :

Grup FJB


Jika sudah gabung, Anda tinggal memposting produk Anda, dengan deskripsi menarik, serta gambar yang sudah Anda siapkan tadi.


#5. Melalui Grup Hobi Facebook

 

Seperti yang saya bilang sebelumnya..Grup facebook itu ada banyak sekali jenisnya. Dan yang paling banyak, adalah grup jenis hobi.

Grup hobi seperti ini sebenarnya potensial. Karena orang-orang yang menekuni hobi tersebut, pasti ada yang butuh produk-produk tertentu yang mesti dipakai. Nah, jika produk yang Anda jual masuk ke dalam kategori hobi tersebut, tidak ada salahnya untuk mencari grup semacam ini.

Contohnya, Anda jual perlengkapan hewan, maka Anda cari grup hewan, atau lebih bagus jika spesifik, seperti produk perlengkapan kucing, masuk ke grup pecinta kucing.. perlengkapan burung, masuk ke grup pecinta burung, dan sejeninsya..

..Yang akan membuat produk jadi lebih cepat laris.

Bagaimana cara carinya?

Sama seperti sebelumnya, cukup cari seperti biasa dengan mengetikkan kata kunci, misalnya : " Aquascape"

Cara jualan di facebook


Nah, berbeda dengan grup jual beli, grup hobi biasanya memiliki rules (aturan) yang mesti dipatuhi. Baca terlebih dahulu rules tersebut, sebelum berjualan. Jika dilarang, lebih baik cari grup lain. 


#6. Melalui Fanspage

 

Terakhir adalah fanspage. Fanspage, adalah sebuah halaman yang dibuat oleh orang, perusahaan atau organisasi tertentu dengan berbagai tujuan. Fanspage, ini bisa dibuat secara gratis, dan juga tentu bisa dipakai berjualan.

Cara berjualan di fanspage sendiri sama seperti berjualan di profil. Bedanya, berjualan di fanspage lebih memiliki potensi karena 1 halaman fanspage tidak dibatasi jumlah pengikut maupun likenya.

Walau potensinya yang lebih, berjualan di fanspage relatif lebih sulit. Karena kita mesti melakukan promosi-promosi ke tempat tertentu. Misalnya teman, grup, dan sejenisnya.

FP
 

Anda juga bisa menggunakan media like box halaman, dengan cara menempelkan kodenya di website Anda (Jika punya).


Nah, solusi efektif untuk berjualan di fanspage facebook lainnya, ialah dengan menggunakan FBads. FBAds adalah sebuah media periklanan milik facebook, dimana kita bisa mempromosikan fanspage yang kita punya ke banyak orang sekaligus, bahkan tertarget.

Walau mesti mengocek sedikit biaya, penggunaan FBAds jika dilakukan dengan benar, bisa mendongkrak penjualan Anda, bahkan hingga berkali-kali lipat lho (Tentu dengan teknik copywriting yang tepat juga)..

Materi FBAds tidak bisa saya bahas disini (Karena pasti terlalu panjang). Anda bisa mencarinya di Google.

Langkah mana yang  harus saya pilih?


Last step, poin nomor 1 dan 2 itu wajib. Sedangkan yang selanjutnya bisa Anda pilih sesuka hati Anda, karena sebenarnya berjualan di FB bisa dilakukan oleh siapa saja.

Nah, tapi untuk pemula, Anda bisa mengikuti langkah 1 sampai 4.. Sedangkan jika sudah lumayan berpengalaman, Anda bisa mencoba langkah 1 sampai 6, dan mungkin mencoba menggunakan FBAds.

Penutup...


Demikian, 6 cara tentang cara berjualan online di facebook, dari pemula untuk pemula. Artikel ini memang bukan apa-apa, jika dibandingkan dengan artikel-artikel sejenis yang dibuat oleh ahli marketting..

Namun setidaknya, saya harap bisa sedikit membantu Anda, yang barangkali ingin memulai mencoba berjualan online di facebook tapi bingung mau mulai darimana.

Sekian, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..