3 Cara Screenshots Xiaomi Redmi 5A Tercepat (Hanya 3 Detik)

Cara Screenshots Xiaomi Redmi 5A - HP Xiaomi Redmi 5A, merupakan HP kelas mainstream yang ketika dirilis, cukup menarik banyak perhatian publik. Spesifikasi yang ditawarkan diatas rata-rata, tapi memiliki harga yang murah, adalah salah satu alasan banyak orang tertarik dengan HP ini.

Ada 2 varian Redmi 5A, yakni Redmi 5A, dan Redmi Note 5A. Perbedaannya paling mencolok ada pada chipset dan sektor layar, dimana Redmi Note 5A memiliki Chipset Snapdragon  435 dan memiliki layar sedikit lebih besar ketimbang Redmi 5A.

Nah, tapi saya bukan ingin membahas review Xiaomi Redmi 5A, Maupun Redmi Note 5A. Disini, saya ingin membahas Cara Screenshots Xiaomi Redmi 5A.. Untuk sobat yang ingin menangkap gambar layar, tapi belum tahu caranya..

Redmi


Mengambil gambar layar di Xiaomi Redmi 5A, sebenarnya hampir sama dengan HP-HP Android lainnya. Ada kombinasi-kombinasi tombol tertentu, yang bisa dipakai untuk mengambil SS pada HP tersebut.
 
Tapi seperti yang sobat tahu, tombol Screenshots HP Android itu kebanyakan berbeda-beda. Contohnya seperti Samsung, Oppo, Vivo dan sebagainya. 

Nah, karena itulah di artikel ini saya ingin membahas Cara SS layar HP Xiaomi Redmi 5A, menggunakan 3 cara..

Yang ditujukan untuk sobat yang masih awam memegang HP ini.


Langsung saja, berikut caranya....


#1. Menggunakan kombinasi tombol

 

Sama seperti HP lainnya, sobat bisa mengambil gambar layar dengan kombinasi tombol di HP Redmi 5A. Adapun cara mengambil screenshots di HP Xiaomi Redmi 5A dengan kombinasi tombol sangatlah mudah. 

Pertama, buka dulu aplikasi yang ingin di screenshots..

Selanjutnya, sobat tinggal tekan saja tombol Power + Volume Down. Tunggu sekitar dua - tiga detik, nanti akan muncul bunyi shutter ("Cekrek") dan kedipan pada layar yang menandai bahwa layar sudah berhasil diambil gambarnya.

Cara SS Xiaomi Redmi 5A

Kalau sudah, sobat bisa mengecek hasilnya melalui preview yang tersedia, atau melihatnya langsung melalui galeri HP, atau melalui file manager, yang bisa dilihat pada folder screenshots.


#2. Menggunakan 3 Jari

 

Menggunakan tombol kombinasi memang mudah dan cepat. Walau tidak semua, terkadang tombol-tombol di HP itu lama-lama tidak responsive, yang menyebabkan layar jadi susah diambil gambarnya, bahkan tidak bisa diambil gambarnya sama sekali.

Solusinya, selain mengganti atau membersihkan tombol yang kurang responsive tersebut, sobat bisa juga menggunakan cara simpel lainnya, untuk mengambil screenshots di HP Xiaomi dengan menggunakan metode 3 jari.

Caranya? Ikuti tutor berikut :

1. Pertama, buka terlebih dahulu Setelan / Settings kemudian cari dan buka Setelan tambahan (Addition Settings).

2. Pada jendela Setelan tambahan >> lanjut cari menu Screenshots.

  • Note : Kalau tidak ada, pada setelan tambahan>> pilih pintasan tombol dan gerakan (Bahasa inggrisnya mungkin shortcut button and gestures) >>  Lalu klik menu Ambil Screenshots.

3. Selanjutnya, silakan buka dan aktifkan fitur Geser bawah dgn 3 jari (Side three fingers to take a screenshot).

setting screenshot xiaomi


3. Tutup setelan, kemudian masuk ke aplikasi / tempat dimana sobat ingin melakukan screenshots.

4. Kemudian silakan usap layar menggunakan 3 jari kebawah, Nah, nanti akan muncul tombol shutter, dan akan ada kedipan pada layar. Ini menandakan bahwa tangkapan layar berhasil diambil.

5. Sobat bisa melihat hasil screenshots melalui preview, maupun lewat gallery.


Selain menggunakan 3 jari, sobat juga bisa mengatur setting menggunakan opsi lain, seperti tombol menu, dan tombol-tombol lainnnya.


#3. Memakai aplikasi Screenshots

 

Selain 2 cara diatas, mengambil screenshots juga bisa menggunakan aplikasi tertentu, yang biasa disebut aplikasi screenshots. Aplikasi-aplikasi ini terdapat lumayan banyak di Google Play, dan memiliki fitur yang berbeda-beda.

Nah, untuk mengambil SSnya, cukup download Aplikasi screenshots tersebut (Apa saja), buka aplikasinya, kemudian ikuti petunjuk aplikasi tersebut untuk melakukan screenshots.

aplikasi ss
Saya menggunakan aplikasi Screenshots Touch


cara mengambil ss


Hasil gambar akan disimpan di galeri, biasanya di folder dari aplikasi itu sendiri.

Memakai aplikasi, menurut saya optional saja. Mengingat 2 cara sebelumnya jauh lebih simpel. Tapi sengaja saya tulis disini untuk berjaga-jaga, barangkali sobat punya situasi yang tidak memungkinkan untuk menggunakan 2 cara sebelumya.

 Penutup...

 

Demikian tutorial singkat tentang 3 cara mengambil gambar layar di Xiaomi Redmi 5A. Tutorial ini saya buat berdasarkan HP Redmi 5A, dengan spek RAM 2GB, Chipset Snapdragon 425 dan sudah saya test sendiri. Tutor ini juga work untuk versi Redmi Note 5A, yang pada dasarnya tidak jauh berbeda.

Kalau ada yang ditanya, silakan taruh di kotak komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..