3 Cara Mengirim Video Besar Berdurasi Panjang Di Whatsapp (Berhasil)

Mengirim Video WhatsApp - Menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi chatting, memang sangat membantu. Apalagi fitur-fiturnya cukup berlimpah serta penggunaannya juga mudah. Tidak heran ada banyak sekali pengguna Whatsapp di seluruh dunia ini.

Di Whatsapp juga kita bisa men-chat banyak pengguna WA sekaligus lewat grup chat. Dan kalau Anda adalah salah satu penggunanya, pernahkah melihat orang-orang yang mengirim video ke Whatsapp group?

Ya, Whatsapp memang punya fitur kirim video. Tidak jarang, video-video yang dikirim tersebut banyak dishare, hingga akhirnya ramai diperbincangkan lho.

Nah, tapi perlu diketahui, ada satu aturan mengirim video di Whatsapp yaitu limit size atau durasi.. Dimana video yang dikirim maksimal hanya bisa 16MB atau kurang lebih hanya sekitar 90 detik saja..

Cara mengirim video size lebih 16 mb di whatsapp

Untuk beberapa orang, pastinya limit video tersebut akan membuat video yang ingin di upload menjadi terbatasi. Apalagi jika kebayakan video yang ingin dikirim durasinya panjang-panjang, dan sizenya besar-besar..

Nah, aturan limit ini juga sudah ditulis di website Whatsapp sendiri lho, yang bahkan masuk ke FAQ (Frequently asked question) WA.

FAQ WhatsApp
Sumber : faq.whatsapp.com
Seperti yang dijelaskan diatas, Kalau Anda mencoba mengirim video yang melebihi batas ukuran yang ditentukan, Anda akan mendapat opsi untuk memangkas durasi video tersebut seperti yang telah pihak WA sarankan.

Selain itu, biasanya juga akan muncul pesan :

”File media yang telah Anda pilih lebih besar dari 16 MB. Tidak dapat mengirim file “/ “The media file that you have selected is larger than 16 MB. Unable to send file."


Cara Mengirim Video Besar WhatsApp Dengan Durasi Panjang


Lalu... Adakah cara supaya kita bisa mengirim video durasi panjang / lebih dari 16MB ke Whatsapp?

Tentu ada.. Opsi mengirim langsung ke WA memang tidak bisa, tapi setidaknya Anda bisa mencoba beberapa cara berikut, untuk mengakali supaya video yang tidak bisa kita unggah, bisa dibagikan ke WA.

Langsung saja, berikut beberapa tipsnya :




#1. Share Melalui Media Lain (Cocok Untuk Mengirim Video Lebih Dari 100MB Di WA)


Share link video wa

Yang pertama yang bisa saya sarankan, Anda bisa mencoba untuk mengunggah video yang terkena limit tersebut, ke media upload video lain, semacam Youtube, Facebook dan sejenisnya (Yang tidak memiliki batasan size maupun waktu).

Kemudian share link video tersebut, untuk dibagikan ke WA atau grup WA (Semacam di-share linknya).

Cara ini membuat video tidak ditonton secara langsung, melainkan saat link terbuka, kita akan diarahkan ke browser untuk menonton video yang ingin diupload tadi.

Cara ini juga disarankan oleh situs-situs teknologi lain yang membahas topik yang sama, yang bertujuan untuk upload video durasi panjang ke WA tanpa mengurangi kualitas dari video tersebut.

Dan karena tidak ada limit size, cara ini cocok untuk Anda yang sedang mencari cara mengirim video lebih dari 100mb di WA.




#2. Kurangi Size Video Sebelum Dikirim


Mengurangi Size Video WhatsApp

Beda dengan cara sebelumnya.. untuk cara yang ini, Anda bisa mengupload langsung video ke WA, dengan cara size videonya dikurangi.

Banyak aplikasi-aplikasi untuk mengompress video yang bisa Anda pakai untuk mengurangi size video. Bahkan aplikasi-aplikasi tersebut bisa digunakan untuk yang masih awam sekalipun.

Salah satunya adalah Vidcompact. Vidcompact, adalah aplikasi video converter yang memiliki beragam fitur konversi video ke MP4 sampai MP3, yang juga memiliki fitur untuk melakukan pemangkasan atau pengompresan pada video.

Aplikasi ini sangat cocok dan sangat saya rekomendasikan untuk Anda yang ingin mengurangi size video WA Anda yang terlalu besar, akibat hasil kamera yang resolusinya terlalu tinggi atau memang size video dari sananya.

Nah caranya :


  1. Download dulu Vidcompact di Playstore, jika sudah buka aplikasinya.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu Pangkas & kompress untuk memulai.
  3. Pilih video yang diinginkan.
  4. Setelah itu pilih opsi Resolusi dan turunkan nilainya supaya jadi lebih kecil.
  5. Simpan hasil videonya.
  6. Terakhir Anda bisa langsung mengirimkan video tersebut ke WhatsApp


Untuk kualitasnya sendiri memang agak sedikit menurun. Tapi tergantung juga dari pengaturan resolusi yang Anda atur.

Selain pengaturan resolusi, Anda juga bisa mengurangi sedikit durasi videonya. Setidaknya sampai kira-kira video berkurang sampai size yang dibutuhkan.

Saya pribadi cukup merekomendasikan cara ini. Alasannya walau mesti edit dulu, video bisa langsung dikirimkan ke WhatsApp tanpa media alternatif lain.




#3. Bagi Video Menjadi Dua Atau Lebih


Memotong Video WhatsApp Untuk Dikirim Dalam Ukuran Besar

Saran terakhir, kalau Anda tidak ingin mengurangi kualitas video atau upload video di media lain, maka Anda bisa memotong / mengubah video tersebut menjadi 2 bagian atau lebih.

Contohnya begini, anggap ada 1 video dengan ukuran 30MB, durasinya sekitar 6 menit. Karena maksimal WA hanya 16MB persatu video, maka Anda tinggal membaginya menjadi 2 video dengan durasi 3 menit..

Dengan begitu satu video sizenya hanya berkisar 15MB saja..

Untuk membagi video seperti ini, saya biasanya melakukannya lewat PC (Dengan Movie Maker). Untuk di Android, Anda bisa mencari aplikasi pemotong video, namanya Split Video (bisa dicari di Playstore).

Cara Pakainya :


  1. Install Aplikasi SplitVideo
  2. Buka Video yang diinginkan
  3. Atur durasi sesuai kebutuhan, lalu tap tombol Split
  4. Kalau sudah simpan videonya


Untuk videonya nanti akan dibagi beberapa part. Hasilnya kadang akan sedikit acak, misalnya video pertama 1 menit, yang kedua 58 detik, yang ketiga 43 detik dan seterusnya (Tergantung dibagi jadi berapa bagian).
 
 



Penutup...


Demikian 3 cara untuk mengirim video di Whatsapp yang berdurasi panjang atau video lebih dari 16MB. Cara ini tidaklah saya buat sendiri, melainkan saya dapat di forum Quora (Forum luar) yang dibahas beberapa waktu lalu.

Bedanya, aplikasi yang saya sarankan disini merupakan rekomendasi saya sendiri, yang saya jamin fiturnya lebih bagus ketimbang saran-saran yang ada di web lain.

Jika Anda ada kesulitan, ada yang ingin ditanyakan, atau mungkin punya tips lain untuk mengirimkan video ke WA, Anda bisa menaruhnya di kotak komentar dibawah.. Pasti saya balas.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..