Cara Setting Joystick PES 2013, 2017, 2018 Lengkap!

Gamer sepak bola di Indonesia, bisa dibilang memang sangat familiar dengan seri-seri PES. Apalagi di jaman dulu, game WE9 sempat sangat populer, dan menjadi game bola satu-satunya yang paling sering dimainkan (Jaman childhood saya)..

Untuk di Playstation, memainkankan PES memang mudah. Cukup sambungkan stik maka PES siap dimainkan. Namun beda hal dengan di PC atau Laptop, dimana kita mesti mensetting beberapa hal terlebih dahulu.. Salah satunya setting control keyboard, dan setting stik.

Nah, pada artikel ini saya ingin membahas cara setting stik untuk game PES..

Stik pes tidak terbaca


Setting stik di PES, sebenarnya tidak sulit. Hanya saja, secara default pada settings.exe PES menampilkan controller sebagai  XBOX Controller, yang notabene tombol-tombolnya ada ditempat yang berbeda.

Walau settingnya mudah, tapi karena letak tombol yang berbeda dari yang biasa sobat pakai, kadang sering sekali, terjadi  miss pada setting tombol, sehinnga mesti mengulangi dan mengulanginya lagi dari awal.


Supaya gak bingung, untuk settingnya lebih baik sobat ikuti saja, cara setting stik PES berikut, yang bisa dipakai untuk seri PES 2011, PES 2012, PES 2013, PES 2014, PES 2015, PES 2016, PES 2017, hingga PES 2018..

Untuk contoh disini saya menggunakan PES 2018.. Langsung saja, berikut cara settingnya :


Cara setting joystick PES 


Persiapan untuk mainnya, pertama tentu saja sobat mesti punya joysticknya dulu. Sobat bisa membelinya di toko komputer, dengan harga kira-kira kurang lebih 50 Ribu untuk joystick tipe single, dan 75 ribu untuk tipe double..

Harga bisa berbeda-beda tergantung toko komputer ya.

Nah, jika sobat punya stik PS, sobat bisa membeli converternya saja, untuk mengubah stik PS tadi menjadi stik PC. Harganya kira-kira 25 ribu hingga 50 ribuan.

Jika sudah ada, lanjut langsung settings :


1. Pertama, silakan Sambungkan Joystick sobat, tunggu sampai terbaca dengan baik.

2. Kemudian buka terlebih dahulu Setting.exe Game PES sobat. Settings.exe ini selalu ada dari seri PES lama sampai yang baru, dan biasanya shortcutnya juga sudah otomatis ada di dekstop.

Setting exe


  • Kalau tidak ada, sobat bisa mencarinya secara manual di C:\Program Files\Konami\Pro Evolution Soccer\Settings.exe (Sesuaikan drive C: ke direktori PES sobat)
 

3. Setelah terbuka, pergi ke tab controller.

cara setting controller


4. Nah, sobat bakal melihat tampilan dari setting joystick. Pertama, lihat pada checkbox Directinput, pastikan tercentang disana (Kecuali sobat pakai stik XBOX).

Kedua, lihat pada bagian Controller. Disana ada opsi Controller 1, Controller 2, Controller 3, dan Controller 4 yang berfungsi sebagai stik untuk player 1, player 2 dan seterusnya.

setting joystick pes 2017


Pilih dulu, player berapa yang ingin sobat settings. Disini saya settingnya di Player 2..

4. Kemudian, klik kolom devices, lalu pilih Joystick yang disambung tadi. Namanya bisa berbeda-beda, tergantung joystick yang dipakai. Kadang ada yang USB Joystick, USB Generic Joystick dan sejenisnya.

setting joystick pes 2013


5. Nah, sobat bisa mulai setting stik disini.

setting joystick pes 2016


6. Nah, karena letak tombol yang kadang berbeda seperti yang saya bilang sebelumnya, ada beberapa tombol untuk menyesuaikannya terlebih dahulu. Yakni :

  • Tombol Y diganti ke : Segitiga (Fungsi = Operan terobosan)
  • Tombol B diganti ke : O (Fungsi =  Umpan jauh, Crossing)
  • Tombol A diganti ke : X (Fungsi = Oper datar)
  • Tombol X diganti ke : Kotak (Fungsi = Menendang ke gawang)


  • Tombol RB diganti ke : R1 (Fungsi = Lari cepat)
  • Tombol RT diganti ke : R2 (Fungsi = Mencegah lawan, dribling ketat)
  • Tombol LB diganti ke : L1 (Fungsi = Operan terobosan tinggi, switch player)
  • Tombol LT diganti ke : L2 (Fungsi = Akurasi dan lain-lain)


  • Tombol Select diganti ke : Tombol start (Fungsi = Pause)
  • Tombol Start diganti ke : Tombol select (Fungsi = seleksi)


Untuk sisanya biarkan saja.. Maka jadi seperti ini :

atur stik pes


Setting diatas adalah setting yang disesuaikan seperti PES pada Playstation pada umumnya. Namun, jika sobat biasa bermain dengan tombol berbeda, sobat bisa menyesuaikannya sendiri sesuai yang sobat mau.


7. KLIK OK, dan PES siap dimainkan.


Penutup....


Nah, demikian tutorial cara setting stik PES 2017, PES 2013, PES 2018 dan seri-seri PES lainnya. Tutor ini memang saya buat berdasarkan PES 2018, namun bisa dipakai untuk seri-seri PES sebelumnya.

Kok tahu?

Tentu tahu, karena saya juga sudah main dari seri-seri sebelumnya, dan semuanya sama cara settingnya.

Ada yang ingin ditanyakan, atau setting diatas kurang jelas? Silakan taruh pertanyaan lewat kotak komentar dibawah, nanti saya jawab.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..