5 Cara Mengatasi Tanda Silang WIFI di HP Android Dan Penyebabnya

Koneksi WIFI sekarang memang cukup kencang. Perbedaannya bisa berkali-kali lipat lebih cepat ketimbang menggunakan data seluler. Apalagi jika WIFI tersebut berbasis kabel.

Tapi, menggunakan koneksi WIFI untuk berinternet, tidak selamanya terus berjalan lancar. Kadang ada masalah tertentu yang bisa terjadi pada WIFI.. Seperti susah konek, salah password, masalah autentifikasi, dan sebagainya.

Nah, di Android sendiri, ada 1 masalah yang mungkin sering dialami pengguna WIFI, yakni terdapat tanda silang pada koneksi WIFInya..

..Yang menyebabkan WIFI jadi tidak berjalan.

wifi ada tanda silang di android


Saya sendiri pernah beberapa kali menemui masalah ini, walau tidak sering.

Akses internet WIFI dari modem WIFI (MIFI) yang saya gunakan, terkadang down, dan waktu saya cek, terdapat garis silang pada logo WIFI.

Masalah ini biasanya untung-untungan buat saya. Kadang internet bisa berjalan dengan normal, dan garis tersebut hilang beberapa menit setelahnya. Tapi kadang juga WIFI tidak bisa berjalan sama sekali.

Kadang masalah ini cukup mengganggu saya, apalagi kalau lagi butuh-butuhnya akses internet untuk browsing.

Nah, pada artikel ini, saya ingin membahas beberapa tips untuk mengatasi tanda silang pada WIFI di HP Android. Tutor ini bisa digunakan di semua merk HP : Samsung, Xiaomi, ASUS, OPPO, VIVO, Lenovo, dan sebagainya.

Berikut beberapa tipsnya :


#1. Periksa Akses Koneksi WIFI

 

Sebenarrnya akses WIFI itu pada dasarnya sama dengan koneksi internet pada umuimnya. WIFI bisa berjalan dengan koneksi yang diberikan provider.. Dan setiap provider tentu tidak selamanya memiliki koneksi yang terus lancar.

Ada waktu-waktu tertentu dimana koneksi pada WIFI mengalami gangguan. Misalnya, Maintenance atau cuaca buruk.

Tapi apa hubungannya dengan tidak bisa konek WIFI di Android?

Jawabannya tentu berhubungan. Silakan cek, jika koneksi mengalami gangguan, sistem Android pasti otomatis akan menampilkan tanda silang yang menandakan bahwa tidak ada koneksi pada WIFI tersebut.


#2. Cek kuota kartu (Khusus MIFI)

 

Khusus pengguna MIFI, jangan lupa untuk cek kuota pada modem WIFI terlebih dahulu untuk melihat sudah habis atau tidak.

Kuota (pada kartu) merupakan syarat mutlak apabila sobat memang menggunakan paket internet dengan kuota. Karena kalau kuota habis, internet pasti tidak bisa digunakan.

Dan perlu diingat, pembahasan sebelumnya (Gangguan internet) juga berlaku untuk pengguna internet provider kartu. Pastikan internet tidak mengalami gangguan.


#3. Setting tanggal dan waktu HP

 

Saya sempat membahasnya di artikel Cara Mengatasi WIFI tidak bisa tersambung.. Setting tanggal dan waktu pada HP, juga kadang mempengaruhi koneksi internet, entah itu data seluler atau WIFI.

Pada dasarnya, HP akan selalu mengambil waktu secara otomatis, melalui zona sinyal yang didapat melalui provider yang digunakan.

Tapi beda cerita dengan HP yang memakai WIFI. Mungkin HP tersebut tidak ada kartunya.. Atau mungkin waktu dipasang kartu kembali setting sinyal masih belum kembali.

Silakan setting tanggal dan waktu HP terlebih dahulu, kemudian restart HP..
Setting tanggal waktu WIFI

Lalu koneksikan kembali WIFI, dan cek apakah ada tanda silang atau tidak.
 

#4. Reset router / modem

 

Di router, ada konfigurasi-konfigurasi tertentu yang harus disetting terlebih dahulu sebelum WIFI bisa digunakan. Konfigurasi ini meliputi hal dasar, seperti nama WIFI, sampai hal yang agak advanced seperti setting address.

Nah, bukan tidak mungkin lho, salah setting juga bisa membuat tanda silang muncul di WIFI. Apalagi setting yang berhubungan dengan koneksi.

Solusinya, silakan ingat-ingat kembali, setting apa yang dilakukan sebelumnya, kemudian kembalikan ke sedia kala. Jika tidak bisa, sobat juga bisa pertimbangkan untuk mereset modem atau router yang digunakan.


#5. Reset HP

 

Nah, saran terakhir, sobat bisa mereset HP sobat. Memang jarang sekali reset HP ini bisa memperbaiki WIFI tanda silang, namun tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan, apalagi jika  HP yang dipakai sudah di root dan diubah-ubah.

Sobat bisa meresetnya manual, namun rekomendasi saya lebih baik reset melalui mode recovery.

Reset HP


Penutup...

 

Demikian tutorial singkat cara mengatasi tanda silang pada WIFI. Tanda silang pada WIFI ini kurang lebih mirip dengan masalah no internet access pada WIFI, namun berbeda kasusnya. No internet access, bisa disebabkan karena banyak hal..

Sedangkan tanda silang pada WIFI, biasanya hanya disebabkan karena masalah koneksi, atau suatu masalah yang memblokir koneksi.

Semoga tutorial ini bermanfaat.



1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..