6 Cara Mengatasi RAR Tidak Bisa Di Ekstract (Corrupt / Rusak)

Saat ini, mengompress banyak file menggunakan format RAR lebih difavoritkan ketimbang yang lain. Apalagi untuk file-file besar, berukuran puluhan bahkan ratusan GB. Pengompresannya sering sekali menggunakan RAR.

Nah, walau sangat difavoritkan, tapi ada juga beberapa kejadian dimana file RAR tidak bisa di ekstract, dan muncul pesan corrupt. Akibatnya file yang mestinya dibutuhkan jadi tidak bisa dipakai.

Pesan corrupt ini ada lumayan banyak. Ada pesan CRC failed, Wrong pass, checksum dan lain-lain dari winrar diagnostic messages.

Lalu apa sebenarnya penyebab RAR rusak / corrupt ini? Dan bagaimana cara mengatasinya?


Cara mengatasi file rar corrupt

Penyebab RAR corrupt, sebenarnya ada beberapa. Yang paling sering adalah, file RAR yang diterima mengalami kerusakan. Sedangkan kerusakannya bisa karena disebabkan kurangnya part tertentu, size tidak sempurna, dan lain-lain.

Mengatasi RAR Corrupt, sebenarnya mudah dilakukan. Hanya saja, mengatasinya tetap untung-untungan. Karena tidak semua file RAR rusak bisa diperbaiki.

Nah, walau begitu tidak ada salahnya, sobat untuk mencoba memperbaiki RAR yang corrupt tersebut, barangkali bisa berjalan lagi.


Berikut ini saya ingin membahas cara mengatasi rar tidak bisa diekstract yang semoga bisa membantu mengatasi masalah sobat..

Langsung saja, berikut caranya :


#1. Cek Password RAR

 

Hal pertama yang wajib sobat lakukan, silakan cek password pada rar terlebih dahulu. Password rar yang salah, akan menyebabkan rar mendeteksi corrupt atau wrong password.

Untuk pengetikan password, perlu diingat untuk hati-hati dalam memasukkan huruf Kapital. Biasanya berpengaruh. Untuk amannya, silahkan centang opsi show pass agar hurufnya kelihatan saat diketik.

Rar

Bagaimana kalau masih salah? Padahal yakin ketikannya sudah benar?

Nah, silakan minta kembali passnya ke orang yang membuat rar tersebut. Bisa jadi memang salah dari sananya.


#2. Pastikan urutan part sama

 

Khusus untuk winrar yang memiliki part, silakan cek kembali urutan part rar yang ada.

Ini wajib.. Karena untuk mendapatkan file pada rar tersebut, seluruh part dibutuhkan.

Jangan lupa juga untuk mengecek nama rar pada setiap part.. Pastikan namanya sama. Contoh F1.part1 .. Maka part 2nya mesti F1.part2.. Bukan F2.part2. 

Part rar



#3. Disable Antivirus

 

Antivirus, walau tidak sering, tapi berpengaruh juga terhadap kesuksesan proses ekstract, karena di beberapa situasi suka salah deteksi.

Efeknya? Biasanya rar akan gagal ekstract. Atau biarpun berhasil di ekstract, biasanya hasil file akan hilang (Kosong).

Solusinya, silakan disable antivirus dulu sementara. Kemudian nyalakan kembali jika sudah.


#4. Repair rar

 

Melakukan repairing rar, kadang bisa membantu sobat untuk mengatasi masalah rar corrupt atau error. Opsi repair ini sudah lumayan banyak direkomendasikan website-website di internet. Coba saja dulu, siapa tahu bisa membantu.

Cara repairnya : Silakan buka rar yang corrupt tadi >> Klik menu Tools (Pada bagian atas) >> Kemudian klik Repair Archive.

Repair rar


Kemudian silakan ikuti langkah repairnya. Masukkan direktori hasil repair yang diinginkan kemudian tunggu prosesnya.
Setelah repairnya selesai, silakan buka rar hasil repair tersebut dan ekstract.

Selain memakai opsi repair langsung dari rar, sobat juga bisa memakai aplikasi repair rar tertentu yang bisa ditemukan di Google.


#5. Update Winrar

 

Nah, tips ini lumayan ampuh, jika sobat yakin file rar sobat ini benar-benar masih sehat. Update winrar, silakan coba cara ini.

Cara ini belum lama saya temukan, dari teman saya. Ketika itu saya memberi dia file berbentuk rar yang normal dikomputer saya. Namun ketika di copy ke Laptopnya, ketika di ekstract muncul pesan corrupt.

Direkomendasikan update ke versi terbaru, agar mengefek.


#6. Redownload file

 

Kalau masih belum bisa, mau tidak mau sobat mesti redownload file rar tersebut. Karena kemungkinan besar, memang file tersebut rusak dari proses download, atau dari sananya.

Agar file rar tidak rusak saat didownload, pastikan proses download memiliki kecepatan dan internet yang stabil. Kecepatannya tidak naik turun dan internet tidak suka mati (Disconnect).

Pastikan juga bahwa size file yang telah terdownload sama dengan size yang ada di server dimana sobat mendownload. Jangan sampai sizenya kurang.. Karena hampir dipastikan, bahwa file tersebut corrupt.

 

Jika sudah redownload tapi masih tetap sama, lebih baik ganti saja tempat server filenya. 


Penutup....

 

Demikian, 6 cara mengatasi rar tidak bisa di ekstract. Kesimpulannya pertama cek dulu file rarnya.. Password dan part.. Lanjut coba memakai repair archive, dan coba update winrar ke versi terbaru, dan jangan lupa antivirusnya dimatikan.

Kalau belum bisa, barulah coba redownload file tersebut. Cek filenya supaya jangan sampai size rarnya berkurang.

Jika sobat ada tips lain cara mengatasi file rar tidak bisa di ekstract, saya harap sobat mau memberi saran lewat kotak komentar dibawah. 

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..