Arti Upgrade dan Bedanya dengan Update [Komputer / Gadget]

Didalam dunia Komputer dan Gadget, kita biasanya pernah menemui istilah Upgrade, setidaknya satu atau dua kali.

Di artikel-artikel blog saya pun juga tidak jarang saya memakai istilah Upgrade, dan istilah update.

Nah, kadang istilah upgrade, sering disamakan dengan Update. Padahal, secara makna memiliki arti yang berbeda.

Apa sih upgrade itu? Apa arti upgrade, dan apa bedanya dengan update?

Pengertian upgrade

Kalau kita terjemahkan kata 'Upgrade' ke bahasa Indonesia, Upgrade memiliki arti 'menaikkan'.. Sedangkan Update, memiliki arti 'memperbarui'.

Secara arti mungkin kita paham, apa itu 'menaikkan' dan apa itu 'memperbarui'. Tapi secara definisi yang lebih detail, mungkin masih banyak yang belum paham.

Nah, khusus untuk dunia Komputer dan Gadget, berikut arti kata Upgrade :



Pengertian Upgrade


Upgrade, memiliki arti 'menaikkan'. Maksud menaikkan disini, adalah mengganti dan menaikkan suatu perangkat ke yang lebih bagus. Penggunaan istilah 'Upgrade' ini tidak terbatas, namun biasanya hanya dipakai pada lingkup perangkat fisik saja.

Misalnya, saya memakai Komputer lama yang performanya sudah lemot. 3 tahun kemudian saya mengganti salah satu komponen didalamnya, ke yang lebih bagus. Inilah yang dinamakan Upgrade.

Arti Upgrade contohnya
Ga ada yang namanya istilah 'Update RAM'


Bedanya dengan Update


Sebagian orang masih yang salah kaprah soal ini. Update, memiliki arti memperbarui. Maksud dari memperbarui disini, adalah memperbaiki, memperbagus, mempercantik, meningkatkan ke versi terbaru, dan sejenisnya.

Penggunaan istilah update, biasanya hanya digunakan untuk sebuah sistem saja. Bisa Windows, Linux, Android dan lain-lain.


Update sistem

Kesimpulannya, update memiliki arti yang cukup berbeda dengan upgrade.


Contoh lainnya :


  • Upgrade : Saya punya Laptop dengan RAM 2GB. Kemudian saya tambah RAMnya menjadi 8GB. Karena saya meningkatkan perangkat ke yang lebih bagus, ini disebut upgrade.

  • Update : Saya beli HP baru dengan sistem Android 5.0 Lolipop. Kemudian beberapa minggu setelahnya, terdapat pembaruan, dimana versi dari Android 5.0 di HP tersebut, telah ditingkatkan ke 5.1.1. Dan para pengguna HP tersebut (Termasuk saya), akhirnya mengganti sistem dari versi 5.0 ke versi 5.1.1.

  • Upgrade : Saya pakai HP merk A selama 3 tahun. Beberapa bulan setelahnya, saya mengganti HP saya ke yang lebih bagus.

  • Update : Versi game yang saya mainkan mengalami peningkatan. Seluruh player diwajibkan untuk memperbarui game tersebut, agar bug yang sebelumnya ada, bisa diperbaiki dan player juga bisa mendapat fitur-fitur baru yang tidak ada di versi game lama.

  • Upgrade : Saya pengguna Android 4.3 Jelly Bean. Beberapa minggu setelahnya, saya melakukan upgrade ke versi 6.0 Marshmallow. Kenapa disebut upgrade? bukan update? Jawabannya, karena konteksnya disini bukan hanya meningkatkan versi, tapi juga mengganti sistem ke yang lebih baru secara keseluruhan.

Tapi gak usah dibikin pusing, khusus coontoh yang ini yang ini, banyak juga yang menyebutnya sebagai 'Update'.

Contoh dari Update


Penutup..


Demikian, sekarang sudah paham? Arti upgrade, pengertian upgrade dan beda upgrade dengan update? Penjelasannya saya buat sejelas mungkin. Tapi beberapa kalimat mungkin ada yang bikin bingung, jadi harap maklum.

Jika Anda punya pandangan berbeda tentang Upgrade, silakan beri masukan lewat kotak komentar dibawah. Pendapat Anda akan sangat membantu para pengguna Gadget atau Komputer lain yang juga membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..