Cara Menghapus Akun WhatsApp Secara Permanen [Dengan Gambar]

Media sosial, entah itu Instagram, Facebook, Twitter dan sebagainya, saat ini menjadi kebutuhan dasar berinternet. Disana kita bisa mendapat informasi, melepas stress dan lain-lain.

Walau begitu, tidak sedikit orang yang berinisiatif untuk menghapus akun media sosial mereka, dengan tujuan yang berbeda-beda. Entah itu untuk fokus ke suatu pekerjaan (Ujian, Sekolah misalnya) sampai dengan tujuan privasi.

Termasuk juga akun WhatsApp. Walaupun WhatsApp bukanlah akun media sosial, tapi menghapus akun WhatsApp secara permanen, kadang sangat dibutuhkan.

Cara hapus akun WhatsApp permanen
 

Di salah satu Settings WhatsApp, WhatsApp sendiri sebenarnya sudah memberikan pengaturan untuk membuat user bisa menghapus akun mereka secara permanen.

Namun, karena jarang digunakan, masih sedikit orang yang mengetahui hal ini.

Nah, untuk itulah di artikel ini, saya ingin membahas cara tersebut, yaitu menghapus akun WA yang digunakan.

Dengan tujuan untuk menambah informasi dan wawasan, yang barangkali bisa membantu Anda jika memang sedang membutuhkannya.


Persiapan...


Sebelum menghapus, ada baiknya Anda menyimpan terlebih dahulu foto, gambar atau video yang dibutuhkan. Alasannya karena dengan dihapusnya akun WA, otomatis seluruh data, riwayat chat didalamnya akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan.


Sejauh yang saya tahu untuk backupnya sendiri, jika akun dihapus, maka tidak bisa dilakukan lewat Google Drive. Karena memang nantinya tidak bisa dipakai.

Solusinya, Anda bisa melakukannya secara manual, dengan cara disalin ke memori eksternal. Atau yang lebih aman, disalin saja ke PC atau Laptop Anda.

Datanya bisa dilihat di Penyimpanan >> WhatsApp >> Media :

Data whatsapp


Cara Menghapusnya :


Cara menghapusnya sangat mudah. Karena seperti yang saya bilang sebelumnya, WhatsApp sendiri sudah memberikan pengaturan khusus untuk menghapus akun secara permanen.

Nah, caranya :


Langkah 1 : Klik tombol titik tiga >> Kemudian klik Setelan :


Setelan WA


Langkah 2 : Kemudian klik Akun


Setelan Akun WA
 

Langkah 3 : Lalu klik Hapus akun saya


Hapus akun

Langkah 4 : Masukkan nomor HP dari akun WhatsApp yang ingin dihapus, kemudian klik Hapus akun saya


Hapus akun WA permanen


Setelah Anda memasukkan nomor HP dan klik hapus akun, secara otomatis akun Anda akan terhapus. Prosesnya sendiri tidak langsung seketika, melainkan butuh waktu sekitar 90 hari sampai data benar-benar terhapus.

Lengkapnya kita bahas dibawah :



Pertanyaan Tentang Menghapus Akun WA Secara Permanen


Beberapa orang mungkin ada yang masih penasaran atau belum paham, apa yang terjadi jika akun whatsapp dihapus.

Nah, supaya gak capek-capek mencari informasi kesana-kesini, Anda bisa membaca jawaban dari rangkuman pertanyaan berikut, yang saya ambil dari situs resmi WhatsApp (langsung).


Apa saja yang akan hilang ketika akun WA dihapus?

Ketika akun WA dihapus, pertama yang akan terjadi tentu saja akun WA tersebut akan hilang dari daftar pengguna. Selain itu, seluruh data-data pada WA juga akan terhapus, meliputi riwayat chat grup, dan chat dengan orang lain.

Selain itu, nantinya akun Anda juga akan otomatis keluar dari grup-grup yang telah dimasuki.
Nah, dan yang terakhir, seluruh data yang ada di Backup Google Drive Anda juga akan hilang. Inilah kenapa saya tadi menyarankan untuk membackup data WA Anda secara manual.


Apa saya bisa mengakses akun saya?

Menurut dari halaman resmi WA, jawabannya tidak. Disana tertulis "You can't regain access to your account" atau kalau di terjemahkan, artinya "Anda tidak bisa kembali memperoleh akses akun Anda".


Apa akun saya langsung terhapus?

Seperti yang saya bilang tadi, jawabannya tidak. WhatsApp butuh waktu 90 hari sampai akun benar-benar terhapus. Sementara itu, data masih tersimpan namun tidak bisa diakses.


Apa bedanya hapus akun dengan ganti nomor?

Sangat beda. Hapus akun = menghapus akun yang terdaftar pada suatu nomor. Sedangkan ganti nomor, ktia hanya sekedar menggantinya, dan akun lama masih tetap ada. Ini kadang suka salah kaprah juga.


Apa melakukan Clear data atau uninstall WA akan menghapus akun?

Beda. Clear data atau uninstall WA, memang akan menghilangkan akun dari aplikasi WA. Namun akun tidak terhapus, melainkan masih tersimpan dan bisa digunakan sewaktu-waktu jika memang perlu.

  
Apakah bisa daftar ulang dengan nomor dari akun yang sudah terhapus?

Menurut beberapa sumber yang saya dapat, ternyata bisa dilakukan. Tapi perlu diingat, data-data yang sudah pihak WhatsApp hapus (Chat, Grup dan sebagainya) akan hilang. Intinya seperti menjadi sebuah akun fresh lagi.


Penutup...


Menghapus akun WA, tidaklah sulit. Namun tentunya perlu persiapan yang matang, agar Anda tidak kehilangan data-data penting nantinya.

Pendapat saya pribadi, walau menghapus akun WA jaranglah dilakukan, namun caranya patut diketahui, mempertimbangkan barangkali sewaktu-waktu dibutuhkan.

Itu saja, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..