Cara Membuat Headset Jadi Mic di Laptop / PC [Lengkap + Gambar]

Dulu, fungsi mic pada headset memang tidak begitu diperhatikan, karena memang jarang sekali dipakai. Mentok, paling untuk telfonan saja.

Namun berbeda jauh dengan sekarang. Fungsi mic sangatlah dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Contoh paling banyak ialah ngegame online menggunakan Mic, yang bertujuan berkomunikasi antar teman dalam sebuah tim.

Nah, harga mic atau headset dengan mic sendiri sebenarnya tidak terlalu mahal..

Tapi tahukah Anda, kalau Anda juga bisa membuat headset Anda (Tanpa mic) jadi sebuah mic? Ya, seperti yang ingin saya bahas disini..


Membuat headset jadi mic


Menjadikan headset sebagai mic sebenarnya bukanlah hal yang baru. Hal ini sudah beberapa kali dibahas di website-website dalam, maupun luar negeri.

Saya sendiri bahkan, sudah mengetahuinya  sejak tahun 2012 lalu (Atau mungkin lebih lama).

Nah, trik ini juga bisa digunakan untuk semua Komputer atau Laptop, dari Windows 7, Windows 8, sampai Windows 10.

Okay, langsung saja kita bahas caranya :


Persiapan...


Yang pertama perlu Anda siapkan, tentu saja sebuah headset atau Earphone HP. Kalau tidak ada, bisa beli dengan harga paling terjangkau sekitar 10 ribu, atau rata-rata 20 ribu rupiah di konter HP.

Contoh Earphone


Jika sudah, lanjut lagi :

 

Cara Mengubah Headset Jadi Mic


Langkah 1 :

Pertama, sambungkan mic tadi ke Port mic di PC / Laptop Anda. Untuk Laptop, biasanya ada 2 port. 1 untuk Headset, dan 1 untuk mic. Nah, portnya biasanya ditandai dengan logo mic. Kalau tidak ada, cukup coba sambungkan ke port berwarna merah :

Jac Mic LAPTOP

Nah itu untuk Laptop. Untuk PC, biasanya terdapat 3 Port. Tapi ga usah ribet, coba sambungkan ke Port yang berwarna merah :

Jack MIC PC


Langkah 2 :

Setelah disambung, lanjut pergi ke Control Panel >> Hardware And Sounds >> Sounds. Kemudian geser kebawah. Jika Headset sudah tersambung dengan benar, harusnya akan terbaca sebuah mic di jendela tersebut. Seperti ini :

Mic Headset HP di PC
 
Nah, dan ingat, mic tersebut harus terdapat tanda centang (Lihat gambar). Tanda ini berarti mic siap digunakan.


Langkah 3 :

Sekarang lanjut settings. Pertama, pergi ke Tab Recording kemudian Klik kanan pada Microphone lalu klik Properties :

Properties setting mic


 Klik tab Listen >> Kemudian centang Listen to this device :

Setting Listen To this device


Di tempat yang sama, selanjutnya pergi ke tab Levels. Atur pengaturan Microphone dan Microphone Boost menjadi full. Fungsinya supaya suara Anda bisa mudah terdeteksi dan terdengar :

Setting microphone


Setelah itu klik Apply lalu Klik OK. Kemudian tutup semua jendela tadi, dan tes bicara (atau tiup) headset Anda. Kalau settingannya benar, harusnya headset sudah berubah jadi mic.


Penutup...


Demikian, sedikit informasi tentang trik : cara menjadikan headset  sebagai mic di PC atau Laptop. Untuk kualitas suara yang dihasilkan sendiri menurut saya tidak buruk, walau jujur, memang masih kalah dengan Headset yang sudah satu set dengan mic.

Tapi menurut saya cara ini bisa jadi alternatif, untuk Anda yang memang belum ada untuk beli Headset dengan Mic misalnya.

Nah, untuk membuat bicara jadi lebih lancar, saya sarankan untuk melepaskan earbud pada Headset, supaya suara jadi tidak teredam.

Juga kalau bisa, gunakan headset yang memang modelnya tidak ada earbudnya. Ini bisa menghantarkan suara Anda lebih baik.

Sekian, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..