6 Cara Mengatasi Kecerahan Layar HP Error Tidak Berfungsi

Dalam penggunaan HP Android, brightness pada layar memang sangat berpengaruh terhadap rutinitas. Kita wajib mengatur kecerahan, sesuai dengan kondisi ruangan, yang bertujuan agar mata tidak cepat lelah.

Nah, beberapa waktu lalu, saya sempat mengalami masalah, dimana HP saya kecerahan layarnya mengalami error, dan tidak bisa diatur. Waktu saya coba mengaturnya ke yang lebih cerah, HP tidak jadi lebih terang. Begitupun sebaliknya.

Jujur saja, buat saya yang hobi nonton Film di HP, masalah ini sangat mengganggu. Karena dalam waktu beberapa menit saja mata sudah capek duluan.

mengatasi kecerahan layar android tidak jalan


Masalah kecerahan layar yang tidak berfungsi ini bukan hanya terjadi di satu atau dua merk HP saja. Semua merk HP seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Lenovo, ASUS dan lainnya juga bisa terjadi lho..

Untuk penyebabnya, menurut saya bisa disebabkan karena beberapa hal. Google sendiri bahkan sudah pernah membahas masalah ini, dan memberikan solusinya.

Nah, walau Google sudah memberi solusinya, disini saya juga ingin membahas cara memecahkan masalah Brightness layar yang tidak berfungsi, karena kebetulan saya sendiri pernah mengalaminya.

Yang semoga berhasil untuk Anda.


1. Restart HP


Fungsi restart disini untuk menghilangkan suatu error yang barangkali sedang berjalan sewaktu HP sedang nyala.

Dengan melakukan restart, otomatis semua task akan berhenti, dan error yang ada akan menghilang.

Lakukan restart seperti biasa : Tekan tombol Power >> Kemudian klik Mulai ulang

Mulai ulang HP


Setelah itu, coba setting kecerahan layar HP Anda kembali seperti biasa.


2. Setting melalui Aplikasi Setelan


Dalam beberapa kejadian, penyebab kecerahan layar tidak bisa diatur ini bisa disebabkan karena adanya error pada Notifikasi bar.

Ini pernah saya alami dulu, ketika saya geser fungsi kecerahan pada notifikasi bar, ternyata tidak bekerja. Setelahnya, saya mencoba mengaturnya melalui Setelan, dan ternyata normal.

Caranya :

Buka Settings >> Tampilan >> Kemudian atur Tingkat Kecerahan HP Anda disini.


Setting brightness


3. Mengatasi Aplikasi yang menjadi penyebabnya


Beberapa Aplikasi, secara langsung maupun tidak langsung, juga bisa jadi penyebab dari brightness layar HP Anda yang tidak bisa diatur.

Terutama untuk Aplikasi yang berhubungan dengan sistem, dan untuk Aplikasi yang berhubungan langsung dengan fungsi layar.

Cara Mengatasinya :

  • Lakukan Reboot ke Safe Mode. Caranya klik tombol Power >> Kemudian tekan logo Matikan Daya :
Safe mode android

  • Selanjutnya tekan Oke untuk masuk ke Safe Mode

Safe mode

  • Setelah berhasil Reboot, coba atur kecerahan layar HP Anda disini. Kalau bekerja, itu artinya penyebabnya memang dari Aplikasi.
 

Cara mencari Aplikasinya : Buka Settings >> Memori. Jika ketemu, tinggal uninstall seperti biasa.


4. Non-aktifkan Opsi developer


Opsi Developer, adalah pengaturan dimana Anda bisa mengatur beragam settings yang sebelumnya tidak ada pada setelan. Nah, Opsi Developer ini defaultnya disembunyikan, sehingga harus dimunculkan terlebih dahulu.

Walau cukup bermanfaat, tapi dalam beberapa situasi Opsi Developer bisa membuat kecerahan layar Anda jadi tidak berfungsi.

Caranya :

  • Buka Settings >> Opsi Developer >> Nonaktifkan Opsi Developer

cara disable Opsi developer



5. Unroot HP


Rooting Android, memang memiliki beragam manfaat dan resiko tersendiri. Nah, salah satu resiko dari Root, adalah bisa memunculkan beberapa error setelah prosesnya selesai dilakukan.

Salah satu yang pernah saya temui, yakni HP saya tidak bisa diredupkan layarnya, dan kecerahan layarnya selalu berada di posisi yang paling terang.

Cara mengatasinya? Mau tidak mau Anda mesti melakukan Unroot, supaya status Root di HP Anda bisa hilang.


6. Reset HP


Dan tips terakhir yang bisa saya beri, adalah dengan melakukan reset.

Melakukan reset ini cukup ampuh, karena 2 HP yang mengalami masalah kecerahan, normal kembali setelah saya reset.

Opsi ini bisa Anda pertimbangkan, setelah Anda memastikan seluruh data yang ada di HP Anda sudah terbackup. Karena melakukan reset HP, juga bisa menghilangkan data.

Cara resetnya silakan baca cara reset HP Android


Penutup...


6 cara diatas adalah cara yang bisa saya berikan untuk mengatasi kecerahan layar pada HP yang tidak berfungsi. Jujur saja, masalah ini lumayan merepotkan, karena kadang-kadang memang sulit diperbaiki.

Nah, bagaimana kalau Anda sudah mengikuti semua poin diatas (termasuk reset) tapi HPnya masih belum benar?

Kalau sudah begini, mau tidak mau HP Anda mesti diinstall ulang. Caranya? Bisa dengan membawanya ke Service Center (Karena kalau dilakukan sendiri takut ada error lain).

Sekian, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..