3 Cara Mengatur Layar HP Supaya Mata Tidak Capek [Efektif!]

Penggunaan HP memang sebaiknya dibatasi, agar mata bisa tetap sehat.

Namun melihat layar HP di jaman sekarang ini merupakan suatu kebiasaan yang sulit dihindari. Mengirim pesan dan berkomunikasi, hampir semuanya dilakukan lewat HP.

Apalagi untuk orang-orang yang butuh penggunaan HP sampai berjam-jam.. Seperti pebisnis, seller online, Internet Marketer dan sejenisnya.

Cara mengatur kecerahan layar hp

Sebelumnya, saya juga sempat menulis tentang cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama melihat layar HP.

Di salah satu poin artikel tersebut, saya sempat membahas, bagaimana caranya mengatur layar, agar mata tetap nyaman meskipun HP dilihat dalam waktu lama.

Nah, pada artikel ini, saya ingin membahas lebih detail, cara untuk mengatur layar tersebut, yang semoga bermanfaat untuk Anda yang punya masalah mata lelah akibat HP.

Langsung saja, berikut caranya :


1. Setting Brightness


Setting brightness, memang suatu keharusan jika Anda ingin mata Anda tetap nyaman. Setting brightness yang salah, bisa membuat mata cepat capek bahkan perih.

Ada beberapa rekomendasi setting Brightness. Namun, semuanya harus disesuaikan dengan kondisi ruangan. Gampangnya, kalau terang = atur Brightness ke max, kalau gelap = sesuaikan.

Cara aturnya sama seperti biasa :

  • Buka Menu bar bagian atas >> Atur Brightness HP Anda.


Kecerahan hp

  • Atau lewat Settings >> Tampilan >> Atur Brightness disini.
 

Brightness setting


Oh iya, di Settings >> Tampilan, Anda juga bisa mengatur Adaptive Brightness. Disini pengaturan Brightness akan disesuaikan secara otomatis mengikuti kondisi ruangan.

Adaptive brightness


Nah, kalau Anda mengalami masalah Brightness HP Anda tidak bisa diatur, silakan baca panduan : Memperbaiki Kecerahan layar HP tidak berfungsi. Disana sudah saya bahas lengkap.


2. Atur Temperature Layar


Di layar HP, selain pengaturan kecerahan, juga terdapat yang namanya temperature pada layar. Bedanya, pengaturan temperature ini berfungsi untuk mengubah warna HP menjadi dingin atau panas.

Nah, temperature layar ini wajib Anda atur. Karena sama seperti Brightness, pengaturan temperature ini harus disesuaikan dengan kondisi penggunaan. Contohnya, saya sendiri jika baca Novel di HP selalu membuat temperaturenya jadi panas, supaya gak cepat capek.

Caranya :

Masuk ke Settings >> Tampilan >> Live Display >> Suhu pada warna >> Kemudian silakan atur warna temperature pada layar :
Pengaturan Temperatur
Atur kedua opsi (Siang & malam).. Semakin rendah pengaturan, mata akan semakin nyaman jika melihat layar. Namun semakin rendah, tampilan juga akan semakin memerah, dan di beberapa situasi akan membuat mata malah jadi tidak nyaman.

Intinya disesuaikan saja.


3. Pakai Aplikasi Blue Light Filter


Setting Live Display sebelumnya, tidak semuanya bisa diatur di seluruh versi Android. Ada beberapa versi Android yang belum mendukung fitur Live Display, terutama pada opsi temperature.

Cara mengatasinya, Anda bisa memakai Aplikasi Blue Light Filter.

Blue Light Filter, adalah aplikasi yang berguna untuk mengubah kecerahan sekaligus temperatur pada layar. Bedanya, di aplikasi ini Anda akan diberikan opsi yang telah disesuaikan dengan kondisi ruangan.

Misalnya, mode malam, siang, dalam ruangan, lampu pijar, sampai fajar.

Caranya :

  • Download dulu aplikasi Blue Light Filter di Playstore, kemudian buka Aplikasinya.
 

Filter cahaya biru

  • Setelah itu, Anda tinggal mengatur kondisi ruangan, intensitas suhu warna, dan keredupan layar.

Pengaturan aplikasi filter cahaya biru


Aplikasi ini menurut saya sangat bermanfaat. Tidak heran, Aplikasi ini juga telah mendapatkan title Editor's choice di Playstore.

Penutup...


Demikian, sedikit panduan mengatur layar HP agar tidak cepat capek untuk dilihat dalam jangka waktu yang lama. 3 cara diatas, biasa saya pakai untuk Browsing, Baca buku dan Nonton Film, dan cukup efektif saat digunakan berjam-jam.

Jika Anda punya tips lainnya seputar pembahasan ini, saya akan sangat berterima kasih jika Anda mau menaruh tipsnya lewat kotak komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..