2 Cara Memperkecil Ukuran File JPG Menjadi 100KB Atau Kurang

Di Komputer, ada beberapa format file gambar yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Misalnya .ICO untuk icon, .PNG untuk gambar biasa, .GIF untuk gambar bergerak (Animasi), dan .JPG untuk gambar bergaya fotografi.

Namun, untuk saat ini, rata-rata format gambar yang digunakan itu ada 2. Yakni .PNG dan .JPG. Kedua format gambar ini memiliki kelebihan masing-masing dan mudah ditemukan di Internet.

Bicara soal format gambar.. Format JPG, seperti yang saya bilang tadi biasanya digunakan untuk foto bergaya fotografi. Dan rata-rata gambar fotografi itu sizenya besar.

Karena itulah, tidak sedikit orang yang suka mencari cara mengecilkan ukuran file JPG, untuk menghemat size.

Cara mengecilkan ukuran file JPG

Saya sendiri jujur saja, selalu memperkecil ukuran gambar-gambar JPG di blog saya, sebelum diupload dan dimasukkan ke artikel.

Kenapa? Karena kalau tidak dicompress, itu biasanya ada perbedaan size hingga puluhan persen lebih besar, yang bisa berakibat membuat loading blog jadi lemot.

Untuk melakukan compress gambar JPG, sebenarnya tidak ribet. Caranya hampir sama dengan cara-cara kompress gambar pada umumnya, yang orang awampun pasti bisa melakukannya.

Nah, pada artikel ini saya ingin membahas sedikit tutorial, tentang cara mengurangi ukuran gambar JPG dari cara yang biasa saya gunakan sehari-hari, untuk Anda yang barangkali juga sedang membutuhkan.

Oke langsung saja, berikut caranya :


1. Resize Gambar terlebih dahulu


Saat Anda sedang mengambil gambar melalui kamera (Digital atau HP), itu biasanya selalu berformat JPG, dan biasanya juga memiliki resolusi tersendiri.

Resolusi gambar ini berbeda-beda, tergantung dari perangkat yang dipakai.. Misal, dari 1280X720, 1920X1080 sampai resolusi kamera 4K keatas yang bisa ditemukan di perangkat-perangkat mahal (2-3 Juta keatas).

Nah, yang perlu Anda ketahui, resolusi ini erat sekali kaitannya dengan size gambar. Semakin besar resolusi, semakin besar pula size yang dihasilkan.

Untuk itu, Anda perlu me-resize terlebih dahulu gambar JPG Anda. Caranya :


Langkah 1 :

Klik kanan gambar JPG Anda >> Kemudian pilih Open With >> Lalu klik Paint :

Buka dengan Paint


Langkah 2 :

Buka tool resize (atau klik Ctrl + W) :

Tools resize


Langkah 3 :

Ubah satuan menjadi pixels, kemudian atur setting horizontal / vertikal (Pilih satu saja), nanti setting lain akan menyesuaikan :

pengaturan Ukuran pixels gambar


Jika sudah, klik OK.

Nah, Anda bisa melihat perubahan size gambar dari sebelum dan sesudah resize. Contoh pertama, ini adalah gambar JPG dengan resolusi 1920X1080 dan size 482Kb :

Hasil gambar pertama


Dan ini gambar kedua dengan resolusi yang telah diturunkan ke 800X450. Size akhir yang didapat, menjadi 151KB :

Ukuran gambar kedua


Lumayan bukan?

Oh iya, mesti diingat juga. Melakukan resize, bisa membuat gambar menjadi pecah jika diubah jadi terlalu kecil. Apalagi jika dari awal resolusi fotonya sudah kecil.

Solusinya, atur resize dengan bijak, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dan size yang diinginkan.

Tips resize ini adalah salah satu poin dari artikel saya yang berjudul Cara mengurangi resolusi foto. Jika Anda mau, Anda juga bisa membaca artikel tersebut, disana ada tambahan tips dengan Photoshop juga.


2. Compress Gambar


Setelah di resize, gambar sebenarnya masih bisa dikurangi lagi ukurannya. Untuk masalah ini, ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai. Namun saya pribadi lebih suka menggunakan salah satu situs favorit saya, yakni tinyjpg.com.

Situs ini berfungsi untuk mengompress seluruh file gambar (termasuk JPG), menjadi lebih kecil, yang bahkan bisa 60% atau bahkan lebih kecil lho..

Selain itu, situs ini juga punya fitur otomatis compress, jadi tidak perlu ribet-ribet menyetting ini dan itu lagi.

Nah, cara menggunakannya mudah sekali :

Langkah 1 :

Pertama, buka terlebih dahulu situs tinyjpg.com kemudian tombol upload bagian tengah : 


Tombol Upload


Setelah itu Browse gambar yang tadi sudah di resize :

Browse Gambar


Langkah 2 :

Tunggu proses upload dan compressnya :

Proses pengurang ukuran


Jika sudah, Anda bisa langsung mendownload hasilnya :

Gambar kompress tiny jpg


Penutup...


Nah, demikian sedikit informasi tentang cara mengecilkan ukuran file JPG menjadi 100KB atau kurang. Bisa Anda lihat, hasil akhir dari compressing yang saya lakukan, berhasil mendapat size dibawah 100KB, atau lebih tepatnya 77KB.

Oh iya, tips ini juga tidak mengikat. Anda bisa mencoba berimprovisasi menggunakan cara Anda sendiri, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk referensi, Anda bisa melihat-lihat daftar isi editing di blog ini. Disana ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..