5 Cara Jitu Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp

Fitur memanggil telepon via aplikasi chat, saat ini cukup sering digunakan, sebagai ganti penggunaan pemanggilan konvensional biasa. Kelebihan dari fitur ini, ialah kita hanya memerlukan koneksi internet sebagai media untuk menghubungkannya.

Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang juga memiliki fitur ini. Yup, ada 2 mode panggilan yang bisa dilakukan via Whatsapp, yaitu panggilan biasa dan video call.

Nah, bicara soal fitur telepon, ada satu masalah yang cukup menarik untuk dibahas, yakni masalah tidak bisa melakukan panggilan pada WA.

Voice call WA error


Jenis dari masalah saat melakukan panggilan WA ini bermacam-macam. Namun secara garis besar ada 3 :


  • Panggilan Whatsapp menghubungkan terus menerus : Whatsapp akan terlebih dahulu memberi pesan "Menghubungkan" sebelum lawan bicara menerima panggilan kita.  Nah, masalah menghubungkan terus menerus cukup sering terjadi, dan menyebabkan telepon jadi sulit tersambung.

  • Tidak dapat memanggil, tidak ada koneksi internet: Pesan gagal memanggil tidak ada koneksi internet ini sering muncul ketika baru atau sedang memanggil via WA. Masalah ini disebabkan koneksi terganggu.

  • Masalah panggilan lainnya : Misalnya, 'Panggilan ditolak', 'Sedang berada dalam panggilan lain' dan sebagainya.



Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, berikut cara mengatasi Whatsapp tidak bisa melakukan panggilan :


1. Periksa koneksi Internet, pastikan kencang dan stabil


Saat melakukan panggilan, koneksi internet yang dipakai harus kencang dan stabil. Ini penting, karena jika tidak akan muncul beberapa masalah pada WA, diantaranya panggilan tiba-tiba terputus, dan muncul peasn "Tidak ada koneksi internet" seperti yang saya bilang tadi.

Bagaimana cara mengeceknya?

Nah, untuk saat ini saya belum memiliki artikel referensi cara melihat koneksi Internet. Namun Anda bisa melakukan pengecekan melalui situs speedtest. Disana tinggal klik MULAI saja.

Kecepatan Inet
Contoh hasil speedtest


Berapa minimal kecepatan yang baik untuk melakukan panggilan?

Untuk ini saya tidak tahu pasti. Tapi kalau dari pengalaman saya melakukan voice call menggunakan beberapa aplikasi chatting, kecepatan yang dibutuhkan minimal setidaknya 1Mbps, dengan ping 100ms.

Dibawahnya, kemungkinan panggilan suaranya akan mengalami putus-putus, reconnecting atau bahkan mungkin mengalami disconnect.


2. Pastikan nomor Anda tidak diblokir Kontak yang dituju


Nomor kita diblokir kontak tujuan.. Ini yang ingin saya bahas selanjutnya.

Pada WA, terdapat yang namanya fitur 'blokir'. Menggunakan fitur ini kita bisa memblokir kontak tertentu agar tidak dapat menghubungi kita, baik itu pesan maupun panggilan.

Nah, ini juga sudah dibahas langsung oleh Whatsapp melalui situs resminya :

Nomor Whatsapp diblokir


Saya sendiri pernah mengetes melakukan panggilan ke kontak tertentu yang telah memblokir nomor saya. Lalu apa yang terjadi?

Panggilan mengeluarkan pesan 'Memanggil', namun di HP dengan nomor WA tujuan, tidak ada notifikasi masuk panggilan sama sekali.

Panggilan kontak


Disini saya bisa mengambil kesimpulan, Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah nomor Anda diblokir kontak tujuan apa tidak, agar panggilan yang Anda lakukan bisa terhubung.


3. Coba clear cache dan clear data Whatsapp Anda


Dalam penggunaannya,  opsi Clear Cache dan Clear Data ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai error pada WA. Misalnya, masalah video yang tidak bisa diputar.

Dan untuk mengatasi panggilan pada WA, tentu saja opsi ini juga sangat direkomendasikan. Karena bukan tidak mungkin, WA Anda yang mengalami error saat melakukan panggilan bisa jadi normal kembali.

Caranya :

  • Pergi ke Settings >> Aplikasi >> Cari aplikasi Whatsapp >> Terakhir, lakukan Clear Cache dan Clear data :

Clear data dan cache WA


Setelah itu restart HP.

Nah, setelah di Clear Data, WA akan kembali ke posisi belum terlogin. Anda harus login terlebih dahulu seperti biasa sebelum WA bisa digunakan.



4. Coba Update atau hapus dan pasang kembali WA


Tidak dipungkiri, melakukan update atau reinstalling WA, bisa jadi solusi dari berbagai masalah error pada WA, termasuk masalah panggilan.

Opsi ini bahkan bisa saya bilang jauh lebih efektif ketimbang melakukan Clear data atau Cache.

Cara melakukannya simpel :

  • Update WA : Buka Playstore >> Cari Whatsapp >> Kemudian Update jika tersedia


Update WA

  • Uninstall WA : Buka Playstore >> Cari Whatsapp >> Kemudian Uninstall dan Install lagi jika sudah.

Copot pemasangan WA


Pasang WA


Setelah melakukan update atau reinstall, ada baiknya untuk merestart HP terlebih dahulu sebelum memakai WA kembali seperti biasa.


5. Reset HP


Masalahnya ada di WA kenapa mesti reset HP?

Jangan salah lho. Masalah error saat melakukan panggilan pada WA juga bisa disebabkan karena sistem HP Anda mengalami error.

Jadi saya pikir, tidak ada salahnya agar Anda mencoba melakukan reset HP terlebih dahulu, barangkali masalah panggilan WA ini bisa jadi normal lagi.

Untuk cara resetnya, silakan baca cara reset HP Android.. Disana sudah saya bahas lengkap.


Penutup...


5 Cara diatas, adalah penyebab dan solusi yang paling umum untuk mengatasi masalah dalam melakukan panggilan Whatsapp.

Karena definisi dari 'Masalah panggilan Whatsapp' ini berbeda-beda, mungkin masih ada hal lainnya yang belum saya bahas diatas.

Untuk itu, jika Anda mengalami jenis masalah lain selain yang saya bahas diatas, Anda bisa menanyakannya lewat kotak komentar dibawah, barangkali nanti bisa saya bantu.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..