Tanggal WhatsApp Tidak Akurat? Pakai 4 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Sudah beberapa kali saya menulis tentang Whatsapp di situs ini. Tercatat, ada puluhan artikel tentang Whatsapp yang telah dibuat dan mencakup beberapa tutorial atau perbaikan masalah.

Nah, beberapa waktu lalu saya tidak sengaja menemui satu masalah yang cukup menarik untuk dibahas pada WhatsApp. Yakni munculnya pesan "“Tanggal pada ponsel Anda tidak akurat” atau kalau dalam bahasa Inggris kurang lebih "Your phone date is inaccurate".

Beberapa dari Anda pasti penasaran kan? Apa penyebab masalah ini dan bagaimana cara mengatasinya?

Kita bahas dibawah ini :


Your phone date is inaccurate



Penyebab dari masalah Tanggal atau waktu tidak akurat pada Whatsapp, tidaklah serumit yang mungkin Anda kira. Karena biasanya hanya disebabkan oleh 3 hal :


  • WhatsApp Outdate : WhatsApp yang Anda pakai sudah kadaluarsa, karena belum Anda update. Ini yang paling sering saya temui.

  • Setting waktu yang salah : Anda mungkin pernah mensetting atau tidak sengaja menyetting tanggal waktu Anda ke zona yang salah. 

  • Setting waktu HP berubah ke manual : Saat setting waktu HP berubah ke manual, itu biasanya pengaturan waktunya masih belum benar. Biasanya terjadi saat HP dilepas kartu SIMnya.


Nah, walau penyebabnya yang ternyata tidak rumit, tapi tentu saja ada sebagian orang yang belum paham cara mengatasinya. Terutama untuk yang barangkali masih awam soal HP Android.

Dan pada tutorial berikut ini, saya ingin membahas bagaimana cara untuk mengatasi tanggal Whatsapp tidak akurat di HP Anda.

Berikut pembahasannya :


1. Update WhatsApp Anda


Cara update WA


Ya, langkah awal yang harus Anda coba adalah dengan mengupdate WhatsApp Anda. 

Setiap beberapa waktu, WhatsApp selalu merilis update untuk perbaikan atau penambahan fitur-fitur baru. Dan Anda sebenarnya wajib untuk mengupdate WA Anda.

Bukan tanpa alasan, karena setelah beberapa versi Anda masih belum juga mengupdate WhatsApp Anda, maka bukan tidak mungkin akan muncul masalah tanggal error pada WhatsApp.


Cara Updatenya :


  • Buka Google Playstore >> Kemudian cari WhatsApp. Jika ada update, lakukan update seperti biasa (Lihat contoh gambar diatas).


2. Coba atur tanggal pada HP Anda


setting zona waktu HP


Tanggal dan waktu HP, biasanya akan tersetting secara otomatis mengikuti setting provider ketika kartu SIM dimasukkan.

Nah, tapi kadang ada juga setting waktu yang salah pada HP, disebabkan karena seperti yang saya bilang tadi. Yakni akibat salah setting, atau karena kartu SIM yang dilepas (Harus diatur manual).

Untuk memperbaiki hal ini tidaklah sulit.


Caranya :

  • Buka Settings >> Tanggal dan waktu >> Lalu centang opsi Tanggal & Waktu otomatis dan Zona waktu otomatis (Lihat contoh gambar diatas)


3. Clear Data Whatsapp



Cara hapus data Whatsapp



Opsi Clear Data, sangat ampuh untuk mengatasi berbagai error pada Whatsapp. Termasuk masalah tanggal tidak akurat, tidak ada salahnya agar Anda mencoba cara ini.

Anda bisa melakukan Clear Data dengan mudah di HP Anda. Namun perlu dicatat, pastikan nomor HP yang Anda pakai untuk login WA tidak hilang. Karena nanti Anda diharuskan untuk login ulang.


Caranya :

  • Buka Settings >> Aplikasi >> Geser ke bawah kemudian cari WhatsApp >> Lalu klik tombol Clear data (Lihat gambar diatas).


4. Install ulang Whatsapp


Install Whatsapp Playstore


Beda dengan opsi Clear Data, melakukan install ulang (Reinstall) Whatsapp, akan mengganti seluruh data Whatsapp dengan yang baru, sekaligus mengupdatenya ke versi terbaru juga.

Cara ini wajib Anda coba jika Anda sudah mencoba 3 cara sebelumnya namun belum berhasil. 

Dan sama seperti Clear Data, melakukan reinstall Whatsapp akan membuat akun jadi terlogout. Jadi pastikan Anda masih memiliki nomor HP dari akun Anda.


Caranya :

  • Hapus Aplikasi WhatsApp seperti biasa. Kemudian buka Playstore >> Cari WhatsApp >> Kemudian Install seperti biasa.


Penutup...


Dengan 4 cara diatas, saya pikir itu sudah sangat efektif mengatasi pesan tanggal tidak akurat pada Whatsapp. Dan setelahnya, jika Anda menemui masalah yang sama Anda hanya perlu mengulangi salah satu dari 4 cara tadi.

Punya masalah lain tentang WhatsApp? Coba tanyakan lewat kotak komentar dibawah, atau kirim ke kontak saya.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..