6 Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Mengirim Pesan [Berhasil]

Kalau bicara soal stabilitas, saya kira Whatsapp adalah salah satu yang terbaik. Aplikasi WA jarang mengalami pending atau gangguan. Meskipun ada, itu itu hanya sesekali.

Walau begitu tidak sedikit pengguna yang mengeluh bahwa mereka mengalami beberapa masalah saat sedang mengirim pesan  menggunakan WA. Salah satunya masalah pesan WhatsApp tidak terkirim saat sedang chatting.

Lalu apa sih, penyebab sebenarnya dari masalah Whatsapp tidak bisa mengirim pesan? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Tidak bisa kirim pesan WA


Seperti yang saya bilang tadi, WA gangguan itu kejadiannya jarang sekali. Karena inilah, hampir bisa dipastikan bahwa kebanyakan masalah gangguan WA saat mengirim pesan, mungkin ada dari faktor internal. Yakni disebabkan oleh HP Anda sendiri.

Nah, pihak Whatsapp juga sebenarnya tidak diam saja, ketika mendengar keluhan usernya soal masalah ini. 

Di salah satu halaman website resminya yang berjudul "Masalah dalam menerima dan mengirim pesan" Whatsapp telah menulis beberapa penyebabnya, diantaranya :

Masalah penerimaan dan mengirim pesan situs WA

 
Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Untuk cara mengatasinya, saya rasa tidak begitu sulit. Karena saya sendiri hampir selalu berhasil mengatasi masalah sulit mengirim pesan ke teman saya ketika menggunakan WA.

Langsung saja, berikut caranya :




1. Restart HP


Mulai ulang HP


Opsi restart HP, kadang bisa berpengaruh untuk memperbaiki berbagai macam error di aplikasi. Termasuk aplikasi Whatsapp.

Tidak tanpa bukti, di website resmi WhatsApp juga (Lihat link diatas) telah menuliskan opsi ini untuk mengatasi masalah dalam penerimaan atau pengiriman pesan pada WA.



2. Pastikan Koneksi Internet Berjalan Lancar


Banyak orang mengeluh pesan WA mereka tidak terkirim, padahal mereka tidak menyadari bahwa koneksi internet mereka sedang gangguan.

Karena walau sebenarnya penggunaannya ringan, Whatsapp juga tentunya membutuhkan koneksi internet yang lancar, agar proses pengiriman pesan bisa berjalan normal.

Hal yang paling umum terjadi pada WA ketika koneksi internet sedang gangguan, pesan akan menjadi tertunda dan muncul logo jam. Seperti berikut :

Logo jam WA


Cara mengatasinya :

Silakan cek koneksi internet Anda, dan coba ganti koneksinya apabila gangguan. Untuk WA, koneksi tidak perlu kencang, yang penting pastikan sinyal bagus (HSPA / 4G) dan stabil. 


3. Lakukan Clear Cache dan Data WhatsApp


Melakukan clear cache dan data, bisa membantu untuk mengurangi hingga menghilangkan error yang mungkin terjadi pada WhatsApp. Di beberapa tutorial blog inipun saya selalu merekomendasikan opsi ini.

Termasuk masalah pesan, jika Anda mengalami masalah pesan WA Anda tidak bisa terkirim, coba lakukan cara ini, siapa tahu WA jadi normal lagi.

Caranya :
Buka Settings >> Aplikasi >> WhatsApp >> Kemudian klik Clear cache dan Clear data.


Hapus data Hapus Cache Whatsapp


Perlu diingat, melakukan cara ini akan membuat akun WA Anda terlogout. Jadi pastikan Anda masih ingat data-data WA Anda yang diperlukan untuk login. 


4. Update WhatsApp


Update WA itu wajib ketika memang versi terbarunya sudah tersedia di Playstore. Bukan tanpa alasan, karena tiap ada update, WA selalu memperbaiki berbagai macam bug dan error yang ada jadi normal kembali.

Ini bisa membantu meningkatkan stabilitas WA Anda, sekaligus memperbaiki masalah seperti pesan tertunda, dan pesan gagal terkirim.

Caranya :

Coba cek aplikasi Whatsapp di Playstore. Jika ada update, klik update.

Update aplikasi WA

5. Pastikan Nomor Anda Tidak Diblokir


Seperti yang Anda tahu, WA memiliki fitur blokir kontak tertentu, untuk mencegah kontak tersebut bisa menghubungi orang yang memblokir.

Nah, pada poin ini, pastikan bahwa nomor Anda tidak diblokir oleh orang yang ingin Anda kirimi pesan. Kenapa?

Karena jika Anda mengirim pesan padahal nomor Anda sendiri sudah diblokir, akan membuat pesan mendapatkan tanda centang pertama (Pesan berhasil dikirim), namun tidak bisa mendapat tanda centang kedua (Pesan tersampaikan)..

Seperti yang ditulis WhatsApp pada halaman ini 

Indikator Nomor WA diblokir


Untuk cara memastikannya, seperti yang telah tertulis pada gambar diatas. Coba cek apakah profile orang tersebut fotonya masih ada? Juga coba lakukan panggilan ke orang tersebut. Jika tidak tersambung setelah berkali-kali dicoba, kemungkinan besar nomor Anda sudah diblokir.


6. Pastikan Nomor Yang Dituju sudah benar


Sepele namun sangat berpengaruh. Ya, salah nomor.

Salah nomor, juga bisa menyebabkan kenapa WA Anda suka pending, logo jam, bahkan tidak bisa terkirim. Penyebabnya satu, karena nomor yang Anda tuju itu bisa jadi belum terdaftar di WA atau memang sudah tidak aktif.

Selain nomor yang belum terdaftar, bisa jadi juga nomor tersebut malah tertuju ke orang lain, namun orang tersebut tidak tahu siapa kita, dan akhirnya mengabaikan pesan kita.

Untuk ini, pastikan nomor yang Anda tuju sudah benar.  Jangan sampai typo..


Penutup...


Jika faktor masalah internal sudah diperbaiki, harusnya masalah pesan WA susah dikirim bisa jadi normal lagi. Apalagi 6 cara diatas juga sudah terbukti bisa mengatasi masalah ini. 


Nah, ada juga beberapa cara lainnya. Misalnya : Menghapus WA kemudian menginstallnya lagi, atau mencoba memakai akun Anda di HP lain, juga bisa membantu Anda mengecek penyebab dari masalah kirim pesan WA.

Jika Anda mengalami error lainnya, Anda bisa menanyakannnya lewat kotak komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..