2 Cara Menyembunyikan "Sedang Mengetik" Di WhatsApp (Tanpa Root)

Salah satu aplikasi Chatting dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, WhatsApp. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan tersendiri. Mulai dari stabilitas, keringanan, keamanan dan privasi, semuanya memiliki nilai yang bagus.

Dan untuk masalah privasi, di Whatsapp kita juga bisa mengatur berbagai hal. Misalnya, kita bisa menyembunyikan status WA dari orang lain (Supaya tidak terlihat), hingga melakukan blokir atau membukanya kembali.

Tapi bukan sebatas itu saja lho..

Anda pengguna WA pasti pernah melihat, pesan "Sedang mengetik pesan.." ketika sedang menggunakan WA? Pesan ini muncul ketika seseorang memang sedang mengetik suatu kalimat dalam kolom pesan WA.

Nah, tapi ada satu pertanyaan : Bisakah status sedang mengetik ini disembunyikan?

Menghilangkan sedang mengetik WA


Menyembunyikan atau menghilangkan status 'sedang mengetik' di Whatsapp, kadang memang sangat dibutuhkan. Misalnya di suatu grup atau chat waktu lagi ngobrol.. Kadang kita ingin pura-pura lagi off (Padahal on).

Nah, jawaban dari pertanyaan tadi, menghilangkan status sedang mengetik ini tentu saja bisa dilakukan. Entah itu di HP Android, maupun iPhone.

Caranya?

Caranya ada 2. Nah, karena itulah pada artikel ini saya ingin membahas topik tersebut, dengan cara yang telah saya tes sendiri dengan HP (Android) Tanpa Root (Sesuai judul) tentunya.

Supaya gak lama, langsung saja, berikut cara menghilangkan status WhatsApp sedang mengetik :


1. Matikan Koneksi Data Anda


WhatsApp adalah salah satu aplikasi Chatting online.. Yang tentunya memiliki syarat koneksi internet (Koneksi Data / Koneksi WIFI) yang mencukupi, untuk menjalankan fitur-fiturnya.

Termasuk juga aktivitas chatting. Aktivitas chatting tentunya membutuhkan koneksi internet sebagai syarat yang wajib, supaya WhatsApp bisa terhubung.

Nah, kenapa saya bahas masalah koneksi Internet disini?

Karena ada satu trik WhatsApp, yaitu dengan mematikan koneksi Data, Anda bisa menghilangkan status sedang mengetik di WA Anda.


Koneksi Data


Yap, mematikan koneksi data bisa menghilangkan status mengetik tersebut, kenapa?

Karena saat data mati, WhatsApp tidak akan terhubung, serta akan terdeteksi offline. Dan lewat deteksi Offline, segala sesuatu yang Anda lakukan di WhatsApp tidak akan terlihat oleh teman atau kontak Anda.

Untuk cara mematikannya tentu saja Anda sudah tahu. Tutup Aplikasi WhatsApp >> Kemudian matikan koneksi Data / WIFI HP Anda seperti biasa :

Koneksi Data HP

Koneksi WIFI Android


Buka WhatsApp lagi, sekarang coba kirim pesan ke salah satu kontak Anda. Setelah koneksi internet mati harusnya akan muncul icon jam.

Pesan Icon Jam


Setelah pesan sudah muncul icon jam, nyalakan Internet HP Anda. Dengan begitu pesan akan terkirim tanpa status sedang mengetik sama sekali.


2. Menggunakan GBWhatsApp


Jika menurut Anda cara diatas terbilang ribet, Anda bisa mencoba aplikasi GBWhatsApp. Di GBWhatsApp ini terdapat banyak sekali fitur keren dan bermanfaat. Nah, menyembunyikan status mengetik ini juga salah satunya.

Untuk cara pakainya mudah. Pertama, pastikan pengaturan Unknown Resources (Sumber tidak dikenal) sudah dimatikan. Pengaturan ini bisa diubah di Settings >> Keamanan. Setelah itu install Aplikasinya seperti biasa.


Setting Pengaturan


Setelah GBWhatsApp diinstall, Anda tinggal klik menu (Titik tiga kanan atas) >> Klik Privacy >> lalu klik lagi Writing Status >> Terakhir klik Hide For Contacts :

Pengaturan writing status


Nah, dengan cara ini status sedang mengetik Anda akan hilang ketika Anda sedang mengetik.

Mudah bukan?


Penutup...


Menyembunyikan status mengetik WA tidaklah sulit. Walau terdengar sepele, fungsinya menurut saya penting untuk sebagian orang, terutama jika menyangkut masalah privasi.

Tutorial diatas adalah tutorial yang juga telah banyak sekali dibahas oleh website-website lain. Baik dalam maupun luar negeri. Jadi Anda bisa mempercayai informasi ini.

Ada yang bingung? Ada yang tidak mengerti? Coba tanyakan lewat kotak komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..