WIFI Sering Putus Nyambung? Ini 6 Cara Jitu Mengatasinya

WIFI sering putus? Dan suka tersambung lagi? Saya juga kadang mengalaminya.

Saya setiap hari memakai koneksi WIFI untuk mengakses internet. Entah untuk ngegame, streaming, buka sosmed dan sebagainya.

Namun, di beberapa waktu, akses WIFI saya kadang mengalami disconnect sendiri. Tapi anehnya, WIFI tersebut kadang tersambung lagi dengan sendirinya.

Buat saya, ini cukup mengganggu, apalagi di waktu tertentu.

Misalnya, lagi main game online. Kalau putus di saat main game online, otomatis gamenya juga akan disconnect.

Wifi putus nyambung


Penyebab dari kenapa wifi sering putus nyambung, biasanya karena beberapa hal. Namun, paling sering biasanya diakibatkan karena adanya salah setting, atau bug pada sistem HP.

Nah, untuk itulah pada artikel ini, saya ingin membahas bagaimana caranya mengatasi WIFI yang suka disconnect sendiri, yang semoga berhasil untuk Anda terapkan.

Langsung saja,  berikut caranya :


1. Restart HP


Yang pertama Anda harus lakukan, silakan restart HP Anda.

Kenapa harus?

Karena seperti yang saya bilang tadi, WIFI suka putus sendiri ini kadang disebabkan oleh bug sistem. Nah, bug sistem ini kadang bisa dihilangkan dengan cara restart.

Saya juga pernah menaruh cara ini di artikel sejenis, yakni cara mengatasi WIFI tidak tersambung (No internet access), dan memang terbukti cukup efektif.


Caranya :

  • Tekan tombol Power Anda >> Kemudian klik Mulai ulang atau Restart
Restart


2. Pastikan Anda Tetap Mengaktifkan WIFI Meskipun Dalam Mode Tidur


Di salah satu pengaturan WIFI, ada satu setting yang dinamakan mode tidur. Mode tidur ini berfungsi untuk menonaktifkan WIFI ketika sedang tidak dipakai, kemudian mengaktifkannya kembali secara otomatis ketika HP dinyalakan.

Nah, karena dinonaktifkan, WIFI otomatis akan mengalami disconnect dan baru bisa tersambung ketika baru dinyalakan.

Jika Anda ingin WIFI Anda tetap tersambung meskipun HP dalam keadaan mati (Mode tidur), pastikan setting WIFI pada mode tidur ini berada dalam keadaan terus menyala. 


Caranya :

  • Pertama, pergi ke Settings >> WIFI >> kemudian klik Logo setting WIFI :

setting WIFI

  • Setting pengaturan Biarkan Wi-Fi nyala saat mode tidur menjadi selalu :

Waktu iddle WIFI

  • Jika Anda memakai HP lain sebagai hotspot, pastikan Anda mengatur setting Batas akhir Wi-Fi Hotspot menjadi tidak pernah :

Batas hotspot



3. Cek Pengaturan Energy Saving pada Router / Modem


Mirip dengan sebelumnya, pengaturan energy saving bisa ditemukan di beberapa router atau modem WIFI (MIFI). Pengaturan ini berfungsi agar perangkat WIFI bisa meminimalisir daya yang dikeluarkan ketika sedang tidak dipakai, dengan cara menonaktifkan koneksi.

Saya sendiri sebenarnya selalu menyalakan mode energy saving ini, namun dengan waktu iddle time yang lama, sehingga WIFI saya tidak cepat putus ketika saya tinggalkan.

Anda bisa mensetting pengaturan ini ke mode selalu nyala, atau waktu standby yang lama seperti yang saya gunakan.


Caranya :

  • Anda bisa membuka halaman admin WIFI Anda. Karena tampilan setiap modem kadang berbeda-beda, cukup cari pengaturan energy saving atau sejenisnya, kemudian atur Turn-Off WIFI ke waktu tertentu, atau never. Contohnya seperti punya saya dibawah :
 
energy saving WIFI



4. Cek Sinyal WIFI Anda


Sinyal WIFI, sangat berpengaruh terhadap kecepatan koneksi, yang juga sangat erat kaitannya dengan masalah WIFI suka terputus sendiri. Saya sendiri pernah mengetes hal ini. Setiap router atau modem, punya pancaran sinyal yang berbeda-beda, dengan jarak jangkauan maksimal yang berbeda-beda juga.

Nah, jika sebuah perangkat telah keluar dari jangkauan pancaran sinyal tadi, maka perangkat itu akan secara otomatis mengalami disconnect, dan WIFI baru bisa tersambung ketika perangkat berhasil mendapatkan sinyal WIFInya kembali.

Maka dari itu, jangan heran jika Anda suka mengalami WIFI Anda putus sendiri jika sinyal yang diterima memang kurang bagus.


Cara mengatasinya :

  • Cek sinyal WIFI Anda, pastikan sinyal WIFI yang didapat bagus. Setidaknya 3 bar. Semakin tinggi semakin bagus.
  • Pastikan pancaran router atau modem tidak terhalang tembok. Ini cukup berpengaruh terhadap kekuatan sinyal.


5.  Unroot HP Anda


HP dalam keadaan root, bisa membuat sistem jadi tidak stabil jika belum paham optimasinya. Nah, sistem yang tidak stabil ini juga bisa menyebabkan masalah lain, dan WIFI terputus sendiri ini adalah salah satunya.

Untuk poin ini, saya sarankan Anda untuk mencoba melakukan unroot, jika HP Anda memang sedang dalam keadaan root. Tujuannya untuk mengecek, apakah memang mode root ini penyebabnya.

Untuk cara rootnya sendiri tiap HP beda-beda. Anda bisa mencarinya di Google atau forum HP yang Anda gunakan.


6. Belum bisa? Coba reset HP 


Kalau belum bisa, mungkin penyebabnya memang ada pada sistem HP Anda.

Cara mengatasi bug sistem ini ada beberapa, tapi yang paling mudah, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan reset HP.

Saya sendiri sudah beberapa kali melakukan reset di HP saya. Kebetulan HP saya sedang berada dalam posisi custom ROM, jadi kadang ada bug-bug tertentu.

Nah, biasanya setelah melakukan reset, bug-bug tersebut jadi hilang.

Caranya :


 

Penutup...


Dengan menggunakan 6 cara diatas, saya yakin masalah WIFI suka disconnect sendiri ini bisa Anda atasi. 

Saya sendiri selalu memakai salah satu dari 6 cara diatas ketika WIFI saya mengalami masalah ini. Dan sampai sekarang, selalu berhasil.

Nah, masih belum berhasil? Ada masalah lain? Coba tanyakan lewat kotak komentar dibawah. Barangkali saya bisa bantu.

Semoga berhasil.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..