7 Cara Mengatasi Automatic Repair Di Windows 10 (Jadi Normal Lagi)

Automatic repair.. Masalah ini jujur, cukup bikin repot para pengguna Windows 10. Masalah ini adalah kondisi dimana Windows tidak mau booting saat baru dinyalakan, dan muncul pesan "Preparing automatic repair"..

Sebenarnya fitur automatic repair ini adalah fitur yang cukup bermanfaat, untuk memperbaiki file atau setting Windows 10 yang rusak.

Namun, kadang fitur automatic repair juga bisa mengalami kegagalan, sehingga Windows menjadi restart terus-menerus, dan akhirnya jadi gagal booting.

memperbaiki Preparing automatic repair


Penyebab pesan Automatic repair sendiri ada beberapa. Selain file Windows yang rusak, PC atau Laptop yang tidak di shutdown dengan benar juga bisa jadi penyebabnya (Misalnya, mati listrik tiba-tiba).


Nah, selain restart terus menerus, automatic repair juga kadang mengalihkan komputer ke mode repair. Sayangnya, pada mode repair tersebut juga Windows tidak jarang mengalami kegagalan ketika sedang menjalankan perbaikan file.

Untuk itu, pada artikel ini saya ingin membahas, bagaimana caranya memperbaiki pesan "Preparing automatic repair", yang semoga work untuk Anda yang sedang mengalaminya.

Berikut pembahasannya :


1. Restart PC / Laptop


Restart


Yang pertama harus dilakukan, coba restart PC atau Laptop Anda.

Masalah automatic repair sendiri sebenarnya ada yang ringan, ada juga yang berat. Nah, untuk yang ringan, biasanya bisa hilang hanya dengan melakukan restart selama beberapa kali.

Saya sendiri pernah mencoba cara ini dan berhasil.


Caranya :

  • Saat PC / Laptop baru menyala, tekan  F8 berulang-ulang sampai muncul sebuah menu. Pilih Windows 10 kemudian lakukan restart.


2. Cabut Komponen dari PC / Laptop Anda


Komponen


Berbeda dengan cara restart, cara ini bisa dibilang lebih efektif.

Mencabut komponen, kadang bisa membantu untuk menghilangkan masalah automatic repair. Karena dengan mencabut komponen, PC atau Laptop yang Anda pakai nanti akan mengalami reset, dan menjadi fresh kembali.

Caranya :

  • Untuk PC : Matikan PC Anda. Cabut RAM, Harddisk, baterai CMOS. Jika sudah, pasang kembali seperti biasa.

  • Untuk Laptop : Cukup matikan laptop dan cabut baterainya saja.


3. Memperbaiki file Boot menggunakan Command Prompt


bootrec


Seperti yang saya bilang di awal. Saat terjadi masalah automatic repair yang berulang-ulang, itu salah satunya bisa disebabkan karena ada file Windows yang rusak, salah satunya adalah file-file boot.

Nah, disini Anda juga saya sarankan untuk mencoba memperbaiki file-file boot tersebut, supaya file yang rusak bisa jadi normal kembali.

Karena PC / Laptop sedang dalam keadaan tidak bisa masuk Windows, maka menggunakan Command Prompt adalah cara terbaik untuk mencobanya.


Caranya :

  • 1. Saat PC / Laptop baru menyala, tekan F8 berulang-ulang >> Pilih Windows 10 >> Kemudian pilih Repair your computer

  • 2. Setelah itu masuk ke Troubleshoot >> Advanced Options >> Command Prompt

  • 3.  Masukkan perintah berikut lalu klik enter (Satu persatu) : bootrec.exe /rebuildbcd >> bootrec.exe /fixmbr >> bootrec.exe /fixboot

Setelah itu restart.


4. Memperbaiki Registry Corrupt


Registry


Registry, adalah file-file yang otomatis dibuat ketika Windows sedang berjalan, dan juga banyak sekali jumlahnya.

Memperbaiki (Mengembalikan) registry yang corrupt, bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah automatic repair pada Windows. Karena cara ini kurang lebih mirip dengan cara fix boot seperti yang saya bahas diatas.


Caranya :

  • Masuk ke Repair Computer lalu masuk ke Troubleshoot >> Advanced Options >> Command Prompt

  • Ketikkan copy c:windows\system32\config\RegBack* c:windows\system32\config kemudian klik Enter

5. Coba jalankan fitur SFC


sfc scannow di CMD


SFC scannow, adalah salah satu perintah Command Prompt yang berfungsi untuk mengecek file-file rusak pada Windows menggunakan System file checker kemudian menggantinya dengan yang baru apabila memang ada error.

Selain cara fix registry dan file boot, menjalankan fitur SFC ini wajib dicoba, karena fungsi scan yang dijalankan tidak hanya sebagian, melainkan keseluruhan.


Caranya :

  • Masuk ke Repair Computer lalu masuk ke Troubleshoot >> Advanced Options >> Command Prompt
 
  • Jika sudah, masukkan perintah sfc /scannow 
 
Ingat, perintahnya sfc(spasi)/scannow. Masukkan dengan spasi. Karena tanpa spasi, kemungkinan nanti malah akan terjadi error.


6. Mematikan setting Proteksi Anti-Malware



antivirus


Anti-malware di Windows 10 ini sebenarnya sangat bermanfaat, untuk menjaga PC atau Laptop agar selalu tetap aman.

Nah, namun beberapa pengguna Windows 10, ada yang telah mencoba mendisable fitur Anti-malware ini ketika sedang mengalami error automatic repair, dan hasilnya Windows jadi normal lagi.

Jadi tidak ada salahnya agar Anda mencobanya.


Caranya :

  • Masuk ke Repair Computer (sama seperti sebelumnya) >> Kemudian masuk ke Troubleshoot >> Advanced Options >> Startup Settings lalu klik Restart
 
  • Setelah restart, pilih opsi Disable early launch anti-malware protection >> Lalu restart lagi.


7. Install ulang Windows


Install Ulang Windows


Cara terakhir kalau masih belum bisa, Anda mau tidak mau harus mencoba untuk menginstall ulang Windows 10 Anda.

Saya sendiri juga pernah mengalami masalah automatic repair yang sudah cukup susah diperbaiki. Memakai cara-cara sebelumnya juga masih tidak berhasil. Akhirnya saya mencoba untuk menginstall ulang Windows saya.

Hasilnya?

Windows jadi normal kembali seperti sedia kala.




Penutup...


Memperbaiki pesan "Preparing automatic repair" di Windows 10, kadang mudah kadang juga susah. Masalah ini juga cukup merepotkan, karena kita jadi tidak bisa masuk Windows karena komputer juga kadang jadi restart berulang-ulang.

Menggunakan 7 cara diatas, saya harap masalah Anda bisa teratasi. Karena jujur, 7 cara diatas sudah banyak direkomendasikan oleh situs baik dalam maupun luar negeri, dan terbukti ampuh untuk membuat Windows jadi normal lagi.

Jika ada langkah yang bingung, silahkan tanyakan lewat kotak komentar dibawah.

Semoga berhasil.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..