2 Cara Membuat Kop Surat Di Microsoft Word 2007 (Berhasil!)

Ada beberapa cara membuat surat, atau lebih tepatnya kertas surat. Mulai dari menggunakan aplikasi editing gambar, hingga memakai Aplikasi mengetik seperti Microsoft Word.  Ya, walau biasa digunakan untuk mengetik, Microsoft Office Word juga bisa dipakai untuk membuat surat.

Nah, bicara soal surat, biasanya pada surat terdapat yang namanya 'Kop surat'. Kop surat ini kurang lebih seperti 'tanda pengenal' surat, dimana rata-rata terdapat logo instansi / perusahaan, alamat bahkan motto perusahaan.

Untuk Anda yang sedang membuat surat, tentunya ingin untuk membuat Kop surat ini, mengingat fungsinya yang relatif lumayan penting.

Dan Anda tidak perlu bingung, karena Kop surat ini bisa juga dibuat menggunakan Microsoft Word. Seperti yang ingin saya bahas disini...


Cara Membuat Kop Surat Word 2007


Untuk tutorialnya sendiri menurut saya tidak sulit..

Saya sendiri sudah mencobanya, beberapa waktu setelah selesai menulis tutorial cara membuat amplop di Word. Karena disana saya juga sudah menaruh tutorial Kop pada amplop juga.

Nah, untuk versi Officenya, sebenarnya bisa pakai versi mana saja. Namun, untuk tutorial ini saya khususkan pada Word versi 2007 saya (Karena versi ini yang saya pakai).

Bagaimana cara buatnya? Yuk kita bahas :


Persiapan...


Seperti yang saya bilang tadi, di Kop surat biasanya terdapat alamat, nama instansi / perusahaan dan logonya, dan surat seperti ini biasanya masuk ke surat resmi.

Nah, untuk persiapannya, pastikan Anda sudah mencatat hal-hal yang Anda perlukan untuk ditulis pada kop surat, yaitu :


  • Nama Perusahaan
  • Alamat Perusahaan (Lengkap)
  •  Nomor telepon
  • Dan logo


Untuk logonya sendiri bisa didesain melalui Photoshop dan sejenisnya. Formatnya bisa PNG atau JPG. Untuk ukurannya pastikan jangan terlalu besar (Supaya muat) serta tidak terlalu kecil (Supaya tidak pecah-pecah).


Jika sudah siap, kita lanjut ke caranya :


1. Cara Membuat Kop Surat Di Microsoft Word 2007



Langkah 1 : Yang pertama harus Anda lakukan, tentu saja buka terlebih dahulu software Office Word 2007 di Komputer / Laptop Anda.

Langkah 2 : Selanjutnya tampilkan header pada bagian menu. Caranya klik bagian atas halaman sebanyak 2 kali (Double Click) :


Memunculkan Fungsi Header di Word


Header ini fungsinya untuk membagi kolom antara bagian atas dan bawah. Dan seperti yang Anda tahu, kebanyakan kop surat itu letaknya ada dibagian atas kertas. Nah, dengan header kita bisa mempermudah proses pembuatannya.


Langkah 3 : Pada menu header, atau lebih tepatnya pada tab design, beri centang pada opsi Different First Page. Fungsinya agar Kop surat hanya akan muncul di halaman pertama saja. Aneh kan rasanya kalau setiap halaman surat ada kopnya?


Mengaktifkan Fungsi Different First Page



Langkah 4 : Selanjutnya, silakan tulis terlebih dahulu seluruh hal yang ingin ditaruh di Kopnya. Nama instansi / perusahaan, alamat, nomor telepon dan lain-lain :


Contoh Kop Surat


 Langkah 5 : Jika sudah, silakan atur kembali text tersebut supaya enak dilihat. Untuk mengaturnya, Anda bisa memberi fungsi bold, mengubah ukuran text, mengubah warna text dan sebagainya. Dan jangan lupa juga untuk memberi pengaturan menjadi Center (Tutorialnya bisa dibaca disini) :


Kop surat di Word

Langkah 6 : Masukkan logo yang diperlukan. Caranya klik tab insert kemudian klik logo Picture :


Insert Logo



Langkah 7 : Silakan atur posisi dan ukuran logo. Setelah itu klik kanan logo >> Text Wrapping >> Lalu pilih In Front of the text :


Setting logo


Nah, pada surat, biasanya ada sebuah garis pembatas antara header dan text. Disini kita akan membuat pembatas tersebut. Pembatas ini namanya border. Fungsi border ini untuk merapihkan text supaya lebih enak dilihat, serta lebih mudah dibaca.

Caranya buatnya seperti berikut :


Langkah 8 : Klik pada bagian tengah antara pembatas header serta text Anda :


Mengaktifkan Fungsi Border


Kemudian pada tab Home >> Buka submenu Border >> Kemudian pilih Border and shading :


Pengaturan Border


Langkah 9 : Disini Anda akan melihat beragam opsi tampilan border. Silakan pilih jenis border yang Anda sukai. Nah, ukuran border ini biasanya agak tebal. Jadi silakan ikuti pengaturan berikut :


Setting border di Word

  • Pada bagian Style : Silakan pilih bordernya terlebih dahulu.
  • Pada kolom Preview : Setting border menjadi satu garis saja. Ini wajib, karena jika tidak nanti bordernya akan berbentuk kotak (Box).
  • Pada kolom Width : Silakan atur ini sesuai kebutuhan. Fungsinya untuk menebalkan border. Jadi Anda tidak perlu memilih border yang dari awal sudah tebal garisnya.


Selesai. Sekarang kop surat sudah jadi. 

Perlu diketahui, tutorial diatas tidaklah mengikat. Anda bisa mengubah atau mencoba hal-hal yang Anda perlukan sesuai keinginan. Karena saya yakin, bentuk serta gaya kop yang Anda butuhkan pasti berbeda-beda.


2. Membuat Kop Surat di Word 2007 Menggunakan Metode Table



Cara ini agak jarang dipakai. Namun sebenarnya dari segi hasil, cara kedua dengan metode tabel ini tidak beda dengan cara pertama. 

Bedanya, kalau menurut saya memakai metode tabel ini lebih mudah. Karena kita tidak perlu repot-repot mengatur posisi logo yang notabene relatif agak susah.

Serta karena posisinya yang sudah otomatis diatur, maka hasilnya juga jadi lebih rapih.


Caranya :

Langkah 1 : Buat terlebih dahulu tabel 1 baris 2 kolom. Caranya pada tab Insert >> Klik Table >> Kemudian pilih yang 2 kolom :


Tabel awal


Langkah 2 : Geser garis tengah tabel ke bagian kiri. Jadi seperti ini :

Contoh pengaturan tabel awal


Langkah 3 : Masukkan text yang Anda inginkan :

Contoh text pada tabel di Kop


Setelah itu ubah gayanya sesuai kebutuhan. Caranya? Cek kembali langkah-langkah metode pertama yang telah saya jelaskan sebelumnya :


Mengatur text pada tabel untuk kop


Langkah 4 : Selanjutnya masukkan logo yang Anda inginkan pada kolom kiri tabel yang kosong. Caranya klik tabel tersebut >> kemudian insert logo yang diinginkan :


Tambah gambar logo di tabel


Langkah 5 : Jika logo sudah diatur posisinya, lanjut dengan menghilangkan border pada tabel. Caranya klik Ctrl + A (Select All) >> Kemudian pada submenu border >> pilih No border :


Menghilangkan border tabel


Nah, disini prosesnya sudah selesai. Dan Anda juga bisa menambah border bawah pada Kop seperti metode pertama tadi.


Penutup...



Membuat Kop surat, pada dasarnya tidaklah sulit. Memakai Aplikasi Office 2007 seperti yang saya jelaskan diatas, Anda bisa dengan mudah menerapkannya. Untuk tutorialnya sendiri sebenarnya tidak hanya sebatas bisa diaplikasikan pada Office 2007. Pada versi Word lain pun juga bisa. 

Sekali lagi, tutorial diatas tidak mengikat. Anda tentu saja bisa mengatur pengaturan kop tersebut sesuai yang Anda butuhkan. Karena saya sendiri juga masih mencari yang paling pas untuk diterapkan.

Ada yang ingin ditanyakan? Tentu saja boleh. Silakan taruh kotak komentar dibawah.. Jika bisa tentu akan saya jawab.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..