2 Cara Mudah Membuat Cover Makalah Di Word (Bagus Dan Rapi)

Saat selesai membuat makalah, biasanya orang akan lanjut membuat halaman-halaman tertentu sebagai pendukung. Misalnya daftar isi, penutup, lampiran dan lain-lain.

Nah, kalau bicara soal makalah, pastinya tidak lupa dong, dengan salah satu elemen dari makalah. Yup, itu adalah covernya.

Cover makalah, adalah halaman yang terletak dibagian paling depan. Cover ini biasanya berisi judul makalah, profil singkat penyusun serta nama sekolah. Jadi bisa dibilang, membuat cover makalah itu penting sekali lho..


Membuat cover makalah


Untuk pembuatannya, cover makalah sebenarnya bisa kita desain langsung menggunakan Microsoft Word lho.. Jadi tidak heran kalau mungkin Anda sendiri sering melihat makalah dengan sampul sederhana.

Nah, mengingat fungsinya yang cukup penting + masih belum orang yang mengerti pembuatannya, disini saya ingin membahas hal tersebut. Yakni bagaimana cara membuat cover makalah menggunakan software Office Word.

Yang semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang membuat cover makalah 😃

Berikut, kita bahas caranya :




Cara Membuat Cover Makalah di Word 



Langkah 1 : Pertama, silakan buka terlebih dahulu Office Word Anda. Untuk versi yang saya pakai disini adalah versi 2007. Namun Anda bebas menggunakan yang manapun (2007, 2010, 2013, 2016)..

Langkah 2 : Nah, langkah selanjutnya adalah membuka makalah yang telah Anda buat lalu buat halaman baru di paling atas (Halaman awal). Tapi jika Anda belum membuatnya, Anda bisa langsung ke tahap desain. Lanjut...

Langkah 3 : Pada halaman awal, klik Tab Insert lalu pilih cover page. Disini, Anda bisa memilih template dasar untuk membuat cover secara otomatis :

Cover makalah otomatis



Langkah 4 : Silakan pilih salah satu cover tersebut. Jika Anda bingung, untuk desain makalah biasanya memakai yang Conservative :


Cover makalah word



Langkah 5 : Setelah dipilih, makalah tadi otomatis akan terpasang di halaman awal dokumen Anda. Disini Anda tinggal mengedit tulisan-tulisannya saja..

Membuat cover makalah di word secara otomatis leskompi


Nah, mudah bukan? Dengan cara diatas, membuat cover makalah bisa dilakukan dengan cepat. Bahkan hanya beberapa menit dijamin langsung jadi.

Cara Membuat Cover Makalah Di Word Secara Manual



Langkah diatas adalah membuat sampul makalah secara otomatis di Word. Nah, jika kita ingin membuatnya secara manual, apakah bisa?

Jawabannya tentu saja bisa. beda dengan cara pertama, membuat sampul makalah secara manual justru nanti bisa kita ubah sesuai kebutuhan.

Langsung saja, ini cara buatnya :



Poin dalam membuat cover makalah :


Sebelum lanjut, di makalah ada elemen-elemen yang tentunya harus diisi. Supaya tidak lupa, ini poin-poinnya :


  • Judul Makalah : Untuk judul kebanyakan terletak di bagian atas, dengan ukuran font 14 (Atau lebih) disertai setting Bold dan ditulis dengan huruf kapital.
  • Logo : Pada bagian tengah cover, biasanya terdapat logo sekolah / universitas berukuran sedang.
  • Profil penulis : Profil penulis tentunya wajib. Untuk poin ini bisa ditulis dengan nama, atau lengkap dengan kelasnya juga boleh.
  • Nama Sekolah / Universitas : Ditulis dengan menggunakan huruf kapital dan Bold. Khusus untuk universitas, jangan lupa untuk menulis fakultasnya juga.
  • Tahun : Terakhir, Anda tinggal mengisi tahun pembuatan makalah.



Kecuali judul, untuk posisinya sendiri sebenarnya bisa berbeda-beda, tergantung kebutuhan. Yang terpenting adalah sebisa mungkin jangan melewatkan poin tadi supaya cover makalah bisa terlihat rapi.

Sekarang kita lanjut ke pembuatannya :



Cara membuat cover makalah di Word secara manual :



Langkah 1 : Buka Office Word Anda kemudian buat dokumen baru.

Langkah 2 : Pertama buat judul. Isi dengan judul makalah Anda, atur fontnya sesuai kebutuhan dan beri bold :


Memberi nama cover makalah


Langkah 3 : Pergi ke tab Insert kemudian klik Picture. Selanjutnya pasang logo yang ingin Anda pasang pada cover :


Logo cover makalah


Langkah 4 : Buat profil Anda sebagai penulis. Nah, jangan lupa, biasanya pada cover makalah itu terdapat kalimat "Disusun oleh" seperti ini :


Cover makalah tahap 3


Langkah 5 : Beri nama universitas atau sekolah. Untuk fontnya biasanya diatur sedikit agar besar, dan biasanya diberi bold :


Memberi nama universitas



Langkah 6 : Lalu beri tahun pembuatan :


Tahap memberi tanggal pembuatan makalah



Langkah 7 : Terakhir, klik Ctrl + A (Select All) kemudian klik CTRL + E (Align Center) :


Cover makalah yang dibuat manual



Nah sekarang cover makalah sudah selesai dibuat.

Proses pembuatan diatas hanya contoh. Anda tentu masih bisa mengeditnya kembali sesuai kebutuhan. Misalnya memberi warna pada font tertentu atau pada laman, mengatur margin atau memberi line pada halaman.




Penutup...



Membuat cover makalah, bisa dibilang penting karena bisa memberi nilai lebih pada makalah yang kita buat. Selain itu, pemberian cover juga bisa membuat makalah jadi terlihat lebih bagus dan rapih.

Nah, dengan tutorial cara membuat cover makalah di Word yang saya bahas diatas, diharapkan bisa memberi informasi bermanfaat kepada Anda yang barangkali belum tahu caranya.

Jika ada pertanyaan, seputar cover makalah atau seputar Word, Anda bisa mengirimkannya lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..