Mau Membuat Amplop Di Word? Begini Caranya (Mudah)

Ada banyak cara membuat amplop. Contoh paling sederhana, adalah dengan menggunakan kertas yang dilipat sedemikian rupa.

Nah, selain langsung menggunakan kertas, sebenarnya Anda juga bisa memakai Aplikasi Microsoft Word sebagai media pembuatannya.

Karena di Office juga terdapat beberapa fitur yang cukup membantu. Misalnya memberi alamat hingga mendesain sendiri sampul Amplop Anda.

Buat Anda yang penasaran, mungkin kita bahas disini bagaimana cara membuat Amplop di Word..


Cara Membuat Amplop Memakai Word


Untuk membuat Amplop memakai aplikasi Word, tidaklah sulit dan tidak membutuhkan file-file tambahan (Sudah jadi fitur bawaan).

Sebelum memulai, yang terpenting pastikan Anda sudah memutuskan desain seperti apa yang diinginkan, dan alamat atau nama Amplop yang dibutuhkan.

Kalau sudah, kita bisa memulai caranya :




Cara Membuat Amplop Di Word Dengan Mudah


Langkah 1 : Pertama, install atau buka Microsoft Office Word Anda. Untuk versinya, bisa pakai yang mana saja (Untuk kali ini saya pakai yang versi 2007). Setelah dibuka, Anda akan menemukan halaman baru seperti ini :

Halaman baru Office


Langkah 2 : Selanjutnya, klik pada Tab Maillings >> kemudian klik Start Mail Merge (Klik tanda panahnya) >> lalu klik Envelopes (Amplop) pada submenu  untuk memulai proses pembuatannya :

Amplop Di Word


Langkah 3 : Setelah muncul jendela Envelope Options, lihat pada kolom Envelope Size, pilih ukuran Amplop yang Anda butuhkan (Contoh disini saya pakai Size 12 - 4 3/4 x 11 in)..


Size Amplop di settings


Langkah 4 : Klik dan pindah ke tab Printing Options, lalu pilih opsi Feed Method yang Anda butuhkan (Fungsinya, untuk mengubah metode memasukkan kertas kedalam printer). Jika sudah, klik OK :

Feed method

Langkah 5 : Setelah Anda klik OK, secara otomatis halaman Word Anda akan berubah menyesuaikan ukuran dari size Amplop yang Anda setting sebelumnya. Nah, disini Anda bisa melakukan desain sendiri Amplop Anda.

Membuat Amplop di word


Langkah 6 : (Sedikit info) Untuk kolom penerima dan nama, sudah dibuat otomatis dari setting tadi. Jadi Anda tinggal mengisinya saja. Contohnya seperti ini :

Kolom terima tulisan


Cara Membuat Kop Surat Pada Amplop


Untuk membuat Amplop sangatlah mudah. Namun jika Amplopnya hanya polos begitu rasanya kurang bagus. Untuk itu, Anda bisa membuat Kop seperti yang biasa Anda temukan di surat-surat. Caranya :


Langkah 1 : Pertama, pada halaman amplop yang telah dibuat tadi, double klik pada bagian atas dokumen :

aktifkan fungsi header


Langkah 2 : Nanti akan muncul Tab Design, dan muncul header pada dokumen. Nah, lakukan setting berikut :

Setting design

  • Centang pada opsi Different First Page.
  • Lakukan penyettingan Header from top dan Header from bottom. Sesuaikan dengan yang Anda butuhkan.
  • Lalukan penyettingan margin, untuk menggeser batas tulisan.


Langkah 3 : Nah, lewat sini, Anda bisa mendesain sendiri kop surat Anda. Kalau bingung cara desainnya, ada cara mudah untuk membuatnya secara otomatis. Pada tab design >> klik tanda panah bagian header :

Design Header Word


Langkah 4 : Silakan pilih salah satu desain kop yang Anda inginkan. Untuk saya sendiri pakai yang ini :

Header Conservative


Langkah 5 : Jika sudah, tinggal isi tulisan yang telah disesuaikan. Contohnya seperti ini :


Contoh Kop Amplop


Nah, sekali lagi, cara diatas hanyalah contoh. Anda masih bisa mendesain sendiri menjadi seperti apa Kop surat tersebut dibuat. Misalnya, menambahkan gambar dan lain-lain.



Penutup....

 

Nah, demikian sedikit tutorial tentang bagaimana caranya membuat Amplop di Word beserta Kop suratnya. Tutorial diatas, saya buat berdasarkan yang paling simpel yang bisa saya berikan. Jadi, Anda bisa mencoba-coba lagi sendiri, terutama pada sisi desainnya.

Ada yang bingung atau ada yang ingin ditanyakan? Anda bisa menaruh komentar lewat kolom komentar dibawah. Akan saya jawab sebisanya.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..