Penyimpanan HP Xiaomi Habis? Ini dia 7 Cara Mengatasinya!

Tidak semua HP punya eksternal memori. Namun semua HP pasti punya yang namanya internal memori. Dan seperti yang Anda tahu, didalam memori internal ini terdapat sistem dan file-file bawaan yang ada pada HP.

Nah, bicara soal memori internal, ada nih, satu masalah yang sering muncul di HP Android. Yakni masalah memori internal penuh.

Masalah ini juga sering muncul di HP Xiaomi, dimana kalau sudah penuh, itu biasanya muncul pesan notifikasi "ruang penyimpanan hampir habis".

Tentunya hal ini jangan dibiarkan, karena bisa berefek pada penggunaan HP menjadi kurang nyaman. Misalnya (paling sering) kita jadi tidak bisa mengambil foto atau menginstall Aplikasi.


Memori internal HP Xiaomi penuh


Penyebab ruang penyimpanan Xiaomi penuh ini tentu saja akibat karena terlalu banyak file yang tersimpan di memori internal. Seperti foto, video, aplikasi atau game.

Saya sendiri tidak jarang menemukan masalah ini di HP saya. Apalagi saya sering sekali menaruh data-data dari Komputer saya ke memori HP (Termasuk internal).

Nah, khusus HP Xiaomi.. Ada beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk mengatasi memori internal yang penuh.

Berikut, kita bahas langkah-langkahnya :



1. Cek File Kamera Hasil Jepretan Xiaomi Anda


(Biasanya) waktu kita mengambil sebuah gambar dengan kamera HP, itu size filenya relatif cukup besar. 1 foto, anggaplah rata-rata berkisar 1Mb. Nah, jika di HP ada sekitar 500 foto, maka tentu saja size yang dipakai akan berkisar 500Mb atau lebih.

Ini belum termasuk video. Satu video Full HD, itu dalam durasi 10 menit bisa saja memakan size 600Mb hingga 1Gb. Kalau dalam sebuah HP ada 7 video, maka kemungkinan paling sedikit 4Gb size akan terpakai.

Mengingat size file hasil kamera yang cukup tinggi, saya sarankan Anda agar mencari file-file kamera yang tidak Anda butuhkan, kemudian menghapusnya.


Caranya :

Ada 2 cara untuk mencari file-file hasil kamera HP Xiaomi Anda :


  • Pertama : Silakan buka galeri. Disana Anda bisa langsung menghapusnya seperti biasa.
 
  • Kedua : Buka File Manager >> Kemudian buka folder DCIM >> Disana Anda akan mendapati folder pada foto-foto dan video Anda.
 
DCIM



Jika Anda ingin menghapusnya secara efisien, cukup hapus file-file dengan size yang besar saja.


2. Hapus Data Foto atau Video Dari WhatsApp Di HP Xiaomi Anda


Saat sedang memakai WhatsApp, tidak sedikit orang memakai fitur otomatis simpan gambar atau video kedalam HP. Hal ini cukup membantu, agar foto di Chatting WhatsApp tadi tidak hilang (Tidak sengaja terhapus misalnya).

Namun, ada sebagian orang yang kadang lupa atau tidak sadar mereka telah menyimpan foto WhatsApp terlalu banyak.

Nah, karena itulah saya sarankan juga untuk menghapus beberapa foto atau video di WhatsApp Anda, jika memang sudah memenuhi memori HP Anda.


Caranya :

  • Buka File Manager >> WhatsApp >> Media >> Anda bisa cari file foto atau video WhatsApp disini.
 
Folder WA


Anda tidak perlu menghapus semuanya, cukup hapus yang kurang penting saja.



3. Hapus Game Dari HP


Data game itu variatif. Ada yang kecil, ada juga yang besar. Nah, tidak sedikit orang-orang yang sering menyimpan banyak sekali data-data game.

Terutama untuk orang-orang yang suka bermain game. Itu data-data game yang tersimpan kadang besar-besar. Bisa mencapai 1Gb atau lebih untuk satu gamenya.

Nah, disini Anda bisa menghemat ruang penyimpanan HP Xiaomi Anda, dengan cara menghapus game-game yang sekiranya jarang Anda mainkan.


Caranya :


Untuk menghapus game di MIUI, tidaklah sulit. Tapi cara mudah untuk menghapusnya, adalah langsung melalui settings :

  • Pertama, buka Settings >> Geser kebawah menuju ke Setelan Aplikasi >> Kemudian klik Aplikasi Terinstall.
 
Aplikasi


Di bagian Aplikasi terinstal tersebut Anda tinggal mencari game yang sudah jarang Anda mainkan. Dan Anda juga bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang sekiranya jarang Anda pakai.


aplikasi pada HP Xiaomi





4. Gunakan Cleaner Bawaan Xiaomi


Aplikasi Cleaner, memang sangat membantu untuk mengatasi berbagai masalah Android, terutama yang berhubungan dengan memori penuh.

Aplikasi Cleaner ini bekerja dengan cara mencari kemudian menghapus file-file yang tidak dibutuhkan. Dimana hasil size file yang bisa dihapus, itu bisa mencapai 100Mb sampai beberapa GB

Nah, HP Xiaomi sendiri telah memberikan aplikasi Cleaner langsung di MIUI supaya penggunanya bisa langsung memakai Aplikasi ini ketika sedang mengalami memori penuh.


Caranya :

  • Pergi ke Settings >> Penyimpanan >> Lalu klik Pembersih :
 
Fitur pembersih khusus HP Xiaomi


  • Tunggu proses Scanning filenya selesai. Setelah sudah, klik Bersihkan :

Bersihkan Cache HP Xiaomi



Jika sudah, restart HP.


5. Pakai Kartu Memori


Kartu memori, adalah opsi wajib yang mesti dipakai di HP Anda. Terutama untuk Anda yang sering menghabiskan banyak ruang memori di HP Anda.

Dengan menggunakan kartu memori, kita bisa menambah kapasitas dari penyimpanan file kita hingga mencapai 64Gb (Tergantung HP) yang akan sangat membantu untuk melegakan ruang dari HP.

Anda bisa menyimpan file foto, video atau file-file dengan size besar lainnya di Kartu Memori, dan sisanya bisa dibiarkan di Internal.

Caranya :

Mudah sekali. Anda hanya perlu membeli kartu memori dengan catatan tidak melebihi kapasitas yang ada di HP Xiaomi Anda. Misal, maksimal 32Gb, maka belilah memori 32Gb atau kurang. Jangan diatasnya.

Setelah itu, Anda bisa memasangnya seperti biasa, pada bagian belakang body baterai, atau lewat tray SIM Xiaomi pada bagian samping HP (Baca : Cara pasang Simcard dan MicroSD di Xiaomi Redmi 5A)


6. Clear Data Aplikasi Browser Di HP Xiaomi Anda


Saat kita sedang browsing memakai HP Android (Termasuk Xiaomi), biasanya browser akan menyimpan data-data web yang berfungsi supaya loading ulang pada web tersebut bisa berjalan lebih cepat.

Nah, tapi semakin lama biasanya data yang disimpan akan semakin banyak. Karena itu, tidak ada salahnya untuk Anda supaya melakukan Clear Data pada Browser yang biasa Anda pakai.

Karena dengan cara ini Anda bisa menghemat size ruang hingga 100Mb atau lebih.


Caranya :


Kurang lebih mirip seperti cara menghapus game di MIUI tadi, hanya saja tidak di uninstall.

Langkah 1 : Pertama, buka Settings >> Geser kebawah menuju ke Setelan Aplikasi >> Lalu klik Aplikasi Terinstall >> Dan cari Browser yang biasa Anda pakai.
 
Langkah 2 : Setelahnya, masuk ke bagian penyimpanan >> kemudian klik Hapus semua data.
 

Clear data browser


Perlu diingat : seperti pesan yang tertera pada gambar diatas, melakukan clear data akan mereset browser Anda. Sehingga Anda harus mengatur kembali browser tersebut dari awal.


7. Reset Pabrik


Cara terakhir yang paling efektif, adalah dengan melakukan reset pabrik.

Melakukan reset pabrik atau factory reset, akan membuat seluruh data di Internal HP akan terhapus (Termasuk data-data game, foto atau video, cache dan sebagainya).

Cara ini saya sarankan ketika Anda sudah mencoba cara-cara diatas, namun ternyata memori internalnya masih saja penuh.  Karena ini biasanya disebabkan karena adanya file system tidak terlihat yang memenuhi ruang memori Anda.


Caranya :

  • Pergi ke Settings >> Setelan Tambahan >> Cadangkan dan setel ulang >> lalu klik Kembalikan ke setelan pabrik.

Factory Reset



Penutup...


Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi yang penuh, bisa dibilang tidaklah sulit. Jika Anda telah mengenal aplikasi-aplikasi yang telah Anda install, Anda tidak akan begitu sulit untuk menghapus data-data yang ada.

Dengan cara ini, saya sendiri bisa menghemat ruang penyimpanan internal dari HP Xiaomi saya hingga 60% lebih lega. 

Apalagi jika misalnya saya melakukan reset pabrik. Itu mungkin 90% ruang penyimpanan akan kembali.

Lumayan bukan?

Oh ya, saya ingatkan lagi, pastikan juga bahwa Anda tidak menghapus data-data penting di Xiaomi Anda. Untuk berjaga-jaga, lakukan backup secara berkala.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..