Mode Headset Tidak Bisa Hilang? Ini Cara Mengatasinya (Berhasil!)

Siapa yang sih yang gak suka memakai headset di HP? Bagi sebagian orang, penggunaan headset di HP merupakan hal yang wajib, terutama saat sedang ingin mendengarkan musik.

Bicara soal headset, ada satu masalah yang kadang dialami pengguna Android. Yakni saat headset dilepas dari HP, logo atau lambang headset tidak mau hilang.

Hasilnya, suara HP jadi tidak keluar disebabkan HP mengira kalau headset masih tersambung (Yang padahal tidak).

Mengatasi simbol headset tetap tersambung


Jujur, saya sendiri pernah mengalami masalah ini beberapa kali di HP saya. Untungnya, masalah tersebut tidak berkelanjutan (Bisa langsung saya perbaiki).

Nah, beda hal dengan pengalaman saya, saya sempat lihat-lihat, ternyata tidak sedikit pengguna Android yang mengalami masalah mode headset secara berkelanjutan. Berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Untuk itulah disini saya ingin membahas hal tersebut, yakni bagaimana caranya untuk mengatasi atau menghilangkan icon headset yang muncul terus-menerus.

Dan untuk caranya sendiri bisa digunakan di HP Xiaomi, ASUS, SAMSUNG, Lenovo, Oppo, Vivo dan lain-lain (Karena masalah logo headset ini bisa terjadi di semua merk HP)..


1. Lepas Pasang Headset



Headset Android


Untuk cara simpel pertama, saya bisa menyarankan Anda untuk melepas pasang headset di HP Anda secara berulang-ulang.

Cara ini bisa dibilang wajib dicoba, ketika Anda sedang mengalami logo headset yang tidak bisa hilang. Karena saya sendiri sudah mencoba cara ini beberapa kali dan selalu sukses.

Nah, tapi tidak asal, karena untuk triknya sendiri ada beberapa :


Caranya :

  • Coba lepas pasang headset Anda dalam jeda yang agak lama (5 detik misalnya),
  • Coba lepas pasang headset dalam jeda yang cepat (1 detik) secara berulang-ulang.
  • Saat melepas pasang, bisa coba sambil memutar-mutar konektor headsetnya.
  • Disarankan sambil menyalakan musik. Biassanya cukup efektif.


2. Restart HP


Restart Android


Kebanyakan, lambang headset yang tidak bisa hilang disebabkan karena masalah sistem. Entah karena itu bug atau sejenisnya.

Nah, dan opsi restart HP, bisa dibilang cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah bug di HP Android, termasuk logo headset yang tidak hilang sekalipun sudah dicabut.

Saya juga sudah pernah mencobanya dan berhasil.

 
Caranya :

  • Saya pikir untuk melakukan restart HP sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Karena Anda pasti sudah tahu caranya.
  • Gabungkan cara restart HP ini dengan cara pertama. Biasanya lebih efektif.

3. Matikan HP dan cabut baterai


Mematikan HP


Biasanya, saat HP saya mengalami kerusakan ringan (Tidak bisa di cas misalnya), selain merestart HP, saya selalu mematikan HP saya dan mencabut baterainya.

Bukan tanpa alasan, cara ini memang sudah banyak dipercaya para pengguna Android, karena kadang lebih efektif ketimbang opsi restart HP.

Tapi perlu diingat, cara ini hanya bisa diterapkan pada HP yang baterainya memang bisa dilepas (Removable battery).


Caranya :

  • Matikan HP Anda >> Cabut Baterainya >> Cabut Kartu SIM dan kartu Memori >> Tunggu beberapa detik (10 - 20 detik) atau beberapa menit >> Pasang kembali semuanya >> Lalu nyalakan kembali HP Anda.

4. Bersihkan Port Headset


membersihkan port jack HP


Selain masalah software, masalah hardware juga bisa jadi penyebabnya. Nah, contoh paling mudah adalah port headset pada HP yang kotor (Disebabkan debu atau sejenisnya).

Saya pribadi belum pernah menemui masalah ini, namun untuk sebagian pengguna Android, masalah ini kadang dialami. Apalagi untuk mereka yang telah memakai HPnya dalam jangka waktu yang lama.

Nah, membersihkan port headset, kadang bisa cukup membantu untuk menghilangkan simbol headset yang muncul terus menerus.


Caranya :

  • Untuk membersihkan port headset, Anda bisa menggunakan Cotton Bud atau benda lain yang mirip. Dan untuk caranya, cukup bersihkan seperti biasa.
  • Bersihkan juga konektor jack headset. Karena bukan hanya port HP, bisa jadi konektornya yang kotor.


5. Memakai Aplikasi SoundAbout


Aplikasi soundabout


Jika 4 cara sebelumnya belum berhasil, Anda juga bisa mencoba memakai aplikasi SoundAbout. Buat yang belum tahu, SoundAbout adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengatur berbagai setting suara pada HP. 

Saya sendiri baru mengetahui aplikasi ini dari Forum Android Central. Ada salah satu member yang menyarankan aplikasi ini.

Nah, ketika saya coba, di aplikasi ini ternyata ada satu fitur yang bisa menghilangkan deteksi headset. Fitur ini sangat efektif untuk memperbaiki logo headset di HP Anda yang tidak bisa hilang.


Caranya :

  • Install terlebih dahulu aplikasi SoundAbout dari Google Plasytore
  • Masuk ke menu Connectable Devices >> Wired Headset Settings >> Lalu hilangkan centang Wired Headset Detection

6. Reset HP 



Opsi reset


Langkah terakhir yang paling efektif, adalah dengan melakukan reset HP.

Melakukan reset HP, sama dengan membuat sistem kembali seperti di awal baru beli.. Sehingga masalah yang ada pada HP dijamin akan hilang.

Tapi ingat, disarankan untuk backup data-data penting terlebih dahulu sebelum melakukan reset. Terutama yang ada pada memori internal.


Caranya :


Penutup... 


Nah, demikian sedikit tips dari saya untuk memperbaiki headset yang tidak mau hilang bahkan ketika sudah dicabut dari HP. 

Tips-tips diatas sebagian besar sudah saya coba, dan sebagian berdasarkan pengalaman dari member forum Android. Jadi bisa dibilang cukup efektif.

Saya harap artikel ini bisa mengatasi masalah Anda. 

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..