Wajib Coba! 5 Cara Mendapat Uang Dengan Menulis Di Internet

Agaknya cara mendapat uang dari Internet saat ini cukup dicari. Contoh mudahnya banyak orang yang ingin menjadi Youtuber, karena begitu terkenalnya penghasilan Youtuber yang besar-besar.

Walau begitu, bakat orang tentu saja berbeda-beda. Untuk Youtuber sendiri kebanyakan kita harus berkutat dengan video, yang hasilnya kita perlu menguasai juga ilmu Video Editing..

Nah, lalu bagaimana kalau bakat Anda bukan ada di Video melainkan di tulisan? Tentu saja Anda juga bisa menghasilkan uang lewat tulisan tersebut!


Cara menulis dapat uang


Untuk menghasilkannya, Anda bisa menggunakan media tertentu. Mulai dari situs tertentu hingga media sosial.

Yang penting perlu diingat : Menghasilkan uang dengan menulis di Internet itu susah-susah gampang. Ada yang sukses, namun tidak sedikit juga yang menyerah di awal / tengah-tengah jalan.

Karena itu, selain bakat menulis, konsistensi juga sangat diperlukan. Jangan sampai bosan di tengah-tengah.

Lalu bagaimana sih caranya? Ayo kita bahas disini :


1. Menjadi Blogger


Nulis di blog dapat uang


Buat Anda yang masih asing dengan istilah Blogger. Blogger adalah penyebutan untuk orang yang memiliki website pribadi (Blog), yang didalamnya berisi berbagai jenis tulisan.

Blog sendiri bisa dibilang punya kategori universal. Anda bisa menulis apapun yang Anda mau. Entah itu cerpen, tutorial,  pengalaman sampai curhat juga bisa.

Nah, cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapat uang dari internet, adalah menjadi Blogger..


Bagaimana cara menjadi blogger?

Untuk menjadi blogger, Anda harus terlebih dahulu membuat blog, serta mempelajari seluruh fungsi dari blog tersebut. Untuk membuat blognya saya pikir jika dibahas disini akan panjang. Jadi silakan baca dulu artikel saya yang berjudul cara buat blog dari HP.


Bagaimana cara dapat uang dari blog?

Mendapat uang dari blog, sebenarnya tidak jauh beda dengan Youtube. Disini yang perlu Anda lakukan adalah menulis, menulis dan menulis. Kemudian berusaha untuk mendapatkan pengunjung sebanyak yang Anda bisa.

Jika blog Anda sudah punya banyak pengunjung, barulah Anda bisa mulai menghasilkan.
 

Apa yang harus Saya pelajari dalam bidang blog?

Sangat banyak. Tapi yang terpenting, adalah konsistensi dalam menulis. Untuk tips dan ilmunya sendiri saat ini Anda bisa mencarinya di situs-situs yang membahas soal blog. Misalnya ilmu SEO dan sebagainya.


 2. Menjadi Penulis Blog Orang Lain


Situs menulis dapat uang


Menjadi blogger, bisa dibilang cukup sulit dan perlu waktu yang tidak sedikit. Lantas adakah opsi lain selain menjadi blogger?

Ada, yakni dengan cara menawarkan jasa menulis artikel di blog orang lain.

Jasa penulis ini sebenarnya sudah ada, namun masih agak jarang ditemukan. Sehingga saya pikir ini bisa jadi peluang tersendiri untuk Anda yang ingin mendapat uang dengan menulis di internet.


Bagaimana cara menjadi penulis blog orang lain?

Bisa dibilang cukup simpel. Coba cari forum-forum blog di media sosial (Facebook misalnya) kemudian coba tawarkan jasa tulis Anda. Biasanya jasa ini cukup dibutuhkan untuk blogger yang tidak punya waktu mengurus blog mereka.


Apa yang harus saya pelajari ketika menjadi penulis blog orang lain?

Pertama adalah Gaya bahasa, karena tiap blog berbeda-beda. Tapi ada baiknya, ketik tulisan dengan gaya bahasa yang santai, serta paragraf maksimal 3 paragraf.

Dan setelah gaya bahasa sudah dikuasai, ilmu SEO juga wajib diterapkan. Tujuannya agar artikel yang dibuat bisa dikenali oleh mesin pencari serta bisa menarik pengunjung untuk membacanya.


3. Dengan Cara Kirim Artikel Dapat Uang Di Situs Tertentu


Kirim tulisan


Nah, sebenarnya ini mirip dengan sebelumnya. Bedanya, disini kita bukan menawarkan jasa tulis, melainkan langsung menulis di situs-situs tertentu yang memang membuka lowongan untuk penulis.

Situs-situs ini ada beberapa di Indonesia, dimana kategori menulis yang disediakan juga berbeda-beda.

Cara ini cukup populer, namun kadang mudah kadang sulit juga.


Dimana saya bisa menulis?

Seperti yang saya bilang, situsnya ada beberapa di Indonesia. Misalnya :

  • Jalantikus 
  • UCNews 

Dan lain-lain. Coba Anda cari informasi lebih lanjut melalui Google.. Karena masih banyak daftar situs yang bisa Anda coba.


Apa yang harus saya pelajari ketika ingin menulis di suatu situs?

Biasanya tidak semua artikel bisa langsung diterima. Karena itu untuk yang ini simpel saja. Yang perlu Anda perhatikan, adalah gaya bahasa Anda serta artikel yang ingin ditulis harus menarik.

Anda tidak perlu mempelajari ilmu SEO, karena biasanya moderator situs tersebut yang akan mengeditnya kembali.


4. Menjadi Penulis Di Wattpad


Menjadi penulis di wattpad


Wattpad, adalah situs yang memungkinkan para pengguna Internet menulis cerpen atau novel disana. Ada banyak novel buatan member Wattpad, yang bahkan telah diterbitkan dalam bentuk buku lho..

Situs Wattpad ini cukup populer, terutama di kalangan remaja. Karena situsnya memang bisa dibilang nyaman dibuka serta enak dibaca melalui HP.

Lalu.. Bagaimana sih cara menulis novel online dibayar di Wattpad?


Bagaimana cara dapat uang di Wattpad?

Pertama, kamu harus menjadi member terlebih dahulu disana, menulis serta berusaha untuk menarik pembaca di Wattpad. Jika tulisan kamu sudah populer, barulah kamu bisa mencoba menghasilkan.

Untuk caranya, bisa dengan coba mengirim tulisan kamu ke penerbit, hingga mencoba situs Patreon sebagai media alternatifnya.

Lengkapnya silakan baca di Cara dapat uang dari Wattpad


5. Dengan Jasa Translate



Terjemahan


Untuk Anda yang punya skill berbicara bahasa asing, saya pikir jasa translate adalah pekerjaan yang bisa coba Anda lakukan.

Melakukan translate, banyak dibutuhkan oleh orang-orang. Terutama untuk mereka yang sedang ingin mengubah dokumen mereka ke bahasa tertentu (Biasanya Inggris).

Dan bukan hanya bahasa asing saja lho, kadang bahasa daerah pun juga dibutuhkan.


Bagaimana cara agar saya bisa jadi translator?

Yang pertama, pastikan skill bahasa asing Anda sudah bagus. Misalnya jika bisa bahasa Inggris, pastikan semua aspek sudah terpenuhi (Dari segi Grammar dan lain-lain).

Jika sudah, Anda bisa melakukan promosi ke media sosial. Tepatnya kemana? Nah, salah satu contohnya Anda bisa coba lagi ke grup Blogger.. Banyak dari mereka yang butuh translator bahasa Inggris.


Penutup...


Nah, demikian sedikit informasi dari saya mengenai bagaimana caranya mendapat uang dari internet dengan menulis. Informasi disini bisa dibilang berbentuk tips.. Jadi untuk penerapannya, harus Anda lakukan sendiri.

Anda punya saran lain yang harus saya tulis diatas? Silakan taruh pada kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..