Cara Mudah Membuat Struktur Organisasi Di Word (Lengkap + Gambar)

Struktur organisasi adalah istilah yang digunakan untuk bagaimana pekerjaan dibagikan, dikelompokkan, dan di koordinasikan. Struktur organisasi ini juga merupakan hal yang tidak jarang ditemukan, entah itu di sekolah bahkan di perusahaan.

Dan saat ini Anda pastinya sudah tahu bagaimana bentuk gambar struktur organisasi terbuat bukan? Ya, modelnya seperti balon yang turun dari atas kebawah.

Sebagian besar orang berpikir, bahwa struktur organisasi itu dibuat dengan aplikasi grafis (Semacam corel). Ini tidak salah sebenarnya (Memang bisa saja)..

Tapi bagaimana kalau membuat struktur organisasi di Word? Sepertinya masih agak jarang diketahui..

Cara membuat struktur organisasi di office Word


Padahal, bikin struktur organisasi di Word itu sebenarnya bisa saja lho.. Karena di Word, itu ada yang namanya fitur SmartArt dimana didalamnya terdapat bentuk-bentuk grafis sederhana, termasuk model hierarki yang biasa dipakai pada Struktur organisasi.

Nah, buat Anda yang sedang ingin membuat struktur organisasi di Word, disini saya ingin menjelaskan tutorialnya, lengkap dengan gambar.

Untuk awalnya, silakan bayangkan atau tulis dulu struktur organisasi seperti apa yang ingin Anda buat, kemudian kita lanjut ke caranya :




Membuat Struktur Organisasi Di Word


Langkah 1 : Yang harus Anda lakukan, pertama tentu saja membuka Program Microsoft Office Word Anda. Untuk tutorial ini saya pakai yang versi 2007.

Langkah 2 : Lihat pada bagian Menu atas, klik tab Insert >> klik lagi pada SmartArt :


Pengaturan smartart


Langkah 3 : Disini Anda akan melihat beragam ilustrasi, yang bisa Anda pakai. Nah, untuk membuat struktur organisasi, Anda pilih Hierarchy :


Kolom hierarcy


Langkah 4 : Sekarang, pilih model struktur organisasi mana yang Anda butuhkan, jika sudah klik OK :

Model struktur



Langkah 5 : Selanjutnya, silakan tambahkan tulisan sesuai yang Anda butuhkan. Caranya Anda tinggal klik kolom yang terisi oleh "[Text]" :

Struktur organisasi Word



Merubah model pada struktur :

Defaultnya, tampilan struktur organisasi di Word memang seperti contoh diatas. Namun, untuk Anda yang ingin sedikit variasi, tentunya Anda bisa mengedit model struktur tersebut supaya bisa lebih enak dilihat. Caranya :


1. Merubah model struktur : Caranya lihat pada bagian Smartstyles. di kolom tersebut Anda bisa mengubah model struktur organisasi Anda sesuai dengan yang tersedia :

Opsi pengaturan smartstyle


2. Mengubah warna : Klik pada menu Change color >> Kemudian disana Anda bisa mengubah warna dari struktur organisasi tersebut.

Merubah warna


3. Kustomisasi lainnya : Pergi ke tab Format. Disini Anda bisa mengubah untuk beberapa model lainnya. Terutama pada Text :

Tab format pada text



Menambah hierarki pada struktur organisasi :

Dan jika Anda merasa kolom untuk mengisi text yang diberikan masih kurang, Anda tentu saja bisa menambah kolom tersebut. Caranya seperti ini :


Langkah 1 : Pada tab Design, lihat pada bagian kiri atas, klik pada submenu Add Shape (Klik tanda panahnya) :

Add shape


Langkah 2 : Dan Anda akan melihat opsi-opsi penambahan kolomnya :

Opsi Add shape di Word

  • Add Shape After : Untuk menambah kolom baru, di sebelah kanan kolom yang Anda inginkan.
  • Add Shape Before : Untuk menambah kolom baru, di sebelah kiri kolom yang Anda inginkan.
  • Add Shape Above : Untuk menambah kolom baru, diatas kolom yang Anda inginkan.
  • Add Shape Below : Untuk menambah kolom baru, dibawah kolom yang Anda inginkan. 



Untuk menambahkannya, Anda hanya tinggal perlu meng-klik salah satu kolom pada struktur organisasi yang telah dibuat tadi, kemudian meng-klik Add Shape mana yang Anda butuhkan. Posisinya akan diatur secara otomatis. Mudah bukan?




Penutup...


Membuat struktur organisasi di Word itu saya pikir tidaklah sulit. Anda tidak memerlukan template apapun, dan saya pikir cara ini sangat cocok untuk Anda yang belum paham tentang desain grafis.

Struktur organisasi diatas bisa Anda buat untuk berbagai keperluan. Untuk sekolah (kelas), untuk pekerjaan dan sejenisnya juga bisa.

Sebenarnya ada satu cara lagi yang bisa Anda gunakan untuk membuat model strukturnya. Namun tidak saya tulis, karena model yang dihasilkan desainnya kurang bagus.

Sekian, semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..