Cara Setting 4G Only Indosat Di HP Android (100% Work)

Indosat, merupakan salah satu provider di Indonesia dengan jumlah pengguna yang tidak bisa dibilang sedikit, dengan jaringan yang tersedia menurut saya cukup cepat.

Walau cepat, tapi tetap, ada sebagian pengguna yang ingin lebih memaksimalkan koneksi mereka. Contohnya seperti artikel cara mempercepat internet Indosat.

Bicara soal mempercepat internet, tentunya ada satu setting yang tidak boleh diabaikan, yakni mengatur HP menjadi 4G only..


Cara Setting 4G Di Provider Indosat


Mengatur Indosat jadi 4G terus, bisa dibilang menurut saya sangatlah harus. Bukan tanpa alasan, beda kecepatan antara 3G dan 4G cukup signifikan.

Di artikel cara mempercepat Indosat diatas, bahkan saya juga sempat menulis kalau beberapa waktu lalu mendapat kecepatan internet sebesar 10MBps (Memakai Indosat).


Kecepatan konesi Indosat 4G
Indosat di jaringan 4G


Nah, dan disini saya ingin membahas tutorial bagaimana cara untuk supaya indosat tetap 4G. Cocok untuk Anda yang ingin dapat 4G terus tapi didaerahnya kurang sinyal.




1. Melalui Pengaturan Jaringan Di HP


Cara setting 4G Only Indosat


Di HP Android, terdapat beberapa pengaturan yang berhubungan dengan jaringan, termasuk WiFi dan seluler.

Nah, pada bagian data seluler, disana biasanya ada setting untuk mengatur sinyal supaya bisa menjadi 4G / LTE Only.

Untuk mengaturnya, silakan pergi ke Settings >> Jaringan seluler >> Kemudian silakan ubah jenis sinyal menjadi 4G atau LTE Only disana (Lihat contoh gambar diatas).

Cara ini bisa dibilang yang paling mudah, karena settingnya sendiri hampir bisa dilakukan di semua merk HP Android (Samsung, Xiaomi, ASUS, OPPO, Vivo dan lain-lain).

Tapi perlu diingat, untuk beberapa HP Android, kadang pengaturan 4G Only-nya menyatu dengan 3G, sehingga masih bisa berubah jadi 3G. Solusinya, pakai cara berikutnya.



2. Melalui Kode Dial Pad Android



Mengatur indosat ke LTE


Di HP Android, ada beragam kode rahasia untuk membuka setting-setting tertentu (Contohnya seperti kode reset HP Samsung).

Nah, untuk membuat Indosat Anda jadi selalu 4G, juga bisa menggunakan dial pad ini. Caranya seperti ini :

  • 1. Buka dial (Telepon) >> panggil *#*#3646633#*# atau *#*#4636#*#*

  • 2. Masuk ke Informasi perangkat >> Cek pada set preferred network type >> Kemudian silakan ganti setting sinyal jadi LTE Only disana.


Setelah settingnya diganti, tunggu beberapa saat sampai sinyal 4Gnya muncul. Jika sudah, Anda bisa langsung mengetesnya.


3. Mengatur Indosat Jadi 4G Memakai Aplikasi


Setting Indosat 4G Only Dengan Aplikasi


Cara mengubah Indosat menjadi tetap 4G, bisa juga menggunakan aplikasi.

Di Playstore sendiri ada beragam aplikasi untuk mengubah sinyal 3G jadi 4G, yang bisa Anda coba pakai. Contohnya yang biasa saya pakai adalah 4G Only Network.
   
Cara kerjanya adalah untuk membuka halaman setting jaringan seperti yang saya bahas sebelumnya, tanpa kode dial. Sehingga kita tidak perlu akses root.

Untuk caranya, cukup install dan buka Aplikasinya >> Klik Open Settings >> Kemudian silakan atur pada set preferred network type menjadi LTE Only.


Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Indosat


Perlu diingat, untuk melakukan tutorial diatas, pastikan terlebih dahulu kartu Indosat Anda sudah 4G. Terutama untuk Anda yang memakai kartu Indosat lama.

Cara mengaktifkannya, Anda bisa pergi ke gerai Indosat terdekat, untuk menggantinya ke kartu 4G baru tapi dengan nomor yang sama.

Tapi kalau Anda memakai Indosat yang baru diregistrasi belakangan ini, Anda tidak perlu khawatir, karena biasanya kartunya sudah 4G.



Penutup...



Demikian, sedikit informasi dari saya tentang tutorial bagaimana caranya membuat jaringan indosat agar menjadi 4G terus. 

Yang perlu Anda perhatikan, jika sinyal 4Gnya tidak keluar, itu berarti kualitas sinyal didaerah Anda masih belum mencukupi. Solusinya Anda harus menggantinya kembali ke 3G, atau mencoba untuk berpindah lokasi.

Dan perlu diingat juga, menggunakan pengaturan LTE Only akan membuat HP jadi tidak bisa menelepon maupun SMS (Kecuali HP Anda punya fitur VoLTE). Solusinya, saat ingin melakukan panggilan atau SMS, Anda harus mengubahnya ke 3G terlebih dahulu.

Jika ada pertanyaan seputar sinyal atau cara lain untuk mengubah Indosat jadi 4G, Anda bisa menanyakannya lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.


1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..