2 Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi (Semua Tipe) Dengan Mudah

Cara kalibrasi baterai Xiaomi - Di HP, kita bisa melihat status baterai melalui indikator pada menu bagian atas, dan ini hampir bisa ditemukan di semua HP Android.

Dan buat yang belum tahu, indikator baterai ini kadang bisa mengalami error juga lho. Salah satunya adalah presentase yang tidak akurat.

Untuk mengatasinya, kalibrasi baterai merupakan hal yang bisa Anda lakukan. Apalagi jika HP Anda mengalami beberapa error lain, yang penyebabnya ada kemungkinan berhubungan dengan baterai. Misalnya, dicas tidak mengisi sampai HP mati sendiri.

Kalibrasi baterai Xiaomi semua tipe


Hampir semua HP Android yang ada saat ini bisa kita kalibrasi baterainya sendiri.  Di internet juga sudah cukup banyak tutorial-tutorial yang tersedia.

Termasuk untuk Anda yang pengguna Xiaomi, ada 2 cara kalibrasi yang bisa Anda lakukan, yakni dengan cara manual dan menggunakan aplikasi.

Supaya cepat, langsung saja kita bahas caranya :

    Daftar Isi 
     
  1. Kalibrasi Dengan Aplikasi
  2. Kalibrasi Manual
  3. Fungsi Kalibrasi Baterai


1. Cara Kalibrasi Baterai HP Xiaomi Dengan Aplikasi



Aplikasi untuk kalibrasi


Cara pertama kita bahas dulu yang dengan aplikasi. Di playstore, ada beberapa aplikasi kalibrasi baterai yang bisa Anda pakai.

Aplikasi-aplikasi tersebut kebanyakan bisa dijalankan tanpa root. Saya sendiri sudah mencoba beberapa kali dan proses kalibrasinya selalu berhasil.

Caranya begini :


1. Pertama, silakan install terlebih dahulu aplikasi kalibrasinya. Disini saya pakai Battery Calibration Pro 2018 (Dari Playstore).


Battery Calibration Pro 2018 Playstore


2. Buka aplikasinya, kemudian beri izin yang dibutuhkan (Jika ada) :


Izin aplikasi


3. Selanjutnya, silakan cas HP Xiaomi Anda, sampai baterainya 100% :


Proses kalibrasi HP


4. Jika sudah 100%, klik calibrate untuk memulai proses kalibrasi (Chargernya jangan dicabut) :

Kalibrasi baterai lewat aplikasi


5. Terakhir, tunggu beberapa saat sampai sistem beradaptasi, lalu restart HP Xiaomi Anda.


Nah, Aplikasi-aplikasi kalibrasi baterai yang ada kebanyakan universal (Bisa untuk semua HP Android). Sehingga support juga untuk semua tipe HP Xiaomi.



2. Cara Kalibrasi Baterai Xiaomi Dengan Cara Manual (Tanpa Aplikasi)



kalibrasi baterai tanpa memakai aplikasi


Proses kalibrasi baterai, sebenarnya selain dengan aplikasi juga bisa dilakukan secara manual. Sebagai contoh seperti cara kalibrasi baterai laptop yang pernah saya bagikan sebelumnya.

Khusus HP Xiaomi, saya dapat tutorialnya dari forum Xiaomi. Disana ada beberapa tutorial kalibrasi manual yang bisa Anda coba.

Caranya seperti ini :


1. Pertama, silakan nyalakan HP Anda, kemudian lakukan pengecasan sampai 100%. Untuk mempercepat prosesnya, Anda bisa menyalakan mode airplane dan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background services.

2. Setelah baterai sudah penuh, matikan HP Xiaomi Anda.

3. Ketika HP Xiaomi dalam keadaan mati, lanjutkan pengecasan kembali sampai 100%.

4. Jika sudah, silakan nyalakan HPnya kembali. Disini Anda harus menghabiskan baterainya sampai 0% sehingga nanti HP otomatis mati sendiri. Caranya bisa dengan dipakai bermain game, memutar musik, memutar video dan lain-lain.

5. Setelah baterainya habis dan HP sudah dalam keadaan mati, silakan biarkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit.

6. Setelah lewat 15 menit, selanjutnya lakukan pengecasan kembali sampai 100%. Jika sudah, Anda bisa langsung menyalakan HP Xiaomi Anda dan memakainya.

7. Untuk hasil kalibrasi yang maksimal, Anda bisa mengulangi langkah-langkah diatas sampai 3 kali (Optional).


Dengan cara tersebut, nanti status baterai akan di-refresh sehingga presentase yang error akan menjadi kembali normal.

Cara tersebut juga bisa diterapkan di semua HP Xiaomi (Redmi 4, 4X, Redmi 5, 5A, Redmi Note 4, Note 5 dan lain-lain).


Fungsi Kalibrasi Baterai HP


Proses kalibrasi, fungsinya secara garis besar adalah untuk mencocokkan kembali status baterai yang sebelumnya error atau tidak sesuai. 

Jadi perlu dicatat, jika HP Anda mengalami error seperti dicas lama, HP mati sendiri dan sejenisnya namun setelah baterai dikalibrasi ternyata tidak berpengaruh, kemungkinan masalahnya ada pada baterainya atau ada pada komponen lain.

Karena pada dasarnya kalibrasi ini dilakukan melalui sistem (Perangkat lunak). Jadi kalau rusaknya ada pada komponen, maka kemungkinan tidak akan berpengaruh.


Penutup...


Demikian, sedikit informasi tentang cara untuk melakukan kalibrasi baterai HP pada HP Xiaomi. Tutorial ini saya tes langsung di HP Xiaomi Redmi 5A dengan sistem MIUI 9. 

Jika ada pertanyaan seputar kalibrasi baterai, Anda bisa menanyakannya melalui kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..