3 Cara Mengecek Kesehatan Harddisk (100% Akurat)

Harddisk merupakan salah satu komponen PC / Laptop yang masih banyak digunakan hingga kini. Apalagi belakangan kapasitas yang tersedia cukup besar, hingga puluhan TB.

Nah, jika Anda juga memakai harddisk sebagai penyimpanan di Komputer, Anda harus mengetahui bagaimana caranya untuk mengecek kesehatan harddisk.

Bukan tanpa alasan, karena jika harddisk akan rusak, data yang ada didalamnya bisa saja hilang tiba-tiba.

Dengan mengetahui kondisi harddisk yang sedang Anda pakai, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda akan lebih mudah melakukan backup data sewaktu-waktu.

Cara cek harddisk rusak atau tidak


Untuk cara melihatnya sendiri sebenarnya ada beberapa.

Dan untuk Anda yang sedang membutuhkannya juga, disini saya ingin membahas hal tersebut, yakni bagaimana caranya untuk melihat kesehatan harddisk yang dipakai.

Cara ini selalu saya pakai hampir setiap waktu, dan saya rekomendasikan juga untuk Anda yang sedang membeli harddisk bekas.

Berikut pembahasannya :


1. Menggunakan Harddisk Sentinel


Harddisk Sentinel


Harddisk sentinel, adalah software pengecek kesehatan harddisk yang sangat direkomendasikan para pengguna Komputer.

Lewat harddisk sentinel, kita bisa melakukan monitor kesehatan harddisk hingga mengatur setting yang berhubungan dengan drive (Partisi).

Karena didalamnya terdapat fitur pengecek status health, software ini biasanya jadi standar, ketika seseorang menjual harddisk.  


Cara pakainya :


Simpel saja. Pertama Anda hanya perlu menginstall harddisk sentinel di Laptop atau PC Anda, kemudian buka softwarenya.

Pilih disk yang ingin di cek, kemudian disana Anda bisa melihat kesehatan harddisk melalui status health seperti yang saya bilang tadi :

Status HDD




2. Melihat Kesehatan Harddisk Dengan HDTune


Aplikasi HDTune


Selain Harddisk Sentinel, software lain yang biasa saya pakai adalah HDTune.

Secara fungsi, HDTune sama seperti Harddisk Sentinel. Di software ini kita bisa mengecek kondisi Harddisk kita melalui fitur S.M.A.R.T.

Nah, selain itu di HDTune juga ada fitur untuk melakukan scanning bad sector. Kalau Anda belum tahu, bad sector adalah kerusakan pada harddisk yang membuat data didalamnya jadi tidak terbaca.


Cara pakainya :

Pertama silakan install terlebih dahulu HDTune. Softwarenya bisa didapat secara gratis melalui situs resminya.

Setelah itu buka aplikasinya, kemudian cek pada tab Health. Disana Anda bisa melihat status dari kesehatan harddisk Anda.

Status health HDTune


Kemudian lakukan juga scanning bad sector pada tab Error Scan. Jika Anda menemui bad sector (Meskipun cuma satu), segera lakukan backup data.

Cara melihat bad sector harddisk



3. Melalui Kondisi Harddisk


Jika sudah di cek menggunakan software dan hasilnya normal tidak ada masalah, selanjutnya Anda juga harus mengecek kondisi dari fisik harddisk.

Normalnya, saat harddisk sedang berjalan, normalnya hampir tidak ada bunyi terdengar (Di jarak penggunaan Laptop atau PC rata-rata).

Nah, jika saat harddisk berjalan dan terdengar bunyi "Ctek Ctek" atau suara bising, maka lebih baik segera lakukan backup data.

Sebenarnya kondisi harddisk yang sudah seperti itu jangka pendek mungkin tidak masalah. Namun dalam jangka waktu tertentu, biasanya akan terjadi bad sector hingga harddisk jadi tidak terbaca. 


Tips Menjaga Harddisk Supaya Awet


Kalau Anda sudah mengecek harddisk Anda dan ternyata normal, langkah selanjutnya tentu saja Anda harus menjaga harddisk tersebut agar awet.

Ada beragam cara yang bisa Anda pakai untuk membuat harddisk supaya awet. Biar singkat, berikut saya rangkum tipsnya :

  • Jika Anda memakai PC, perhatikan kondisi listrik rumah serta kualitas PSU Anda.
  • Jangan mematikan PC atau Laptop secara tiba-tiba ketika sedang dijalankan. Dalam jangka waktu panjang ini bisa merusak harddisk. 
  • Jika Anda pengguna harddisk eksternal, jangan sampai melepas kabel USB ketika sedang dalam proses transfer file. Ini bisa membuat harddisk jadi tidak terbaca.
  • Hindari harddisk dari guncangan atau benturan.
  • Lakukan Defrag harddisk secara berkala.
  • Sebisa mungkin jangan buat drive harddisk terpakai terlalu penuh. Untuk Drive C: bisa coba baca artikel berikut..


Penutup...


Mengecek harddisk normal atau tidak, kesimpulannya tidaklah sulit. Dengan 3 cara yang saya bahas diatas, saya harap Anda bisa memberi informasi yang Anda butuhkan.

Sebenarnya Anda juga bisa memakai software lain. Karena masih banyak cara yang bisa dilakukan tentunya.

Jika ada pertanyaan seputar harddisk, Anda bisa menanyakannya lewat kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..