3 Cara Mengecek Touchscreen HP Android Masih Normal Atau Tidak

Touchscreen, merupakan komponen penting dari HP Android. Karena rata-rata semua HP Android sekarang sudah mengusung layar ini.

Bicara soal touchscreen, jika HP Anda sedang mengalami error misalnya seperti layar tidak bisa disentuh sebagian atau layar HP bergerak sendiri, ada kemungkinan layar HP Anda mengalami kerusakan.

Untuk itulah Anda harus mengecek touchscreen HP Android Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apakah masih normal atau tidak.


Cek touchscreen HP Android


Untuk mengecek touchscreen HP, sejauh yang saya tahu ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Tapi, kalau saya sendiri ada 3 cara yang biasa saya pakai.

Nah, disini saya ingin membahas 3 cara tersebut, untuk Anda yang barangkali sedang membutuhkannya. Bukan hanya untuk mengecek layar error saja lho, pengecekan ini juga berguna jika Anda sedang ingin membeli HP bekas atau mau menjual HP.

Langsung saja, berikut caranya :

    Daftar Isi
  1. Cek Touchscreen Dengan Kode Rahasia
  2. Menggunakan Aplikasi
  3. Cek Memakai Aplikasi Menggambar

 

1. Cara Mengecek Touchscreen HP Android Dengan Kode Rahasia



Cek layar HP

Di HP Android, ada beberapa kode rahasia yang bisa dipakai. Contohnya seperti mengecek IMEI, melihat informasi tipe HP sampai mereset HP.

Nah, di HP Android juga ada satu kode yang berfungsi untuk mengecek fungsi HP, seperti mengecek getar, panggilan suara, headset, touchscreen dan lain-lain. Kode inilah yang akan kita pakai.

Saya sendiri paling sering memakai cara ini di HP saya. Caranya begini :


  • Buka HP Anda >> Buka Dial Pad >> kemudian tekan kode *#0*#* atau #*#0*#*#*

  • Jika sudah, akan muncul jendela Touchscreen Test. Silakan lakukan pengecekan touchscreen disana sampai selesai, untuk mengetahui layar masih normal atau tidak.



2. Cara Cek Touchscreen HP Dengan Aplikasi



Cek touchscreen HP


Untuk beberapa tipe HP, dua kode rahasia tadi mungkin tidak bekerja. Saya sendiri sudah mengeceknya di beberapa HP, dan memang ada yang work dan ada juga yang tidak. Karena itu, solusinya kita bisa memakai Aplikasi.

Di Playstore sendiri ada beberapa aplikasi pengecek touchscreen yang bisa Anda coba pakai. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan, karena pada dasarnya fungsinya kurang lebih sama.

Caranya seperti berikut :

  • Pertama, silakan install terlebih dahulu aplikasi pengecek touchscreen yang Anda suka.

  • Kemudian langsung saja cek touchscreennya di aplikasi tersebut. 


Cara pakainya kurang lebih sama seperti memakai kode rahasia. Anda tinggal menekan ke seluruh bagian layar.



3. Mengecek Touchscreen Dengan Aplikasi Gambar



Cara mengecek toushscreen Xiaomi


Banyak yang belum tahu, kalau sebenarnya aplikasi untuk menggambar (Di HP Android) juga bisa dipakai untuk mengecek touchscreen.

Alasannya, karena cara kerja dari aplikasi gambar ini mirip seperti saat kita ingin melakukan pengecekan touchscreen. Yakni kita biasanya kita menekan layar, kemudian mengusapnya untuk membuat gambar.

Jadi sama seperti sebelumnya, disini Anda tinggal mencari aplikasi menggambar yang Anda suka. Tapi sebisa mungkin cari yang punya fitur 'Full screen' agar seluruh bagian layar bisa disentuh dan dicek.


Perlu Dicatat


3 cara diatas hanya untuk melakukan pengecekan dalam software. Nah, selain dari software Anda juga harus mengecek dari hardware / langsung di layarnya. Misalnya barangkali ada garis di LCD atau mungkin ada retak.

Bukan tanpa alasan, karena walau kadang tidak berpengaruh, dalam jangka waktu tertentu ini bisa membuat layar mengalami error lain. Misalnya seperti layar jadi abu-abu, blank putih atau hitam (Blackscreen).

Catatan ini khusus untuk Anda yang ingin membeli HP bekas. Tapi untuk yang ingin jual HP, saya pikir Anda sudah tahu kondisi HP Anda sendiri.


Penutup...


Demikian sedikit informasi tentang cara cek touchscreen HP. Cara ini bisa dibilang universal, bisa dipakai untuk HP Samsung, Lenovo, Vivo, Sony, Advan, termasuk cara cek touchscreen ASUS dan cara cek touchscreen Xiaomi.

Pengecekan touchscreen ini sebenarnya hanyalah salah satu dari beberapa cara cek kerusakan HP Android. Karena itu, selain touchscreen lebih baik Anda cek juga komponen-komponen lainnya seperti baterai, kamera, suara dan lain-lain.

Jika ada pertanyaan seputar hal ini, silakan kirimkan melalui kotak komentar yang ada dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..