4 Cara Mengatasi Nox Black Screen (Layar Hitam) Saat Dipakai

Nox, merupakan salah satu emulator Android ringan yang sangat banyak dipakai oleh para pengguna PC dan Laptop. Apalagi jika sobat mau bermain game Android seperti Mobile Legends, AOV dan lain-lain.

Saya sendiri dulu cukup sering memakai Nox, untuk main game seven knights, dan bisa dibilang cukup lancar.

Nah, belakangan ini saya sempat mencoba menginstall Nox lagi untuk memakai WhatsApp di Windows. Awalnya sih lancar saja.. Tapi waktu selesai loading, Nox hanya menampilkan layar gelap atau biasa disebut Black screen..


Nox black screen


Setelah itu saya coba searching, dan di sebuah forum berbahasa inggris, saya menemukan kalau memang ada beberapa pengguna Nox yang mengalami hal ini.

Setelah cari-cari lagi, di situs resmi Nox sendiri ternyata juga ada beberapa penyebab dan cara mengatasi blackscreen ini. Sobat bisa coba baca di halaman ini (Halaman tersebut tertulis dalam bahasa inggris).

Nah, disini saya ingin coba juga untuk berbagi cara mengatasi Nox blackscreen, saat baru dibuka maupun saat mau main game, ditujukan khusus untuk sobat yang sedang mengalaminya.

Berikut caranya :


1. Pastikan Nox Sudah Ada Di Versi Terbaru


Update Nox


Dalam beberapa waktu tertentu, Nox selalu mengupdate versi aplikasi mereka. Tujuannya simpel, yakni untuk meningkatkan performa, dan memperbaiki bug atau kerusakan yang mungkin ada.

Opsi update ini cukup efektif. Misalnya, dulu ketika saya mengalami nox stuck loading di 98% / 99%. Hanya dengan update, stuck tersebut langsung hilang.

Dan kalau sobat mengalami blackscreen saat Nox baru dibuka, mungkin Nox yang dipakai versinya sudah lama. Jadi coba hapus kemudian install lagi yang versi terbaru.


2. Pastikan Driver VGA Sudah Diupdate


Driver AMD


Sama seperti sebelumnya, bedanya yang diupdate ini driver VGAnya.

Karena aplikasi Nox ini berhubungan dengan graphic, versi driver yang digunakan juga berpengaruh. Dan biasanya, semakin baru versi driver, semakin optimal juga Nox saat dipakai.

Nah, untuk masalah blackscreen, di link halaman Nox yang saya berikan sebelumnya, disana juga tertulis rekomendasi untuk mengupdate driver VGA.

Kalau belum tahu cara updatenya, simpel saja. Cukup kunjungi situs resmi VGA yang sobat pakai (Intel, AMD, NVIDIA) kemudian cari driver sesuai dengan VGA yang dipakai.


3. Coba Downgrade Versi Driver VGA


Update Driver


"Tadi disuruh update kok ini malah downgrade?"

Driver VGA versi terbaru, tidak selalu menaikkan performa. Karena kadang, ada beberapa masalah pada driver tersebut terutama yang berhubungan dengan bug.

Jika Nox sobat sebelumnya tidak ada masalah, kemudian mengalami blackscreen setelah driver diupdate, coba downgrade versi drivernya ke yang lebih lama.

Jika sudah, selanjutnya coba tes lagi.


4. Pastikan Setting Nox Sudah Optimal


Setting NOX Laptop


Untuk yang mengalami blackscreennya saat sedang ingin main game (Seperti LineAge, Seven Knights, Mobile Legends dan sejenisnya), sobat harus mengecek juga spek PC atau Laptop yang dipakai sudah sesuai.

Alasannya, setiap game yang dimainkan di emulator itu pasti punya spesifikasi tersendiri. Jadi tidak heran, kalau mungkin ada beberapa game yang hanya menampilkan layar gelap.

Adakah opsi lain?

Tentu ada, yakni dengan melakukan optimalisasi Nox agar lebih ringan. Caranya, bisa baca di cara setting Nox supaya ngegame jadi lebih lancar.


Bagaimana Kalau Masih Belum Bisa?


Kalau belum bisa, mungkin penyebab dari blackscreen Nox yang sobat alami berbeda dengan yang saya alami.

Karena selain 4 penyebab diatas, masih ada beberapa penyebab lain. Contohnya, seperti tipe VGA yang tidak support.

Untuk itu, coba tanyakan lebih detail dikolom komentar dibawah, blackscreennya seperti apa dan saat mau buka game apa. Barangkali nanti saya bisa bantu.


Penutup...


Demikian, sedikit informasi tentang cara mengatasi blackscreen di emulator Nox. Sebenarnya masalah ini nggak begitu sulit diperbaiki, asalkan 4 cara diatas sudah terpenuhi / sudah dicoba. Karena saya sendiri sekarang Noxnya sudah normal lagi.

Selain blackscreen, kalau ada pertanyaan lain sehubungan dengan Nox, sobat juga bisa menanyakannya melalui kolom komentar dibawah ini.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..