5 Cara Mengatasi Request Timed Out (RTO) Saat Ping

Sebelumnya, situs ini sempat membuat artikel sedikit penjelasan tentang apa itu ping dan fungsinya. Dan menurut saya ini cukup menarik untuk dibahas.

Setelah membuat artikel tersebut, ada satu pembahasan menarik lain yang tidak boleh dilewat, yakni masalah request timed out atau orang-orang biasa menyebutnya RTO.

Kenapa saya bilang menarik?

Karena masalah RTO ini untuk sebagian orang cukup bikin repot, terutama untuk yang sering memakai ping pada koneksi internetnya. Contohnya Gamers.


memperbaiki rto ping


Request timed out atau RTO, adalah sebuah kondisi dimana proses ping tidak berjalan normal, atau lebih tepatnya komputer tidak mendapat respon ping sama sekali.

Normalnya seperti ini :


Contoh ping


Nah, kalau terjadi RTO itu seperti ini :


Ping RTO


Penyebab RTO / Request Timed Out Pada Koneksi Internet


Sebenarnya ada banyak penyebab terjadinya RTO pada koneksi internet. Saya sendiri sudah pernah menemuinya beberapa.

Tapi Anda tidak perlu mengetahui semuanya, cukup yang paling sering muncul saja. Diantaranya :


  • Gangguan koneksi internet : Koneksi internet, akan sangat berpengaruh terhadap proses ping. Respon internet yang lambat akan membuat muncul pesan RTO. Apalagi jika server yang dituju letaknya jauh.


  • Internet tidak stabil : Internet tidak stabil  (Dengan ping yang naik turun), akan membuat proses ping menjadi RTO pada beberapa waktu tertentu. 


  • Alamat yang dituju tidak aktif : Untuk melakukan proses ping, kita harus menulis alamat yang dituju. Namun jika alamat tersebut tidak aktif, bisa jadi akan muncul pesan RTO. Ini kadang ditemui di website yang sedang sibuk.


  • Masalah pada hardware : Terakhir, masalah pada hardware juga cukup berpengaruh. Misalnya jika Anda memakai perangkat LAN (Pada kabel, router, switch dan lainnya).



Nah, kemudian bagaimana cara mengatasinya? Langsung saja kita bahas dibawah :


1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

cek speed internet


Ping yang tinggi, kebanyakan bisa ditemukan di koneksi internet yang lemot. 

Karena itulah koneksi internet yang dipakai, harus lancar dalam artian harus memiliki kecepatan yang cepat serta respon ping yang rendah.

Apalagi jika server yang ingin Anda hubungkan jauh letaknya. Jika internet tidak lancar, maka ping otomatis akan sering terjadi RTO.


2. Pastikan Ping Stabil


Ping Command Prompt Windows


Koneksi internet yang lancar, belum tentu pingnya stabil.

Walau terdengar sama, kecepatan internet yang cepat serta respon ping yang rendah juga kadang di waktu tertentu suka terjadi RTO (Saya lumayan sering mengalami ini).

Untuk itu, Anda harus mengecek terlebih dahulu respon ping Anda apakah stabil atau tidak. 


3. Pastikan Server / Web Yang Dituju Aktif


Situs yang di ping


Kesimpulan pada salah satu poin yang saya bilang sebelumnya, website (atau server) yang dituju saat ping harus dalam keadaan aktif untuk merespon proses ping yang kita lakukan.

Nah, untuk mengeceknya sebenarnya ada beberapa cara. Paling mudah, kita bisa mencoba melakukan ping ke alamat lain supaya bisa mengetes lebih lanjut.

Ini juga berlaku jika Anda membuka game online. Kalau server gangguan, maka internet juga akan sulit terhubung (Dan jadi disconnect).


4. Pastikan Konfigurasi Internet Sudah Benar


Setting jaringan


Konfigurasi internet yang salah, akan membuat koneksi jadi gangguan, yang menyebabkan proses ping sering terjadi RTO.

Karena itu, pastikan konfigurasi jaringan internet yang Anda pakai sudah benar. Entah itu setting router / WIFI sampai jaringan seluler.

Dan setelah disetting, pastikan juga akses internet yang dipakai sudah lancar, seperti yang telah saya bahas pada nomor 1 diatas.


5. Periksa Perangkat Internet Anda


setting modem router


Terakhir, kalau masih belum bisa coba periksa perangkat internet yang Anda pakai.

Walau tidak begitu sering, perangkat internet yang mengalami kerusakan juga bisa membuat koneksi mengalami gangguan. Efeknya, internet yang kita pakai kadang mengalami RTO bahkan disconnect sendiri.

Cara termudah untuk mengeceknya, Anda bisa mencoba mengganti perangkat internetnya (Modem / Router) dengan yang lain sementara.


Penutup...


Demikian, sedikit informasi dari saya tentang bagaimana cara mengatasi request timed out atau RTO pada ping yang saya tujukan khusus untuk umum.

Pastinya masih ada beberapa cara lain, yang secara teknis bisa digunakan. Namun secara garis besar, saya pikir 5 cara diatas sudah cukup.

Anda bisa menanyakan hal lain perihal ping RTO ini pada kolom komentar dibawah. Barangkali saya bisa bantu.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..