Pesan Reboot And Select Proper Boot Device? Ini Cara Perbaikinya

Pasti Anda tahu kan, apa saja proses yang berjalan ketika Komputer atau Laptop dinyalakan?

Yup, ini dinamakan Booting. Prosesnya secara garis besar, pertama Komputer / Laptop dinyalakan >> Muncul layar BIOS >> Boot Screen >> Startup >> Baru masuk Windows.

Nah, tapi perlu diketahui, proses boot ini tidak selalu berjalan lancar.

Kadang ada masalah atau error tertentu, misalnya berhenti di salah satu proses atau muncul pesan tertentu.

Salah satunya Reboot And Select Proper Boot Device

Memperbaiki reboot proper boot device


Pesan error reboot and select proper boot device biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Namun, sebagian besar penyebabnya kebanyakan berhubungan dengan storage (SSD / Harddisk).

Contohnya, seperti setting priority di BIOS hingga masalah Harddisk tidak terbaca.

Sekilas, masalah ini mirip dengan pesan error no bootable device found. Dan jika Anda sedang mengalaminya, Anda tidak perlu pusing..

Disini saya ingin membahas sedikit tips dan cara mengatasi error reboot and select proper boot device di Laptop / PC Anda berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Karena jujur, saya sudah puluhan (atau mungkin ratusan) kali menemui masalah ini.



1. Periksa Boot Priority di BIOS Anda


Contoh Setting boot priority


Boot priority, adalah salah satu setting pada BIOS yang memungkinkan kita untuk mengatur setting dari penyimpanan sistem. Intinya sih kurang lebih untuk mengubah penyimpanan mana yang ingin di boot duluan.

Nah, Boot Priority ini sangat wajib diperhatikan, jika Anda sedang mengalami error pesan Reboot and select proper boot device.

Karena jika settingnya salah, otomatis sistem akan mengalami gagal boot, dan Komputer tidak bisa membaca sistem, sehingga munculah "Select proper boot device" (Pilih perangkat boot yang tepat).


Cara mengaturnya :

Pertama, nyalakan / restart Komputer atau Laptop Anda terlebih dahulu. Setelah itu masuk ke BIOS dengan menekan tombol F1 / F12 / Del / Esc dan lain-lain (Beda-beda tergantung merk hardware).

Setelah itu cari pengaturan Boot Priority (Atau yang memiliki nama dekat dengannya)..


boot priority BIOS

Kemudian silakan atur posisi storage (Harddisk / SSD) yang didalamnya terinstall sistem ke posisi pertama / paling atas. Seperti ini :

Setting BIOS boot priority


Setelah itu coba restart. Jika storage Anda masih normal dan tidak error, dijamin Komputer / Laptop bisa booting dengan normal.


2. Clear Baterai CMOS Laptop / PC Anda


CMOS Motherboard


Baterai CMOS, adalah komponen motherboard yang berfungsi untuk menjalankan fungsi waktu (Jam) serta menyimpan setting pada BIOS.

Nah, jika Anda sedang mengalami error pesan "Reboot and select proper boot device", Anda bisa mencoba melakukan yang namanya Clear CMOS (mereset baterai CMOS).

Metode ini ditujukan untuk mereset setting pada BIOS, supaya kembali lagi ke sedia kala. Nah, biasanya setelah direset, masalah 'reboot boot device' tadi akan hilang.



3. Nonaktifkan Setting Legacy Boot


Pengaturan boot legacy


Pada Laptop atau Komputer yang BIOSnya berjenis UEFI, disana ada yang namanya pengaturan Legacy Boot, yang kadang bisa memunculkan pesan "Reboot and select proper boot device".

Untuk mengatasinya, simpel saja. Anda tinggal menonaktifkan setting tersebut kemudian tes kembali bootingnya.

Caranya, silakan masuk BIOS terlebih dahulu >> Cari opsi Legacy Support >> Kemudian silakan nonaktifkan Legacy Boot.


4.  Memakai Diskpart


Memakai diskpart


Selain 3 cara sebelumnya, ada lagi metode yang banyak direkomendasikan situs teknologi luar negeri terkenal. Namanya Diskpart.

Sebenarnya Dispart ini hanyalah bagian dari proses saja. Tujuan memakai Diskpart disini adalah unutk mengembalikan partisi sistem yang nonaktif menjadi aktif kembali.

Pertama, Anda harus masuk terlebih dahulu ke recovery Windows (Lewat media instalasi) > Kemudian buka Command Prompt. Setelah itu ketikkan perintah berikut :


  • 1. diskpart > tekan enter
  • 2. select disk 0 > tekan enter 
  • 3. list partition >  tekan enter 
  • 4. select partition 1 > tekan enter 
  • 5. active > tekan enter


Cara ini bisa diterapkan di semua versi Windows, mulai dari Windows 7, Windows 8 sampai Windows 10.


5. Cek Harddisk Anda



Cek Sistem


Kalau belum bisa, Anda harus memperhatikan apakah ada kerusakan atau tidak pada penyimpanan di Komputer Anda (Asumsi disini Harddisk).

Jika harddisk yang terpasang mengalami kerusakan (Misalnya bad sector), otomatis sistem tersebut jadi tidak bisa terbaca. Dan karena inilah muncul pesan "Reboot and select proper boot device".

Anda bisa mengecek harddisk Anda dengan cara melepasnya terlebih dahulu, kemudian pasang di Komputer lain.

Untuk referensi, Anda juga bisa membaca cara monitor kesehatan harddisk..


Penutup...


Error pesan reboot select proper boot device adalah salah satu pesan error yang paling banyak ditemui saat PC atau Laptop sedang booting.  Saya pribadi sering sekali menemui masalah ini, terutama jika PC yang saya pakai mati tiba-tiba.

Nah, memakai cara diatas, saya harap bisa membantu Anda mengatasi masalah ini. Karena saya sendiri jujur, selalu berhasil mengatasinya.

Ada yang ingin ditanyakan? Silakan kirim lewat kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat.

1. Ada yang ingin ditanyakan? Silakan tinggalkan di kotak komentar disini ^^

2. Ingat,KOMENTAR SPAM tidak akan diterbitkan

3. Terkadang ada komentar yang tidak sengaja masuk ke kotak spam.. Tapi seluruh komentar pasti saya baca..